https://www.rujukannews.com/

Perhatikan! Ini 5 Tips Merawat Laptop Gaming

  • Bagikan
tips merawat laptop gaming

Bermain game sekarang banyak dilakukan menggunakan laptop gaming. Untuk Anda yang sering menggunakan laptop gaming, wajib melakukan perawatan berkala dengan benar, agar perangkat tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips merawat laptop gaming agar awet dan tidak gampang error.

Menggunakan Tambahan Kipas Pendingin

Biasanya laptop gaming di pasaran sudah dilengkapi dengan pendingin yang mumpuni. Tetapi, saat digunakan untuk bermain game terus menerus, laptop tetap cepat panas. Oleh karena itu, butuh tambahan kipas pendingin atau eksternal untuk menjaga suhu perangkat laptop Anda.

Atur Durasi Bermain Game

Tips merawat laptop gaming selanjutnya adalah dengan mengatur durasi bermain game. Meskipun biasanya laptop gaming sudah memiliki spesifikasi tinggi, sehingga ringan untuk dipakai main game, tetapi tetap saja laptop perlu istirahat apalagi jika digunakan untuk bermain game-game berat.

Bersihkan Laptop Secara Menyeluruh dan Berkala

Pembersihkan laptop dilakukan menyeluruh pada setiap komponen dalam laptop. Tujuannya agar debu-debu yang menempel maupun masuk ke dalam hilang. Bersihkan keyboard, mouse, layar dan komponen lainnya pakai lap setengah basah. Cara ini dapat memperpanjang usia laptop gaming Anda.

Baca Juga -   Kiat-Kiat Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Tidak hanya bagian luarnya saja, softwarenya juga butuh perawatan. Scan disk laptop secara berkala menggunakan antivirus, minimal sebulan sekali. Hal ini juga untuk menjaga performa laptop.

Gunakan Stabilizer

Penggunaan stabilizer merupakan salah satu tips merawat laptop gaming yang terpenting. Aliran listrik yang masuk ke dalam laptop harus diperhatikan.

Apalagi jika daya listrik tiba-tiba berubah, efek tersebut akan berbahaya bagi laptop dan merusak komponen dalam laptop jika Anda tidak menggunakan stabilizer.

Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal

Saat bermain game, Anda tidak akan sadar bahwa sudah menekan dan memainkan keyboard dan pointer secara kasar. Hal ini dapat berakibat kerusakan pada perangkat tersebut dan membuat laptop error. Oleh karena itu, Anda membutuhkan keyboard dan mouse eksternal agar keyboard asli jadi awer.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips merawat laptop gaming yang bisa Anda coba praktekkan pada perangkat di rumah. Karna laptop gaming tugasnya memang berat, maka perawatannya juga tidak boleh main-main. Anda harus rutin dan rajin untuk menerapkan beberapa cara tersebut.

  • Bagikan