Gunung Sinabung Erupsi Dengan Ketinggian 2 Kilometer , Abu Vulkanik Kearah Timur

KARO  – Setelah beberapa tahun tertidur lelap, kali ini gunung sinabung menunjukkan keperkasaannya lagi yang ditandai dengan dentuman dan muntahan debu vulkanik yang condong bergerak ke arah timur. Pada hari sabtu (08/08/2020) pukul 01:58 WIB

Menurut keterangan rilis KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, pihaknya menerangkan
Telah terjadi erupsi gunung sinabung dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 jam  44 detik.

Saat ini Gunung Sinabung masih berada pada Status Level III (Siaga). Untuk itu kepada masyarakat yang bermukim di sekitar lereng sinabung diharapkan untuk tetap waspada dengan merekomendasikan ;

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Saat ini disetiap pintu akses masuk menuju daerah-daerah lingkar sinabung diawasi ketat tim satgas tanggap bencana yang diketuai oleh Dandim 0205/TK beserta personil TNI AD dan relawan dari BPBD Kab.Karo.

( SURBAKTI )

Ar Media Kreatif - Jasa pembuatan website Portal Berita, Toko Online, Perusahaan, Bisnis, Landing Page, DLL. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami WhatsApp

Rekomendasi