https://www.rujukannews.com/

Pengertian dan Contoh Open Source

  • Bagikan
pengertian dan contoh open source

Apakah anda pernah mendengar istilah open source?. Pada bidang teknologi sendiri istilah ini memang sangat populer sekali. Bahkan banyak penggemar project open source, atau bahkan teknologi yang kita gunakan merupakan open source.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita cari tau terlebih dahulu mengenai pengertian dari open source.

Pengertian Open Source

Open source dapat diartikan sumber terbuka, dimana maksudnya adalah suatu perangkat lunak atau aplikasi yang bebas digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dimodifikasi kodenya oleh siapa saja. Baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk penggunaan komersial.

Singkatnya open source itu aplikasi yang bisa kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita jika mengerti mengenai kode program.

Projek open source sendiri sekarang ini sedang berkembang pesatnya, karena banyak komunitas yang sangat antusias dalam pengembangannya.

Contoh Aplikasi Open Source

Dalam dunia teknologi ada banyak sekali projek open source yang bertebaran, mungkin salah satunya kita gunakan tiap hari.

1. Linux

Linux merupakan operasi sistem open source, dan banyak sekali turunan dari operasi sistem linux ini, seperti ubuntu, debian, kali linux, mint dan lainnya.

Secara umumnya linux ini mirip seperti windwos, hanya saja linux gratis tanpa harus beli lisensi seperti windows. Dan linux ini tergolong lebih ringan dibandingkan dengan operasi sistem windwos.

Baca Juga -   Laptop Dibawah 5 Juta Untuk Keperluan Sekolah

Dan tak sedikit linux dijadikan pilihan untuk digunakan keperluan server. Selain itu, linux juga terkenal karena digunakan untuk aktifitas hacker.

2. Mozila Firefox

Mozila firefox merupakan aplikasi browser untuk mencari informasi di internet, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Anda jika anda ingin membuat aplikasi browser sendiri menggunakan program dasar mozila tentunya sangat diperbolehkan.

Karena itu sifat dari open source yang ada di mozila firefox.

3. WordPress

WordPress merupakan content management system yang bisa digunakan secara gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja dipenjuru dunia ini.

Anda bisa membuat halaman websit yang keren menggunakan projek open source ini, bahkan banyak juga website pemerintahaan yang menggunakan wordpress sebagai program aplikasi mereka.

Bahkan rujukannews.com juga menggunakan wordpress sebagai sistem manajemen kontennya.

Tak hanya untuk membuat sistem informasi, wordpress juga bisa digunakan untuk membuat website profil, sekolah, hingga toko online.

Tergantung kreatifitas yang anda miliki dalam menggunakan wordpress ini.

4. Php dan Mysqli

PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer untuk membuat halaman website, mungkin bagi anda yang sudah biasa membuat website, php ini tidak asing lagi.

Kita bisa membuat sistem yang sangat komplek menggunakan PHP ini, dan tentunya dengan bantuan mysqli.

Baca Juga -   Pengertian Router, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mysqli itu merupakan database yang biasa digunakan untuk keperluan website php, jadi anda bisa membuat kerangka kerja dari php, dan menyimpan datanya menggunakan teknologi mysqli ini secara gratis.

5. Moodle LMS

Moodle merupakan aplikasi yang berguna untuk kegiatan belajar daring, nah moodle ini lagi viral-viralnya di tahun ini, karena sangat membantu proses belajar mengajar daring dimasa pandemi ini. Banyak sekolah dan perguruan tingg yang menggunakan moodle sebagai media belajar online mereka.

Karena moodle sendiri memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti profil siswa, pengajuan tugas, pemberian tugas, penilaian tugas, profil dosen, hingga materi tiap pelajarannya bisa dengan mudah dimanajemen.

Sehingga banyak yang memilih moodle sebagai media untuk proses pembelajaran online.

6. Apache Server

Apache merupakan projek open source yang sangat banyak digunakan untuk keperluan web server, tidak hanya karena gratis, apache sangat mudah dioperasikan dengan kombinasi operasi sistem turunan dari Linux, seperti ubuntu, ataupun debian.

Selain itu apache menjadi pilihan terbaik untuk belajar tentang web service, karena bisa dioprek-oprek tanpa harus takut mengeluarkan biaya bulanan ataupun tahunan.

7. Libre Office

Sering menggunakan microsoft words? nah libre office ini mirip seperti ms words, hanya saja libre office ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu seperti ms words. Dan fitur yang ditawarkanpun sudah hampir sempurna seperti yang ada di ms words dan sejenisnya.

Baca Juga -   Fitur dan Spesifikasi Mic Boya By-MM1

Maka dari itu libre office ini bisa dijadikan sebagai alternatif penggunaan microsoft office.

8. Android 

Nah kalau android siapa sih yang tidak tau, hampir disemua smartphone yang ada didunia ini menggunakan sistem operasi android. Nah ternyata android itu merupakan projek open source yang berjalan sukses hingga saat ini.

Makanya jika kita perhatikan banyak smartphone yang menggunakan OS android memadukannya dengan operasi sistem bawaan dari vendor smartphone tersebut, misalnya xiaomi menggunakan anroid tapi juga menggunakan os MIUI nya. Nah karena open source jadinya boleh dimodifikasi sedemikian rupa.

 

Bagus Mana Open Source Dengan Close Source?

Nah sebenarnya mau pakai open maupun close source itu sama-sama bagus ya, tergantung dengan kebutuhan masing-masing penggunaan saja, kalau mau yang murah atau gratis lebih ke open source, tapi kalau mau yang anti ribet bisa beli yang close source.

Atau bisa juga menggunakan kedua jenis aplikasi tersebut, dicoba terlebih dahulu lebih suka yang mana, dan lebih cocok dengan yang mana, nanti tinggal diteruskan deh.

  • Bagikan