https://www.rujukannews.com/

Pengertian HTML, Fungsi, dan Cara kerjanya

  • Bagikan
apa itu html

Jika anda ingin memulai untuk menjadi seorang web developer anda wajib mempelajari Bahasa dasar dari sebuah website yaitu HTML.

Sebelum anda mempelajari Bahasa lainnya untuk membuat suatu website anda harus memahami dan mempelajari bahasa HTML sampai mengerti dan minimum anda bisa membuat suatu website sederhana  atau sampai anda menjadi professional di Bahasa HTML.

Sehingga jika anda ingin mempelajari Bahasa lainya yang lebih lanjut lagi, untuk membuat website anda sudah memahami dasarnya terlebih dahulu sehingga memudahkan anda kedepanya untuk menjadi professional di bidang web developer.

Langsung saja kita bahas mengenai pembahasan HTML!!!.

Apa itu HTML?

Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur halaman website. Serta merupakan bahasa standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website, yang  dapat diakses melalui jaringan internet.

Dengan HTML anda dapat membuat suatu halaman website yang dimana anda dapat mengatur halam tersebut menggunakan Bahasa HTML contohnya :

  • Menyusun heading
  • Mengatur paragraph
  • Menambahkan gambar
  • Menambahkan link
  • Dan masih banyak lainya.

Untuk bisa mengakses halaman yang sudah anda buat, anda bisa menggunakan aplikasi browser yang anda miliki seperti Google Crome, Mozila Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan masih banyak aplikasi lainya.

Baca Juga -   Rekomendasi Smartphone Gaming 3 Jutaan

Setelah mengetahui ap aitu HTML mungkin anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai HTML, nah sebelumnya anda harus mengetahui fungsi dari HTML terlebih dahulu.

Baca dulu: Mending Rakit PC atau Beli Laptop Sih? Coba Bandingin Ini dulu

Jadi Apa Fungsi dari HTML?

Ada berbagai fungsi dari HTML namun berikut kami jelaskan beberapa fungsi dari HTML :

Membuat Halaman Website

Ini merupakan fungsi utama HTML yaitu membuat halaman website. Sehingga anda dapat berbagi infomasi melalui jaringan internet dengan membuat sebuah halaman website.

Html juga merupakan Bahasa pemograman yang mudah dimengerti oleh pemula, tak heran hamper semua halaman website di buat menggunakan HTML.

Menjadi Pondasi dasar sebuah Website

Selain sebagai untuk membuat halaman website Html juga berfungsi sebagai dasar pondasi sebuah halaman website. Yang dimana beberapa Bahasa pemograman dapat diaplikasikan ke dalam HTML untuk membuat tampilan lebih menarik.

Sebagai contoh dengan menambahkan CSS kedalam sebuah halaman website HTML maka kita dapat membuat tampilan halaman menjadi berwarna dan masih banyak yang lainya yang membuat tampilan halaman menjadi lebih menarik.

Menandai Teks dan Bagian – bagian pada Halaman Website

Selanjutnya fungsi dari HTML ialah menjadi penanda teks dan bagian – bagian dari halaman website. Semisal untuk menandai kalimat cetak tebal dan miring hanya perlu diberi kode <bold>, <italic>.

Selain itu, HTML juga berfungsi untuk menandai bagian – bagian pada website. Misalnya bagian header, main, footer, dan navigation. Sehingga lebih memudahkan pembuatan website.

Menampilkan Multimedia pada Halaman Website

Di halaman website tentunya selalu ada sebuah text seperti judul, deskripsi maupun yang lainya akan tetapi selain text di halaman website juga memerlukan tambahan seperti gambar, video, dan musik sehingga halaman website tidak terlihat membosankan.

Oleh karena itu HTML juga selain bisa untuk membuat text HTML juga dapat menampilkan multimedia pada halaman website.

Mengarahkan Pengguna ke Halaman Website Lain

Seiring perkembangannya, HTML kini juga bisa berfungsi untuk mengarahkan anda ke halaman atau website lainnya melalui teks tertentu. Fungsi tersebut juga bisa disebut hyperlink.  Misalnya seperti contoh di gambar berikut.

Dengan hyperlink, anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang saling berhubungan dengan halaman yang dibaca tersebut.

 

link
contoh link yang dibuat dengan Html

 

Setelah anda mengetahui apa aitu HTML dan fungsinya anda juga harus mengetahui cara kerja dari Bahasa pemograman HTML supaya anda dapat menggunakanya dengan mudah.

 

Bagaimana Cara kerja HTML?

Oke, mungkin sekarang anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja file HTML sehingga dapat ditampilkan di browser. Sekarang mari simak penjelasannya.

Pertama, dokumen HTML Anda buat di aplikasi editor HTML dan menyimpannya dengan format .html atau .htm.

Dokumen HTML yang anda buat bisa saja lebih dari satu. Dikarenakkan dalam sebuah website, biasanya terdiri dari beberapa halaman tertentu. Misalnya saja, halaman utama, kontak, blog, about, dan lainnya.

Oleh karena itu, masing-masing dokumen, berisi komponen HTML yang akan menyusun bagian heading, paragraf, konten, dan lainnya.

Ekstensi file ini dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi browser yang anda miliki seperti Google Crome, Mozila Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan masih banyak aplikasi lainya.

Kemudian, supaya halaman website anda bisa diakses oleh banyak orang atau diakses secara online maka anda perlu menyewa layanan hosting website dan mengupload file halaman website HTML anda di sana.

Jika sudah, selanjutnya browser akan membaca  dan me-render file HTML menjadi tampilan halaman website. Sehingga ketika orang lain mengakses website anda, maka mereka dapat dengan mudah membaca informasi yang ditampilkan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulanya HTML merupakan Bahasa pemongraman yang dasar juga setandar digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah halaman website.

Yang dimana, HTML juga dapat dipadukan dengan Bahasa pemograman lainya seperti CSS, Javascript, PHP , dan lainya untuk membuat tampilan sebuah halaman website menjadi lebih menarik dan mempunyai fungsi yang lebih banyak lagi.

Oke, sekian pembahasan mengenai HTML dari kami semoga bermanfaat 😉.

 

 

  • Bagikan