https://www.rujukannews.com/

Ini Dia Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Gratis

  • Bagikan
Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace

Ini Dia Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Gratis – Saat ini ada banyak orang yang mulai berjualan di marketplace. Hanya saja, tidak banyak dari mereka dapat meningkatkan penjualan. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Pasalnya, terdapat cara tingkatkan penjualan dengan marketplace gratis.

Nah diaritkel ini rujukannews.com akan membeberkan beberapa tips untuk meningkatkan penjualan di Marketplace secara gratis.

Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Gratis

Jika anda sangat ingin meningkatkan penjualan anda wajib mencoba marketplace sebagai media promosi produk anda, karena sekarang ini sudah tersedia beragam marketplace yang bisa digunakan untuk promosi Produk.

Contohnya saja seperti Shopee, tokopedia, bukalapak dan lainnya. Nah marketplace ini juga ada segmen pasarnya, misalkan anda ingin menjual produk baru mungkin marketplace yang kami sebutkan sebelumnya adalah pilihan terbaik. Namun jika ingin menjual barang bekas, anda bisa mencoba marketplace seperti jualo, ataupun Olx.

Nah berikut ini tips yang kami rangkum agar penjualan anda bisa meningkat.

Baca Juga -   5 Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

1. Pahami Pelanggan Anda

Pada dasarnya, pelanggan merupakan yang utama. Terutama saat anda berjualan, tujuannya adalah menarik minat banyak pelanggan. Tanpa kecuali ketika anda menjadikan usaha berjualan di marketplace tersebut sebagai sampingan, akan tetapi tetap penting untuk memahami pelanggan.

Saat ini sendiri umumnya terdapat dua tipe pembeli yang tersedia di marketplace tersebut. Tidak lain yakni pembeli yang peduli harga serta pembeli yang tidak peduli harga. Dengan memahami pelanggan, tentu akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya ketika ada produk yang sama dijual di marketplace yang sama, untuk dapat menarik minat pelanggan, anda bisa memberikan penawaran harga yang jauh lebih murah, atau anda bisa menggunakan teknik marketing yang lebih bagus, seperti menggunakan banner yang menarik maupun penulisan iklan yang mumpuni.

Selain itu, anda juga bisa menarik minat calon pelanggan dengan cara memberikan harga yang jauh lebih murah, atau kupon diskon kepada pelanggan baru anda.

2. Perhatikan Produk Anda

Produk merupakan hal yang sangat sensitif untuk diperhatikan, sekalipun bisnis yang anda kerjaakan adalah bisnis kecil, memperhatikan produk tetap menjadi  yang utama. Tidak banyak yang menyadari bahwa cara penjual melakukan upload produk umumnya akan berpengaruh pada ketertarikan pembeli.

Baca Juga -   4 Langkah Menghasilkan Uang Dari Situs Berita

Apakah ia akan membelinya pada saat itu juga atau justru beralih ke toko yang lainnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara dalam mengupload setiap foto produknya. Tidak hanya itu, pastikan untuk tidak copy paste deskripsi produk dengan milik orang lain. Disisi lain, berikan pula hal menarik yang membuat pelanggan tertarik seperti promo atau diskon.

3. Tulis Deskripsi Produk Dengan Lengkap

Tahukah Anda, bahwa informasi yang lengkap sangat diperlukan oleh calon saat pelanggan anda mencari sebuah produk. Itulah mengapa keberadaannya dapat menjadi penentu apakah nantinya pelanggan jadi membeli produk atau justru tidak tertarik sama sekali.

Umumnya, setiap marketplace saat ini sendiri memberikan kebebasan kepada penjual dalam mendeskripsikan produk mereka. Oleh sebab itu, agar dapat memberikan banyak informasi kepada pembeli, pastikan menulis deskripsi dengan lengkap.

Misalnya anda menjual pakaian seperti kaos, ketika anda ingin upload produk tersebut ke marketplace, pastikan anda sudah menuliskan deskripsi dengan lengkap, seperti ukuran yang tersedia, warna, dan bahan yang digunakan. Dan kalau bisa isi juga alamat pengirim anda, agar calon pelanggan anda lebih yakin untuk membeli produk tersebut di toko anda.

Baca Juga -   Pengertian, Contoh dan Manfaat Payment Gateway

4. Jadilah CS Yang Ramah

Nah ini jarang sekali diperhatikan oleh pelaku bisnis di marketplace, maksudnya jadi CS yang ramah adalah ketika ada calon pelanggan yang menanyakan produk, maka anda harus meresponnya denagn bahasa yang sopan dan baik.

Contohnya misalkan calon pelanggan menanyakan “apakah produk ini ada”, maka anda meresponnya dengan baik seperti “ada kak, stock ready dan siap kirim ke seluruh Indonesia, bisa juga cod atau bayar ditempat”.

Nah usahakan menggunakan bahasa yang enak didengar, sekalipun memang terkadang calon pelanggan itu ada yang semena-mena, tapi jangan hiraukan hal tersebut.

Penutup

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan penjualan dengan marketplace secara gratis. Beberapa cara tersebut bisa Anda terapkan semuanya agar dapat meningkatkan penjualan. Dengan penjualan yang meningkat, tentu penghasilan juga akan bertambah.

Selain itu jangan pernah bosan untuk menambah ilmu marketing, karena sosial media itu selalu berkembang, dan algoritmanya juga akan berubah, sehingga ilmu yang kita pelajari hari ini bisa jadi tidak akan berguna ketika dipraktikan beberapa bulan kedepan.

  • Bagikan