https://www.rujukannews.com/

5 Tips Memasak Bayam Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

  • Bagikan
tips memasak bayam

Salah satu sayur unggulan yang mengandung banyak nutrisi adalah bayam. Namun, perlu Anda ketahui bahwa cara pengolahan yang kurang tepat akan membuat nutrisi pada banyam menjadi hilang. Agar nutrisinya tetap terjaga, berikut adalah tips memasak bayam yang bisa Anda lakukan.

Jangan Merebusnya Lebih dari 4 Menit

Sayur bayam kaya akan nutrisi dan memiliki antioksidan yang tinggi. Agar kandungan tersebu tidak hilang, jangan pernah merebus bayam terlalu lama sampai terlewat 4 menit, karena dapat merusak vitamin dan mineral dalam bayam itu sendiri.

Masakan Bayam Jangan Dipanaskan Ulang

Olahan bayam sebaiknya dibuat dalam porsi yang tidak terlalu besar, karena sayur bayam ini tidak bisa dipanaskan lagi. Hal tersebut dikarenakan akan membuat tekstur, rasa dan nutrisi dalam bayam jadi rusak. Cara ini merupakan tips memasak bayam yang banyak disarankan.

Baca Juga -   Cara Mengatasi HP Macet karena Memori Internal HP Penuh, dengan Mudah dan Ampuh

Memanaskan sayur bayam juga menyebabkan zat besi teroksidasi dan berubah menjadi racun. Selain itu, olahan bayam juga tidak boleh disimpan terlalu lama, baik di ruang terbuka maupun dalam lemari es. Hal tersebut dikarenakan bisa menyebabkan kandungan nitrit meningkat.

Gunakan Panci Stainless Steel

Tips memasak bayam selanjutnya adalah menggunakan panic yang tepat. Panci dengan bahan stainless steel lebih baik dipilih untuk memasak bayam maupun jenis sayuran lainnya.

Hal tersebut dikarenakan panci dengan bahan stainless lebih baik daripada panci alumunium dan besi. Panci stainless steel membuat kandungan zatĀ  besi pada bayam tidak rusak.

Gunakan Api Besar saat Menumis Bayam

Tips memasak bayam selanjutnya adalah dengan menyalakan api besar saat menumis bayam. Jangan terlalu lama saat menumis, usahakan hanya sampai 2 menit. Dengan cara ini diharapkan sayur bayam cepat matang dan masih segar, serta nutrisinya juga tidak rusak.

Tambahkan Sedikit Garam saat Memasak

Tambahkan garam dapur saat mengolah bayam untuk menjaga warna, rasa, dan nutrisi bayam. Caranya yaitu taburkan garam ketika merebus atau menumis bayam. Dengan menambahkan garam dalam masakan juga akan membuat masakan lebih cepat matang, sehingga bayam tidak akan terlalu lama dipanaskan.

Baca Juga -   Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar

Itulah beberapa tips memasak bayam yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kandungan nutrisi dan kesegarannya. Lakukan cara-cara ini agar tidak kehilangan kandungan antioksidan tinggi dalam bayam.

  • Bagikan