https://www.rujukannews.com/

Wajib Tahu! Ini 5 Fungsi Oli Gardan Pada Mesin Kendaraan

  • Bagikan
fungsi oli gardan
sumber: federaloil.co.id

Bukan hanya oli mesin yang perlu diperhatikan untuk perawatan kendaraan, tetapi juga oli gardan yang berfungsi sebagai pelumas pada mesin transmisi. Jika Anda menggunakan kendaraan dengan transmisi otomatis, maka ada beberapa fungsi oli gardan yang penting diketahui.

Oli Gardan Sebagai Komponen Transmisi

Khusus pada kendaraan roda empat yang memakai komponen transmisi otomatis, salah satu fungsi oli gardan adalah mengatur kecepatan perputaran roda. Jika oli gardan tidak diganti secara rutin, maka kendaraan akan mengalami masalah saat dibelokkan. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, maka gantilah oli gardan secara rutin setiap bulan. Dengan demikian, kendaraan dapat memutar roda bagian kanan dan kiri dengan kecepatan yang sama karena pengaturan kecepatan kendaraan yang tepat dan teratur.

Mencegah Suara Bising Dari Mesin Kendaraan

Fungsi oli gardan lainnya yaitu mengurangi gesekan pada komponen kendaraan yang menimbulkan suara bising berasal dari kotak CVT. Jika suara bising tersebut dibiarkan terlalu lama, maka kendaraan bisa mengalami kerusakan parah. Kerusakan tersebut bisa saja membutuhkan biaya perbaikan yang besar.

Baca Juga -   Mengenal 10 Komponen Sistem Pendingin Mobil

Dapat Mengurangi Gesekan Pada Komponen Gardan

Saat kendaraan berjalan, tentu akan mengalami gesekan pada komponen mesinnya, termasuk pada komponen gardan. Oleh sebab itu, oli dapat berperan untuk mengurangi gesekan dinamis yang terlalu keras. Oli tersebut dapat menahan pergerakan agar kendaraan berjalan mulus dan tidak terhambat.

Sebagai Pelumas Gear Ratio

Gear Ratio merupakan komponen kendaraan yang sangat penting karena berkaitan dengan gesekan pada komponen di dalam mesin. Jika terjadi kerusakan pada gear ratio, biaya yang dibutuhkan untuk perbaikannya cukup mahal.

Untuk mencegah kerusakan komponen ini, peran oli garden sangat penting. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengganti oli gardan tepat waktu.

Oli Dapat Mencegah Overheat Pada Kendaraan

Ketika oli gardan tidak diganti secara rutin, maka akan memicu terjadinya kemacetan pada suhu gardan. Hal tersebut dapat menyebabkan komponen gardan mengalami pemuaian karena kondisi suhu terlalu tinggi. Fungsi oli gardan di sini berperan penting dalam proses pendinginan pada suhu gardan tersebut.

  • Bagikan