https://www.rujukannews.com/

Penyebab dan 3 Cara Memperbaiki Aki Tekor pada Mobil

  • Bagikan
cara memperbaiki aki tekor

Aki tekor merupakan permasalahan yang mengganggu bagi pengendara mobil, apalagi pada saat perjalanan. Simak beberapa cara memperbaiki aki tekor pada mobil berikut.

Mengenal Penyebab Aki Tekor

Aki tekor dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya aki sudah mencapai batas pemakaian, mengalami kerusakan alternator, dan mobil tidak digunakan dalam waktu lama. Terlalu banyak aksesoris pada mobil juga menyebabkan aki tekor.

Cara Memperbaiki Aki Tekor Secara Umum

Secara umum, terdapat dua cara mengatasi aki tekor yaitu menggunakan jumper aki dan mendorong mobil.

Memperbaiki aki menggunakan jumper aki dilakukan dengan meletakkan tuas transmisi pada posisi parkir. Kemudian, menghubungkan kabel jumper ke kutup aki. Lalu menghidupkan mesin mobil pen-jumper dengan pedal gas 1000 rpm dan starter.

Metode kedua yaitu dengan cara mendorong mobil. Langkahnya yaitu memasukkan tuas ke gigi 2, injak kopling dan doronglah mobil hingga melaju cepat. Kemudian, lepaskan pedal kopling.

Baca Juga -   Wajib Tahu! Ini 5 Fungsi Oli Gardan Pada Mesin Kendaraan

Cara Memperbaiki Aki Tekor pada Mobil Otomatis

Cara memperbaiki aki tekor pada mobil otomatis bisa dengan cara jumper aki menggunakan mobil lain. Pasang aki normal pada mobil dengan cara menghubungkan kabel jumper. Kabel jumper dihubungkan sesuai dengan bagian kutubnya.

Setelah terhubung dengan aki normal, matikan semua aksesoris yang terdapat pada mobil. Langkah selanjutnya yaitu menghidupkan mobil kembali menggunakan aki normal.

Apabila sudah nyala, hubungkan kembali kabel jumper dengan aki yang mati. Nyalakan mesin beberapa menit untuk mengisi aki yang tekor. Lalu mobil akan berjalan secara normal kembali.

Cara Memperbaiki Aki Tekor pada Mobil Manual

Jumper aki juga dapat dilakukan untuk memperbaiki aki tekor pada mobil manual. Selain cara tersebut, juga bisa melakukan cara mendorong mobil.

Metode jumper aki yang digunakan pada mobil manual sama dengan pada mobil otomatis. Motode mendorong mobil dapat dilakukan dengan cara mendorong mobil dengan cepat hingga jauh sampil menginjak kopling. Jika mobil sudah menyala kemudian lepaskan kopling secara perlahan.

Baca Juga -   5 Cara Mengatasi Mesin Overheat Pada Mobil

Itulah ulasan cara memperbaiki aki tekor pada mobil. Memperbaiki aki mobil yang tekor dapat dilakukan sesuai dengan jenis transmisi mobil tersebut. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan aki tekor agar aki dapat bertahan lebih lama.

  • Bagikan