https://www.rujukannews.com/

5 Cara Mengatasi Mesin Overheat Pada Mobil

  • Bagikan
cara mengatasi mesin overheat

Mesin mobil overheat merupakan suatu kondisi di mana suhu mesin mobil melebihi suhu normalnya. Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan parah pada mesin mobil. Apabila mobil yang Anda kendarai mengalami masalah tersebut, berikut adalah cara mengatasi mesin overheat yang bisa Anda terapkan.

Membuka Kap Mesin Mobil

Ketika suhu mesin mobil tiba-tiba panas, segera buka kap mesin mobil untuk menyingkirkan panas. Caranya bisa dengan menggunaan tuas kecil untuk membuka kap mesin kemudian angkat.

Saat membuka kap mesin mobil, sebaiknya berhati-hati jangan sampai tuas menyentuh radiator yang bisa menyebabkan Anda tersengat listrik.

Berhenti Mengendarai Mobil dan Matikan Mesin

Ketika Anda menyadari mesin mobil panas saat memantau jarum temperatur, maka sebaiknya berhentilah dipinggir jalan, kemudian matikan mesin mobil. Cara mengatasi mesin overheat pada mobil ini cukup efektif untuk Anda terapkan. Dengan mematikan mobil dapat mencegah mesin mobil mengalami kerusakan.

Baca Juga -   Wajib Tahu! Ini 5 Fungsi Oli Gardan Pada Mesin Kendaraan

Hindari Membuka Tutup Radiator Saat Mesin Terlalu Panas

Saat Anda membuka tutup radiator ketika kondisi suhu mobil panas tinggi, maka akan menyebabkan uap dan air tekanan tinggi menyembur keluar. Hal tersebut dapat menyebabkan luka bakar serius saat terkena kulit.

Lakukan Pemeriksaan Cadangan Air Pada Radiator

Semua mobil pastinya memiliki tabung cadangan air yang terhubung langsung pada bagian atas radiator. Hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam melakukan pemeriksaan kondisi air tabung kurang atau tidak. Tambahkan air pada tabung radiator jika memang volume air sudah sangat berkurang.

Cara mengatasi mesin overheat kali ini yaitu Anda bisa menambah cairan pendingin sampai posisi garis paling atas. Isi air saat kondisi mesin panas atau bisa menunggu mesin dingin terlebih dahulu.

Periksa Kebocoran Pada Sistem Pendinginan

Jika suhu mobil panas, maka segera periksa radiator, kepala silinder dekat gasket atau blok mesin untuk memeriksa ada kebocoran atau tidak. Jika Anda merasa tidak memahaminya, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan tes pada sistem pendingin.

Baca Juga -   Mengenal 10 Komponen Sistem Pendingin Mobil

Apabila Anda sudah menerapkan cara mengatasi mesin overheat di atas, tetapi masih belum berhasil, maka segera panggil mekanik. Hal tersebut dikarenakan, bagaimanapun juga mekanik merupakan orang yang berpengelaman, jadi mobil Anda bisa mendapat penanganan yang tepat.

  • Bagikan