https://www.rujukannews.com/

Ini 5 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

  • Bagikan
tips mengatasi kecanduan gadget

Teknologi memang berperan penting bagi perkembangan anak, namun sebaiknya penggunaan gadget pada anak juga perlu dibatasi. Hal tersebut dikarenakan dapat mendorong anak mengalami kecanduan. Apabila anak sudah mengalami kecanduan, berikut adalah tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Anda terapkan.

Membatasi Penggunaan Gadget

Aturlah waktu yang tepat bagi anak dalam menggunakan gadget. Kemudian, hindari juga meninggalkan gadget sembarangan, karena anak bisa saja mengambil dan menggunakannya. Pastikan area kamar dan area bermain anak bebas dari gadget, dengan begitu penggunaan gadget pada anak bisa terkontrol.

Memberi Penjelasan Terhadap Anak Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Tips mengatasi kecanduan gadget selanjutnya dapat dilakukan dengan memberi penjelasan pada anak tentang risiko terburuk penggunaan gadget. Anda bisa menjelaskan tentang berita kejahatan di media sosial, kerusakan mata atau kasus pelecehan. Tapi berikan perhatian pada anak agar tidak terlalu khawatir.

Baca Juga -   5 Tips Memasak Bayam Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Beri Contoh yang Baik Bagi Anak

Anak cenderung melihat dan menirukan segala hal yang dilakukan oleh orang sekitarnya. Jadi sebagai orang tua sebaiknya Anda juga mengurangi penggunaan gadget. Jika orang tua melarang anak untuk menggunakan gadget, tapi ia sendiri menggunakannya, maka larangan tersebut tidak membuahkan hasil.

Biarkan Anak Banyak Melakukan Aktivitas Diluar

Membiarkan anak untuk banyak bermain diluar daripada di rumah merupakan salah satu tips mengatasi kecanduan gadget yang cukup ampuh. Biarkan anak melakukan aktivitas di luar rumah bersama teman-temannya dengan melakukan permainan atau aktivitas lain yang menyenangkan.

Lebih baik berikan fasilitas berupa mainan sebanyak-banyaknya untuk anak, agar terbiasa tidak menggunakan gadget dalam kesehariannya.

Bersikaplah Tegas Sebagai Orang Tua

Kecanduan gadget memang seringkali membuat anak tantrum, tetapi sebagai orang tua Anda harus tetap tegas dan bijak dalam menerapkan peraturan. Lakukan cara terbaik untuk membuat anak terlepas dari gadget, karena efek kecanduan gadget sangat berpengaruh terhadap kesehatannya.

Jangan ragu untuk mengonsultasikan masalah tersebut kepada Dokter agar mendapatkan solusi yang tepat. Biasanya anak akan jauh lebih tenang jika ditangani oleh Dokter yang berpengalaman dalam bidangnya.

Baca Juga -   5 Ide Bisnis Untuk Anak Sekolah

Demikian beberapa tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa untuk selalu memantau aktivitas anak dalam bermain gadget.

  • Bagikan