https://www.rujukannews.com/

Tips Atasi Rasa Malas Yang Berlebihan

  • Bagikan
tips atasi rasa malas

Malas memang menjadi sifat bawaan dari manusia, tapi rasa malas yang berlebihan justru tidak baik, karena bisa menghambat semau goals yang ingin kita raih.

Mungkin dalam sehari ada rasa malas untuk belajar, itu wajar, tapi kalau sudah hampir tiap hari malas untuk belajar, justru itu sangat berbahaya.

Nah lantas, bagaimana cara untuk mengatasi rasa malas tersebut?

Tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malas dalam diri kita, tergantung juga situasi yang sedang dihadapi.

Tips Atasi Rasa Malas Yang Berlebihan

Pertama, kita lihat dulu malas seperti apa yang sedang kita rasakan, misalkan malas bekerja, nah untuk mengatasi rasa malas untuk bekerja itu ada beberapa cara, seperti:

Bayangkan saja upah yang akan kita dapatkan setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut, pastinya rasa semangat akan timbul dalam diri kita.

Tapi memang dalam beberapa kasus, walau upah yang kita dapatkan itu besar, ada orang yang tetap malas melakukan pekerjaannya. Mungkin dikarenakan pekerjaannya tidak sesuai dengan minat orang tersebut, walau dikasi iming-iming upah tinggi, tidak akan mempan.

Baca Juga -   Cara Mengatasi HP Macet karena Memori Internal HP Penuh, dengan Mudah dan Ampuh

Nah solusinya adalah sebisa mungkin cari pekerjaan yang setidaknya kita nyaman untuk melakukan hal tersebut, bahkan kalau bisa jadikan hobi sebagai ladang penghasilan kita.

Kedua pada umumnya seseorang itu merasa jenuh dengan kegiatan yang dia lakukan tiap harinya, sehingga bisa menimbulkan rasa malas. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar.

Kita bisa atasi masalah ini dengan me refresh diri kita, atau melakukan kegiatan lain selama beberapa saat agar melepas rasa lelah karena pekerjaan yang sebelumnya.

Sehingga saat kembali untuk melakukan pekerjaan seperti biasanya, kita akan merasa lebih semangat kembali.

Selain itu istirahat dari kegiatan sebelumnya seperti berolahraga, tidur, atau bertemu teman juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa malas karena tekanan pekerjaan.

Baca juga: Cara mendapatkan Passive Income dari Internet

Ketiga paksakan diri agar tidak malas, contohnya seperti membuat jadwal harian yang produktif (to-do list).

Cara ini sangat efektif sekali untuk mengontrol diri kita agar segera mungkin menyelesaikan pekerjaan yang sudah kita canangkan.

Memang saat pertama kali mencoba tidak akan berhasil dengan mudah, tetapi kalau dicoba secara menerus kebiasaan membuat to-do list ini akan membuat kita lebih produktif lagi mengerjakan hal menarik lainnya.

Sehingga kita tidak akan terjebak dengan kegiatan itu-itu saja yang membuat kita bosan dan malas.

Untuk membuat to-do list yang baik anda bisa mencari beberapa referensi dari Youtube, sudah banyak sekali youtuber yang membahas tentang to-do list ini. Tinggal anda sesuaikan saja ingin menggunakan metode yang mana.

Nah itulah 3 tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa malas yang berlebihan, sesuai dengan kasus yang sedang dihadapi.

  • Bagikan