Prajurit Kodim 0205/TK  Lakukan Budidaya Bunga Tegwa

KARO – Berbagai upaya telah dilakukan Kodim 0205/TK  dalam pemanfaatan “Lahan Tidur”, termasuk di sekitar rumah dinas prajurit. Mulai dari penanaman Cabai, Tomat, Wartel dan berbagai bunga hiasan , juga tanaman lain yang bersifat menghasilkan dan dapat dinikmati langsung oleh prajurit dan keluarganya. Salah satunya termasuk budidaya “Bunga ” yang dilakukan oleh Serka M Nazir bersama istrinya , Kamis 09/04/2020.

Pagi itu seperti hari-hari biasanya, sebelum berdinas Serka M Nazir selalu menyempatkan diri untuk memanjakan tanaman bunga – bunga  yang dibudidayakannya.

Setiap pagi dia selalu menyirami dan membersihkan daun-daun yang mengering. Hal ini ia lakukan sebagai salah satu perawatan tanaman miliknya. Serka M Nazir sudah hampir 5 tahun membudidayakan tanaman bunga dan sekarang bunga-bunga itu sudah terlihat mekar sangat indah.

Ketika di konfirmasi wartawan Serka M Nazir bersama istrinya di saat panen bunga miliknya mengatakan , kondisi pasaran bunga pada saat ini sangat murah bang , pada hal tahun yang lewat , harga satu ikatnya saja bisa mencapai Rp 25000  , tapi dengan kondisi sekarang ini harganya cuma Rp 5000 .

Tapi walaupun begitu, mau tidak mau , harus kita jual juga . Karena kalau kita biarkan mengiring begitu saja di kebun . Kita nanti tidak bisa lagi menanam nya kembali . Karena tunasnya bunga ini kan tumbuh selalu . Yah mudah mudahan nanti panen berikutnya kena hargalah bang ” Ucap Istri M Nazir .

Di tempat yang sama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal  menyampaikan sangat mengapresiasi para prajuritnya yang kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan lahan tidur di sekitar rumah mereka. Bahkan beberapa waktu yang lalu pernah juga disosialisasikan penanaman tomat , Wartel dan Straberri yang kaya akan sumber gizi.

“Hal itu merupakan salah satu upaya satuan, selain untuk memaksimalkan penggunaan lahan tidur namun juga pemenuhan gizi dan ekonomi  yang cukup bagi para prajurit dan keluarganya”, tegas Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal menambahkan ” Membantu meningkatkan perekonomian keluarga, Pembina Persit KCK melalui Ketua Persit KCK Cabang XLI Dim 0205 Ny. Vivi Taufik Rizal mengajak kepada seluruh anggota Persitnya, menghimbau dengan merebaknya wabah Virus Covid-19 akhir” ini yg telah berkembang diseluruh wilayah khusunya di kab Karo yg berdampak kepada kebutuhan perekonomian keluarga, maka Persit Dim 0205 berupaya & berharap selain memenuhi kebutuhan pokoknya melakukan kegiatan wirausaha dengan cara memanfaatkan lahan tidur yg tersedia disekitar lingkungan perumahan asrama Makodim 0205/TK.

Adapun salah satu upaya kegiatan yg dilakukan dgn cara bercocok tanam beberapa jenis bunga hias seperti Tekwa, salju, tonggal, piko, bunga bata serta kegiatan ketahan pangan dgn menanami sayur mayur seperti wartel, kol, sawi, kentang, cabai dll baik yg dijual di pasar sayur maupun pasar bunga tradisional di daerah Berastagi-Kabanjahe, hal tsb sangat membantu dlm meningkatkan penghasilan dlm perekonomian keluarga.

Dijelaskan oleh Ny Hermin isteri dari Peltu Panika Tarigan & Ny Susanti isteri dari Srk M. Nasir anggota Ba Kodim 0205/TK, benar bahwa wirausaha yg digelutinya selama ini sangat bermanfaat membantu dalam meningkatkan ekonomi keluarga mereka, dgn pendapatan gaji yg cukup, dapat menyisihkan hasil penjualan sayur & bunga hias untk membantu kebutuhan ekonomi serta biaya sekolah sampai dgn biaya kuliah anak.

Disampaikan ucapan banyak terima kasih kpd bpk Dandim 0205/TK Letkol INF Taufik Rizal SE selaku Pembina Persit KCK yg telah memberikan kesempatan untk mengelola & memanfaatkan lahan tidur yg tidak digunakan sesuai fungsi menjadi lahan produktif & sangat bermanfaat.

( SURBAKTI )

Ar Media Kreatif - Jasa pembuatan website Portal Berita, Toko Online, Perusahaan, Bisnis, Landing Page, DLL. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami WhatsApp

Rekomendasi