https://www.rujukannews.com/

Pengertian Hosting dan Domain beserta fungsinya dan cara kerjanya

  • Bagikan
Pengertian Hosting dan Domain
Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting dan Domain beserta Fungsinya dan Cara Kerjanya – Jika kalian sudah memahami pembahasan Pengertian HTML, Fungsi, dan cara kerjanya pasti kalian beratanya-tanya bagaimana cara untuk membuat halaman website yang sudah kita buat menjadi online. Dan supaya bisa diakses oleh banyak orang yang membutuhkan informasi yang anda bagikan dihalaman website anda.

Namun sebelum halaman website anda menjadi online kami sarankan untuk memahami apa itu hosting, domain dan cara kerjanya oleh karena itu kami akan membahasnya untuk anda.

Yang pertama kami akan membahas mengenai Hosting.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan layanan online yang berfungsi untuk mengelola data sebuah halaman website atau aplikasi yang berbasis website oleh pengguna dan menampilkanya melalui jaringan internet. Ada banyak file yang bisa diupload kemudian disimpan disebuah hosting, yang diantaralainya berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan digunakan sebagai database (basis data sebuah website).

Hosting juga bisa diartikan sebagai komputer atau server yang berfungsi untuk menyimpan data-data kita di Internet, sehingga bisa diakses oleh orang banyak melalui internet.

Pengertian Domain

Domain adalah nama yang mudah diingat yang berkaitan dengan alamat IP fisik di internet. Nama Domain ini bisa muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat website.

Baca Juga -   Penggunaan Kata Kita dan Kami Yang Tepat

Sebagai contoh misalkan, nama domain example.com bisa diterjemahkan ke alamat fisik 198.102.434.8.

Dengan membaca pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa Hosting merupakan tempat kita untuk menyimpan file halaman website kita supaya bisa diakses oleh banyak orang atau menjadi online. Sedangkan Domain merupakan nama dari website yang mudah diingat dan juga supaya lebih mudah diakses oleh banyak orang.

Hosting jika diibaratkan Hosting sebagai tanah yang siap untuk dibangun dan bangunanya merupakan halaman website yang sudah anda buat dan Domain merupakan nama atau alamat rumah dari bangunan tersebut.

Selain anda harus memahami Hosting dan Domain anda juga harus mengetahui fungsi dari Hosting dan Domain sehingga bisa menggunakanya dengan baik. Berikut fungsi dari Hosting dan Domain.

Baca juga: Pengertian HTML, Fungsi, dan Cara kerjanya

Fungsi Hosting

Hosting memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan terkait dengan pengembangan website, baik untuk kebutuhan website personal maupun perusahaan. Berikut beberapa fungsi dari hosting yang bisa anda pelajari.

1. Membuat Halaman Website yang Sudah Anda Buat Menjadi Online

Yang pertama, tentunya hosting berfungsi untuk membuat website yang sudah anda buat menggunakan HTML maupun dengan bahasa pemograman lainya menjadi bisa diakses oleh banyak orang yang membutuhkan informasi yang anda sediakan di halaman website anda.

Yang dimana setelah anda upload file-file website anda di Hosting yang anda miliki maka secara otomatis website tersebut sudah bisa diakses secara online dan oleh banyak orang sekaligus.

Akan tetapi untuk mempermudah diakses oleh orang lain anda harus mempunyai Domain untuk mentraslite atau membuat alamat IP dari website anda menjadi sebuah nama yang mudah diingat dan unik.

2. Mengembangkan Website anda

Dengan anda mempunyai sebuah hosting maka website anda sudah bisa diakses oleh banyak orang dan bisa dimanfaatkan menjadi sebuah usaha seperti membuat toko online atau yang sering disebut dengan ecommerce anda harus menggunakan hosting agas setiap infomasi yang anda buat dapat terindeks dan dibaca oleh mesin pencarian. Seperti contoh website toko online anda akan bisa terindeks di mesin pencarian google.

3. Membuat Email gratis

Fungsi ketiga ini merupakan layanan yang tersedia di Hosting yang dimana setiap anda mempunyai sebuah Hosting maka akan otomatis anda bisa membuat sebuah email berdasarkan Hosting anda dan untuk ukuran dari penyimpanan email anda akan menyesuaikan dengan Hosting yang anda beli.

4. Mampu Melindungi Website dengan SSL

Fungsi terakhir merupakan fungsi untuk melindungi website anda dari serangan malware, virus, terindikasi sebagai serangan DDOS atau terkena spam. Oleh karena itu dengan adanya perlindungan yang diberikan oleh Hosting yaitu dengan memasang SSL (Secure Socket Layer) website anda akan menjadi lebih aman dari serangan.

Fungsi Domain

Fungsi Domain adalah nama dari yang berupa alamat yang mudah diingat dan digunakan sebagai menghantarkan anda ke website yang akan anda tuju, atau pada dasarnya fungsi dari Domain sebagai pengalamatan website anda supaya lebih mudah untuk diakses oleh orang lain.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari Hosting dan Domain alangkah lebih baik anda mengerti cara kerjanya juga supaya bisa memahaminya dengan sempurna.

Cara Kerja Web Hosting

Pada saat anda mengakses alamat situs website yang akan anda tuju maka selanjutnya jaringan internet akan mengirimkan sebuah permintaan untuk mengakses kepada server Hosting. Kemudian server Hosting akan merespon dengan mengirimkan kembali data – data dari alamat website yang anda tuju dengan bentuk tulisan dan gambar.

Cara Kerja Domain

Nama Domain adalah bagian penting dari sebuah URL situs website. Cara kerjanya sangat mirip seperti alamat situs website di internet, sama saja seperti dengan alamat rumah fisik anda di dunia nyata. Sebuah website akan memiliki sebuah alamat dikarenakan tertampung pada server yang terhubung ke internet sehingga bisa terakses oleh banyak orang.

Pada kesimpulanya antara Website, Hosting, dan Domain saling berkaitan untuk membuat sebuah website yang utuh dan bisa diakses oleh banyak orang atau online.

Sekian dari pembahasan Pengertian Hosting dan Domain beserta fungsinya semoga bermanfaat bagi yang telah membacanya 🙂

  • Bagikan