https://www.rujukannews.com/

4 Pilihan Investasi Jangka Menengah Ini Sangat Prospek

  • Bagikan
investasi jangka menengah

Investasi jangka menengah umumnya berlangsung selama 1 sampai 5 tahun. Tujuan investasi tersebut biasanya untuk mempersiapan biaya pendidikan, pembayaran rumah, dan lain-lain. Ada beberapa pilihan produk investasi tersebut yang bisa Anda gunakan dan bersifat aman serta sangat menguntungkan.

Investasi Emas

Emas merupakan produk investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pada kenyataannya, emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tetapi juga bentuk investasi yang aman dan menguntungkan. Selain itu, emas juga mudah ditemukan dan dapat disimpan dalam waktu lama.

Investasi emas juga tidak mengenal istilah inflasi, karena harganya cenderung naik tiap tahunnya. Anda yang berminat untuk berinvestasi dengan emas bisa membelinya secara langsung dan menyimpannya.

Investasi Reksadana Campuran

Reksadana adalah jenis investasi jangka menengah yang terdiri atas saham, obligasi serta deposito. Didalam reksadana harus ada investasi obligasi dan juga investasi saham.

Jenis investasi ini harus dilakukan dengan bentuk penempatan investasi yang telah direncanakan sebelumnya. Manajer investasi dalam reksadana campuran harus dapat mengatur portofolio obligasi dan saham agar proses pengembalian dapat dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga -   3 Pilihan Cara Investasi Emas Antam yang Prospek

Investasi Sukuk Ritel

Jenis investasi jangka menengah ini dijalankan secara syariah dan sengaja didirikan oleh pemerintah untuk membantu pembiayaan beragam proyek pembangunan. Sukuk Ritel dijalankan oleh negara dan aturannya dikelola secara langsung oleh Menteri Keuangan.

Kelebihan Sukri yaitu sistem investasinya didasarkan oleh prinsip syariah dan keuntungan yang diperoleh investor juga berasal dari perhitungan yang efektif. Selain itu, investasi yang dikembalikan mencapai 100% dan dilindungi secara langsung oleh negara.

Sukri bisa dibeli dengan harga minim mulai dari Rp 5 juta, Semakin besar investasi yang ditanamkan, maka keuntungan yang diperoleh juga lebih besar.

Obligasi Ritel Indonesia

Investasi obligasi tersebut dikelola langsung oleh negara republik Indonesia dan dijual dengan sistem perseorangan. Produk Ori dikeluarkan dengan tujuan untuk kelola hutang negara, perluasan basis investor, serta membantu membiayai anggaran negara.

Anda bisa membeli jenis investasi jangka menengah tersebut dengan harga minimum Rp 1 juta. Pembelian juga bisa dilakukan langsung oleh agen berupa bank umum atau bursa efek. Keuntungan investasi Ori dapat diperoleh dari perhitungan nilai nominal obligasi yang akan dibeli oleh pengguna.

  • Bagikan