Cara Membedakan Sakit Maag dengan Sakit Batu Empedu

RUJUKAN NEWS. COM – Gejala penyakit batu empedu mirip sekali dengan sakit maag, yaitu nyeri di sekitar lambung, hal ini disebabkan oleh letak lambung dan kantong empedu berdekatan, yakni di ulu hati.

Jika salah satu organ ini mengalami peradangan, rasanya hampir sama. Karena itu, tak sedikit penderita yang merasa sakit maag dan kerap bolak-balik ke dokter lalu diberi obat maag, tapi tak kunjung membaik.

Bagaimana membedakan keluhan batu empedu dengan maag? Untuk membedakan dengan maag, kita perlu memerhatikan frekuensi nyeri dan juga penjalaran. Frekuensi: Sakit maag: frekuensi sakit biasanya pelan-pelan hingga akhirnya begitu hebat.

Batu empedu: sakitnya tiba-tiba timbul dengan sangat dan kemudian bisa hilang begitu saja. Penjalaran: Sakit Maag: nyerinya terasa lebih sedikit ke atas ulu hati dan ke kiri. Batu Empedu: peradangan pada kantong dan saluran menimbulkan nyeri di bawah tulang iga, sedikit ke kanan dan berpotensi menjalar hingga ke pinggang bagian kanan dan bahu kanan. Rasa sakit biasanya juga terjadi dalam 2 hingga 4 jam setelah menyantap makanan yang berlemak.

Timbulnya tiba-tiba sering kali antara jam 9 malam hingga 6 pagi,” jelasnya. Untuk memastikan nyeri tersebut disebabkan oleh sakit maag ataupun peradangan batu empedu dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG. Bisa juga dilakukan foto sinar X dan pemeriksaan darah di laboratorium. Bila nyeri tersebut disebabkan oleh sakit maag, maka cara mengobati sakit maag, baik yang sudah akut maupun kronis, secara alami dapat dilihat di

#cara penyembuhan #penyakit #kesehatan

Sumber : www.video.com

Loading...