Menu
one reference a million information

Ini Jenis Ikan Cupang Paling Diburu Masyarakat

  • Bagikan

kedebola – Ikan Cupang merupakan ikan hias yang saat ini tengah naik daun di Indonesia. Kehadirannya meningkat sejak awal-awal adanya pandemi Covid-19 berlangsung. Ikan ini banyak jenisnya dan corak warna yang cantik. Namun dari kebanyakan jenis tersebut, mana saja yang saat ini paling diburu masyarakat?

Sebagaimana dikutip dari Kompas, penggemar dan penjual ikan cupang, Shifa Maharani Aya memberikan jawabannya beberapa waktu lalu.

“Ikan-ikan cupang yang lagi sering diburu orang itu jenis-jenis multicolor, kenapa? Karena itu adalah daya tarik utama bagi orang-orang,” buka Aya. Aya menuturkan kalau pada prinsipnya ada 2 faktor yang mampu memikat seseorang terhadap ikan cupang, yakni warna dan ekornya. Oleh sebab itu, ikan cupang multicolor dianggap begitu cantik saat ini karena tubuh dari ikan tersebut memiliki warna yang banyak..

baca juga yuk -> Pilihan Makanan Untuk Ikan Cupang Agar Sehat Dan Menarik

Pemilik akun Instagram @ayashf_ tersebut mengungkapkan bahwa ikan cupang yang paling banyak diburu pembeli di Indonesia adalah jenis halfmoon dari dalam dan luar negeri. “Yang paling banyak dicari itu jenisnya halfmoon. Halfmoon multicolor itu mau dia yang lokal atau ori Thailand itu lebih banyak digemari sama orang-orang,” terang Aya. Meski begitu, ikan halfmoon ori Thailand dikatakan Aya lebih mahal dibandingkan halfmoon lokal, sehingga harga bisa memengaruhi keinginan seseorang untuk menentukan pilihan kedua ikan tersebut. Aya menyampaikan kalau ikan cupang halfmoon ori Thailand lebih mahal yang mana harga awalnya bisa mencapai Rp 500.000 lebih.

Baca Juga Yuk -> Netizen Geger, Ikan Cupang Jadi Peyek

Selain ikan cupang halfmoon, Aya mengungkapkan bahwa ada jenis ikan cupang lainnya yang saat ini tak kalah ramai diburu, yakni veiltail.

“Selain halfmoon itu veiltail, 2 jenis itu lagi in banget. Udah 2 bulan ini (penjualan) mereka naik terus, harganya mengusai pasar. Karena kalo ikan cupang plakat itu (harganya) lagi turun-turunnya banget,” jelas Aya. “Makanya sekarang para seller (penjual) yang punya ikan cupang plakat pada bisa dibilang rugi bandar karena pasarnya sendiri lagi banyak ke halfmoon dan veiltail,” tutup Aya.

sumber : kompas

  • Bagikan