Di Saat Pandemi Covid – 19 ” FP3K audensi Ke Kantor KOSWARI Karo” 

KARO  – Forum Peduli Pemuda Pendidikan Karo audensi ke Kantor KOSWARI ( Korps Senior Wartawan Republik Indonesia) Kabupaten Karo di Jln Desa Singa Ruko Ocha GM Kabanjahe Kabupaten Karo Pada Jumat, ( 07/08 ) pukul 13.00 WIB.

Adapun hal yang di sampaikan yakni mohon bantuan dan dukungan baik materi maupun moral untuk pembangunan Sapo Literasi dengan kondisi pembangunan sekitar 60 persen dari luas bangunan 7 x 15 Meter persegi yang sedang terus berproses pembangunan terletak di depan stadion Lapangan Bola Samura yang berada di Desa Samura Kec Kabanjahe serta diskusi tentang perkembangan pendidikan di Karo.

Ketua FP3K Atmaja Sembiring Meliala S.Pd yang di dampingi Ketua Panitia Pembangunan Mora Munthe S.Pd, Dandi Sembiring selaku Humas mengatakan tujuan dari di bangunnya sapo Literasi ini untuk meningkatkan semangat baca sebagai salah satu pondasi untuk membantu perkembangan pendidikan di Karo. Kita berharap dengan membudayakan membaca dan menulis lebih kreatif mampu menyebarkan nilai positif ke seluruh pecinta buku di Kabupaten ini ujarnya.

Lanjutnya, di susunan pengurus dan kepanitiaan kita juga banyak yang berprofesi sebagai tenaga pengajar dan mahasiswa di Tanah Karo ini. Dengan bergabungnya mereka semua kita yakin bisa mampu menjadi tim yang kuat. Dan saat ini situasi bangunan sudah 60 persen lebih. Selama ini kami mengumpulkan dana bersama teman teman dengan menjual baju Kaos yang bertuliskan, “Ayo Membaca, membaca Keren, Sapo Literasi”. Bahan bangunan yang terbuat dari bahan tradisional dan Dekorasi ornamen Karo. Namun di sini kami sebenarnya masih ada kendala dalam hal listrik karena tidak ada tiang dan Meteran. Dalam hal materil bangunan yang hampir selesaipun kami butuhkan batu bata dan semen kata Atmaja saat memaparkan singkat tujuan di dirikannya sapo Literasi.

Sambungnya, di sini harapan kami KOSWARI kiranya juga siap bekerjasama seterusnya dalam memajukan sapo literasi FP3K ini untuk lebih baik lagi. Mungkin yang kami harapkan nanti KOSWARI bisa membuat seminar literasi Jurnalistik dan seminar literasi baca di sapo Literasi kita harapnya.

Ketua KOSWARI Kab Karo Gembira Ginting yang juga Ketua DPD IPK ( Ikatan Pemuda Karya) Kab Karo mengatakan Koswari dan DPD IPK siap mendukung kemajuan Pendidikan di Tanah Karo ini, maka untuk Tiang lampu tadi nanti DPD IPK yang siapkan, untuk Meteran lampu itu Koswari yang sumbangkan kata Gembira Ginting. Di kesempatan tersebut Gembira Ginting langsung memanggil petugas PLN dan memberikan persyaratan untuk pengurusan pengadaan listrik ke sapo Literasi. Itu kalau untuk listrik sudah siap kata Gembira kepada pengurus FP3K.

Gembira Ginting di dampingi Sekretaris Koswari dan Direktur LBH DPD IPK Jesaya Ginting SH menambahkan, harapan kami agar apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan berguna bagi pendidikan di Tanah Karo melalui semangat dan kerja keras FP3K dan semua para guru dan mahasiswa yang ada di terlibat didalamnya. Dan satu hal yang paling penting saya sampaikan diantara para pengurus FP3K haruslah kompak karena kalau kalian tidak kompak bagaimana rencana ini semua bisa berjalan kata Gembira.

Sekretaris Koswari Pelita Monald Ginting SPd menambahkan, terkait program Koswari dalam pemngumpulan buku bacaan yang sudah jauh jauh hari di lakukan namun terkendala karena COVID 19, tapi karena FP3K sudah memulai maka dengan mengikuti protokol pemerintah tentang C-19 maka pengumpulan buku bekas akan kita lanjutkan dan di serahkan ke Sapo Literasi FP3K. Tadi rekan kita dari ALB ( Animal Lovers Berastagi ) sudah serahkan buku bacaan sebanyak 3 Kardus dan buku tersebut di kesempatan ini kita langsung serahkan ke pengurus FP3K di kantor ini. Dan untuk pelatihan literasi Jurnalistik yang di sampaikan tadi sesuai arahan ketua Koswari kami siap untuk mengadakan pelatihan Jurnalistik di Sapo Literasi bila nanti bangunan sudah selesai silahkan undang saja kami. Karena salah satu  penasehat Koswari juga mantan kepala Dinas Pendidikan yang terakhir menjabat sebagai mantan kepada Dinas Perpustakaan dan kerasipan Kab karo yang mungkin pengalaman dan ilmunya sangat berguna nantinya buat kita dalam memajukan pendidikan di Kabupaten ini. Selain itu masih banyak penasehat dan pengurus lainnya yang saya rasa nanti cukup layak menyampaikan materi literasi jurnalistik baik di bidang media online, cetak maupun TV ujar Monald.

Ervina Br Bangun salah satu pengurus ALB saat menyerahkan buku kepada Ketua Koswari berharap buku yang di kimpulkan dari teman temannya kurang lebih dari sebulan lamanya, semoga bermanfaat dan di baca katanya.

Di Kesempatan tersebut kebetulan hadir Ketua PUK ( Pimpinan Unit Kerja)  F SPTI ( K SPSI Kec.Kabanjahe Abel Ginting Munthe menyumbangkan 20 sak semen untuk pembangunan Sapo Literasi.

Abel Ginting Munthe mengatakan, untuk mendukung pendidikan saya sumbangkan 20 sak semen. Karena di Desa Singa yang kebetulan saya juga Kepala Desa disana, kita juga sudah mendirikan perpustakaan Desa. Nanti kalau ada waktu FP3K silahkan berkunjung ke sana untuk berbagi pengalaman bersama warga Singa tentang Literasi ujarnya.

Di akhir pertemuan Mora munthe S.Pd selaku ketua panitia pembangunan sapo literasi FP3K mengucapkan terimakasih banyak kepada Koswari Kab karo, DPD IPK Karo, ketua PUK F SPTI Kec Kabanjahe dan ALB, atas semua bantuan materil yang diberikan dalam perjumpaan ini, terima kasih juga atas sambutan hangat kepada kami dalam hal diskusi pendidikan kata Mora.

Usai acara diskusi dan pengajuan proposal pembangunan sapo Literasi, Dandi Sembiring selaku Humas FP3K serahkan 4 kaos “Ayo Membaca” kepada Ketua Koswari Gembira Ginting.

Turut hadir, Pengurus Koswari Karo, Rianto Ginting Amd, Surya Rambe, Monang Pulungan, Pengurus DPD IPK Robby Ginting Munthe,  Fredy Ginting, Advokat LBH DPD IPK Irwan F Tarigan SH, pengurus ALB Alnika br Ginting dan jajaran pengurus FP3K.

( SURBAKTI )

Ar Media Kreatif - Jasa pembuatan website Portal Berita, Toko Online, Perusahaan, Bisnis, Landing Page, DLL. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami WhatsApp

Rekomendasi