Kepala Dusun Diberhentikan, RT dan RW Mengundurkan Diri , Kepala Desa Angkat Bicara!

RUJUKANNEWS.com, GOWA – Sebelumnya telah diberitakan terkait dua kepala dusun yang diberhentikan oleh kepala desa Kanreapia, hal tersebut berdampak ketua RT dan RW memutuskan untuk mundur dari jabatannya, Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Ahad (08/12/2019)

Kepala dusun yang diberhentikan dari jabatannya itu Usman Solle kepala dusun Silanggaya dan Sirajuddin suro kepala dusun Hala Halayya.

Menanggapi hal tersebut kepala desa Kanreapia H. Rusli Angkat Biacara, ia mengatakan bahwa hal tersebut telah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Terkait hal pemberhentian dua kadus, yakin saja pak saya tidak akan lari dari prosedur yang berlaku, ini sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) No  67 Tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa,” Jelasnya, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (07/12/2019)

ia juga mengatakan ” Selain itu, juga ada fakta integritas yang ditanda tangani oleh kepala dusun, didalamnya ada 7 poin. Kemudian poin yang dilanggar, yakni, poin 1,3 dan 6, ditambah lagi dengan Peraturan Bupati (Perbup), kemudian latar pendidikannya minimal SMA. Karena itu, sebenarnya bukan kami yang memberhentikan akan tetapi aturan”.

Diketahui fakta integritas yang dimaksud dilanggar ialah Poin 1,3 dan 6 tersebut masing-masing berbunyi.
(Poin pertama tingkat kehadiran di jam kerja, mulai pukul 7.30  – 16.00 Wita).
(Poin ketiga, Permohohonan ijin, surat permohonan ijin diajukan secara tertulis kemudian persetujuannya di tanda tangani oleh kepala desa).
(Poin keenam Loyalitas kepada undang-undang maupun kepada pimpinan).

Lebih lanjut ia katakan ”Kita sudah sesuai dengan fakta integritas yang telah ditanda tangani masing-masing kadus. Teguran-teguran sudah kita lakukan, teguran pertama, dan teguran kedua, nah teguran ketiga sudah otomatis di berhentikan,”.Tutupnya

Meski demikian, penerbitan surat pemberhentian dua Kadus, oleh Kades Kanrepia, cukup berdampak, sejumlah ketua RT dan RW mengembalikan stempel hingga menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua RT dan RW.

Penulis : Anton
Editor : Syadir Ali
Ar Media Kreatif - Jasa pembuatan website Portal Berita, Toko Online, Perusahaan, Bisnis, Landing Page, DLL. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami WhatsApp

Rekomendasi