https://www.rujukannews.com/

5 Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat Tapi Mudah Diingat

  • Bagikan
cara membuat kata sandi

Untuk memperoleh keamanan yang tinggi seseorang biasanya membuat password atau kata sandi yang sulit. Tetapi, hal tersebut juga memiliki risiko, karena kata sandi yang dibuat akan sulit untuk diingat. Berikut adalah beberapa cara membuat kata sandi yang kuat dan mudah diingat.

Sebaiknya Gunakan Pengelola Kata Sandi

Dengan menggunakan pengelola kata sandi misalnya LastPass dan 1Password akan membantu Anda dalam pembuatan kata sandi yang panjang dan aman. Biasanya peramban internet seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome dilengkapi oleh fitur pengelola sandi tersebut.

Lakukan Pemeriksaan Kata Sandi Pengguna yang Telah Dicuri

Cara membuat kata sandi yang aman agar dapat mencegah terjadinya kebocoran kata sandi atau peretasan, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan. Google Password atau Mozilla Firefox dapat menunjukkan kata sandi dan alamat email mana yang sudah diretas.

Baca Juga -   Anti Mati Gaya! Ini Dia Gaya Foto Bridesmaid Paling Unik

Dengan melakukan tindakan tersebut, pengguna dapat segera mengambil tindakan untuk mengubah kata sandi lama agar tidak terjadi kebocoran data.

Hindari Penggunaan Kata Umum

Agar kata sandi tidak mudah ditebak dan diretas oleh orang lain, hindari penggunaan password dengan kata-kata umum. Misalnya nama pengguna, tahun kelahiran, alamat, hewan peliharaan dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan dapat diketahui oleh orang lain dengan mudah melalui sosial media pribadi.

Buatlah Kata Sandi Minimal 8 Karakter

Cara membuat kata sandi dengan kategori sangat kuat, sebaiknya memiliki 8 karakter yang terdiri atas kombinasi abjad besar dan kecil, angka dan juga symbol karakter. Frasa Sandi yang panjang serta memiliki berbagai karakter pasti akan sulit ditebak bagi orang lain yang ingin meretasnya.

Hindari Menggunakan Kata Sandi yang Sudah Pernah Dipakai

Jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun. Jika sandi Anda diretas, maka peretas tersebut akan lebih mudah membuka akun lain dengan menggunakan kata sandi tersebut. Sebaiknya modifikasi kata sandi menggunakan sufiks atau awalan yang baru dan lebih unik.

Baca Juga -   Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis 2021

Nah demikian tips mengenai cara membuat kata sandi yang kuat agar tidak mudah diretas orang lain. Untuk lebih mudah mengingatnya Anda bisa membuat catatan privasi atau menggunakan pengingat sandi.

  • Bagikan