https://www.rujukannews.com/

Penting! Begini 6 Cara Mengatasi Laptop Lemot

  • Bagikan
cara mengatasi laptop lemot

Kinerja laptop yang lemot tentu saja akan menghambat pekerjaan Anda. Ada banyak faktor yang menyebabkan laptop tiba-tiba melambat sehingga membuat kinerjanya menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda terapkan

Mencopot Aplikasi yang Tidak Pernah Dipakai

Aplikasi yang terlalu banyak dan memiliki ukuran besar pada laptop dapat menyebabkan kinerja laptop melambat. Oleh sebab itu, sebaiknya hapus aplikasi yang dirasa tidak dibutuhkan agar memori laptop bisa longgar. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa aplikasi yang tidak sengaja terinstal.

Memasang Antivirus Pada Laptop

Cara mengatasi laptop lemot dapat dilakukan dengan memasang antivirus. Kinerja laptop yang lambat bisa saja disebabkan karena adanya virus yang masuk laptop saat melakukan transfer file melalui internet. Sebaiknya Anda pakai antivirus yang efektif, legal dan aman dalam menangkal virus.

Baca Juga -   4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda

Melakukan Reset Windows

Laptop yang sudah lama digunakan biasanya akan mempengaruhi kerja operasi windows. Hal tersebut menyebabkan windows laptop sering eror dan lemot. Sebelum reset windows, Anda perlu back up data untuk mencegah seluruh file hilang saat proses reset dilakukan.

Menambahkan Ram Pada Laptop

Menambah RAM laptop dengan kapasitas lebih besar juga menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot yang sangat ampuh. Hal tersebut dikarenakan RAM laptop yang kapasitasnya kecil, sedangkan data yang tersimpan pada laptop sangat banyak akan menyebabkan kinerja laptop lemot.

Ketika Anda memutuskan untuk menambahkan RAM, sebaiknya pastikan juga bahwa RAM memiliki spesifikasi sesuai dengan laptop dan aplikasi didalamnya.

Memakai Cooling Pad

Cooling Pad merupakan alat yang dapat membantu laptop agar tetap pada suhu yang stabil serta tidak mudah panas. Biasanya alat ini dipasang pada bagian bawah laptop. Laptop yang gampang panas akan menyebabkan kinerja program berjalan sangat lambat.

Menggunakan Aplikasi Fitur Lite

Cara mengatasi laptop lemot satu ini khusus ditujukan untuk pengguna laptop windows 7. Dengan memakai aplikasi fitur liter, akan membuat hard disk tidak bekerja terlalu berat. Fitur pada aplikasi juga bisa digunakan untuk mengurangi memori pada laptop menjadi lebih longgar.

  • Bagikan