TIPS MENGATUR GAJI UNTUK KEBUTUHAN BULANAN

GAJI…. Siapa sih yang ga berbinar matanya kalau dengar kata manis itu. Baik kamu yang jomblo atau kamu yang sudah emak emak… pastii suka kalau dengar kata manis itu, bahkan suka dinantikan juga yah

Gaji adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan, tapi bukan berarti tidak butuh perhatian extra

Mengatur segala kebutuhan dan membuat pembukuan bulanan juga sebaiknya kamu lakukan, demi membuat gaji cukup untuk menutup segala kebutuhan setiap bulan nya.

Belum lagi tagihan atau cicilan, biaya pendidikan dan lain lain nya.. bahkan menabung harus dilakukan setiap bulan dalam kondisi apapun, untuk membuat titik keseimbangan keuanganmu.

Jika kamu masih belum menguasai bagaimana mengatur keuangan, bisa saja hal ini akan berdampak pada kekacauan yang membuat pusing kepala..

Berikut adalah tips hemat untuk mengatur gaji bulanan supaya kebutuhan mu terpenuhi semuanya 🙂

Dikutip dari ilmu keuangan, beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mengatur keuangan adalah :

  1. Buat kebutuhan Prioritas. Yang pertama kali ketika kamu menerima gaji adalah, bagi uang menjadi dua prioritas. Dimana pembagian yang pertama adalah minimal 10% dari gaji untuk kamu sisihkan dulu di tabungan, Kemudian sebagian nya lagi 90% bagian adalah untuk kebutuhan. Pos bagian kebutuhan, kamu bagi lagi mulai dari berbagi dengan orangtua atau keluarga, dan juga untuk biaya kebutuhan hidup dalam sebulan. Jika kamu sudah memiliki pasangan hidup, diskusikanlah dengan pasangan untuk saling bekerja sama mengatur keuangan seperti ini. Pastikan bahwa gaji dapat diolah dengan maksimal, sehingga kehidupan finansialmu aman. Penyisihan 10% di awal untuk tabungan sebelum uang dibelanjakan, adalah prinsip keuangan orang kaya yang bijak. Karena jika kamu punya kebutuhan hidup dan hutang cicilan, meskipun masih berjalan… maka kamu masih bisa up dengan upaya menyisihkan tabungan yang konsisten walaupun tidak banyak. Tapi harus SADIS.. SAbar dan DISiplin. Semakin lama kamu sabar dan disiplin dalam menabung, maka akan semakin banyak pos tabunganmu yang bisa digunakan untuk bisnis yang menghasilkan income di luar gaji kamu, sehingga kehidupan financialmu akan membaik pelan dan pasti.
  2. Siapkan List Belanjaan. Biaya belanja tentu saja adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari, maka gunakan cara bijak untuk berbelanja yakni siapkanlah list atau daftar belanja sesuai kebutuhan yang diperlukan dalam satu bulan ke depan. Mulai dari perlengkapan kamar mandi, dapur, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan pribadi, dll. Pastikan kamu membuat daftar belanjaan rapi dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan supaya efektif dan efisien.
  3. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan, mana keinginan agar nantinya tidak konsumtif dan tekor yang membuat kacau keuangan. Jangan menganggap hal ini remeh, karena begitu banyaknya masalah keungan orang adalah lebih banyak masalah karena orang membesarkan gengsi yang belum tentu sesuai kebutuhan. Bahkan mereka bisa sampai hutang berlebihan hanya demi untuk gengsi. Alih alih mau gengsi bergaya, ujung ujungnya malah pusing sendiri karena dikejar hutang, dan bisa saja merusak pertemanan.

Jadi ladies… Kalau pengen hidupmu tenang damai dan nyaman tanpa pusing masalah keuangan, kamu bisa ikuti tips diatas yah 🙂

~ WINA ~



Loading...