https://www.rujukannews.com/

Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar

  • Bagikan
Cara Membuat Artikel Review

Cara Membuat Artikel Review – Mungkin sebelumnya, anda pernah mencoba membuat artikel review namun merasa tidak terlalu bagus atau tidak menarik untuk dibaca. Harus diakui, memang pembuatan artikel jenis ini butuh teknik khusus supaya bisa menarik perhatian, sehingga pembaca mau menyimaknya hingga selesai.

Menulis artikel review bukan sekedar menyampaikan kelebihan dan kekurangan sebuah produk atau jasa. Namun, lebih daripada itu. Pemilihan kata/diksi hingga gaya bahasa yang tepat menjadi kunci bagaimana artikel review bisa dengan baik tersampaikan kepada pembaca.

Kenalan Dulu Dengan Artikel Review

Artikel review sendiri merupakan artikel yang membahas tentang gambaran produk, jasa, atau hal lainnya. Biasanya konten review berisi tentang kelebihan dan kekurangan dan memiliki tujuan agar pembaca mau untuk menggunakan produk/jasa tersebut.

Beberapa yang bisa anda review antara lain aplikasi, buku, produk kecantikan, jasa dan masih banyak lagi yang lainnya. Review yang bagus akan membuat pembaca semakin penasaran dengan sesuatu yang sudah anda tulis.

Baca juga: Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis 2021

Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar

Lalu, bagaimanakah cara menulis artikel review yang benar dan mampu menarik Perhatian pembaca?

Nah anda bisa mengikuti panduan singkat dari rujukannews.com berikut ini ketika hendak membuat artikel review versi anda sendiri.

1. Ketahui Apa yang Anda Review

Ini yang kerap kali tidak dilakukan. Mereview sesuatu, namun tidak tau apa yang sebenarnya sedang review. Isi review hanya mengambil referensi dari Google dengan mengubah kata-kata saja, seolah-olah itu adalah review berdasarkan pengalaman pribadi.

Jelas, ini bukanlah hal yang benar dilakukan. Jangan sampai anda mereview sesuatu tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya artikel yang anda buat bisa lebih akurat dan lebih dipercaya oleh pembaca.

Setidaknya ketika hendak membuat artikel review anda harus mencoba produk tersebut, dan bagaimana pengalaman anda saat menggunakan produk tersebut, apakah senang atau tidak. Nah anda bisa ambil keputusan disana lalu dituangkan dalam artikel reveiw yang anda buat.

2. Menulis dengan Gaya Story Telling

Cara menulis artikel review yang baik berikutnya adalah menulis dengan gaya story telling. Alias menulis seperti sedang bercerita. Penulisan dengan gaya story telling mampu menghipnotis para pembaca sehingga makin tertarik mengetahui lebih dalam dari barang/jasa yang anda review tersebut.

Pada point ini anda bisa memperkenalkan terlebih dahulu tentang siapa diri anda, lalu latar belakang anda, baru anda bisa masuk ke inti pembahasan reviewnya. Ini bertujuan agar suasana pembaca menjadi nyaman.

3. Paragraf Awal Adalah Kunci

Tak peduli sepanjang apapun review yang anda tulis, jika pada paragraf awal tulisan anda tidak menarik akan membuat pembaca enggan membacanya hingga selesai. Untuk itulah, beri yang terbaik pada tulisan di paragraf pertama agar mereka tertarik membaca setiap kata demi kata dari artikel review yang anda buat.

Misalnya anda ingin review tentang aplikasi penghasil uang yang lagi viral, dan memang pada kasus tersebut anda berhasil mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Anda bisa menggunakan kata-kata awal seperti “Tak pernah disangka ternyata bisa dengan mudah untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini, saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil mendapatkan penghasilan tambahan”.

Baca juga: Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tanpa Beli Baru

4. Review Lebih Baik Dilakukan Secara Jujur

Nah untuk point ini kebanyakan pembaca artikel review itu lebih suka dengan review seadanya dan dibuat dengan jujur tanpa dilebih-lebihkan. Apalagi orang yang membuat review juga memberikan pengalamannya ketika menggunakan produk yang direview, ya setidaknya orang yang mereview sudah merasakaan manfaat dari produk yang ia review.

5. Gunakan Tubnail Yang Memikat

Selain faktor dari artikelnya, memilih gambar utama atau tubnail juga menjadi pemicu calon pembaca agar segera mungkin membaca artikel anda. Di poin ini anda diperbolehkan menggunakan teknik Click Bait, asalkan tidak berlebihan.

Anda bisa mempelajari cara membuat tubnail yang menarik melalui berbagi tutorial yang ada di Youtube.

Biasanya tubnail clickbait akan lebih mudah untuk menarik perhatian calon pembaca agar segera membaca artikel yang anda buat.

Penutup

Nah itulah beberapa cara menulis artikel review yang baik dan benar. Jangan lupa juga gunakan kreativitas dan ide-ide menarik anda supaya tulisan menjadi lebih hidup dan lebih menarik perhatian pembaca. Dan jangan segan-segan untuk mencoba hal yang baru agar meningkatkan pengalaman dalam menulis artikel review ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga -   4 Cara Meningkatkan Kualitas Ibadah
  • Bagikan