https://www.rujukannews.com/

Tips Menjadi Youtuber Pemula Low Budget

  • Bagikan
Tips Menjadi Youtuber Pemula Low Budget

Ternyata untuk mendapatkan cuan dari platform youtube itu tidak harus memiliki 1000 subscriber ataupun 4000 jam tayang publik.

Bahkan tanpa harus dimonetisasi google adsense kita bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah dari youtube lho. Tentunya ada cara rahasia yang harus dilakukan.

Tapi anda tenang saja, karena rujukannews.com akan memberikan tips tersebut agar anda bisa menghasilkan uang dari youtube sebelum dimonetisasi.

Sebelumnya kenali nama saya Bima Saputra, penulis aktif di website ini dan sekaligus seorang youtuber pemula yang bisa ngasilin uang jutaan rupiah tanpa monetisasi sebelumnya.

Ya jadi diartikel ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika memulai youtube, yang kurang dari 1 bulan sudah bisa menghasilkan cuan.

Tips Menjadi Youtuber Pemula Low Budget

Sebelum saya cerita, anda bisa lihat channel saya terlebih dahulu di youtube.com/c/bimasaputra7, disana saya membahas seputar aplikasi yang bisa menghasilkan uang dari Internet.

Nah langsung saja kita bahas mengenai tips menjadi youtuber pemula

1. Tidak Harus Punya Kamera Bagus

Saya sendiri memulai membuat video youtube tanpa modal kamera, karena memang konten yang saya bahas adalah review aplikasi. Jadi cukup bermodalkan HP saja sudah bisa membuat beberapa video.

Baca Juga -   4 Cara Meningkatkan Kualitas Ibadah

Nah jadi cara yang saya lakukan adalah, pertama mencoba aplikasi yang dirumorkan bisa menghasilkan uang, setelah saya coba beberapa saat dan kalau memang terbukti membayar saya buatkan video review aplikasinya.

Caranya juga tidak terlalu ribet, cukup rekam layar HP sambil membuka aplikasinya lalu jelaskan kepada penonton channel youtube kita.

Nah cara ini saya lakukan selama 1 bulan penuh.

Memang awal-awal view tidak seberapa, dan belum bisa menghasilkan uang. Tapi setelah sebulan berlalu tiba-tiba saja view naik drastis dan passive income mulai berdatangan. Bahkan sempat juga ditawari endorse dari aplikasi Likeit lite.

Kok bisa sih dapat uang dari aplikasi?

Jadi disetiap video review yang saya buat, saya selalu menyertakan link refferal di deskripsi box video tersebut, dan setiap ada orang yang download aplikasi lewat link tersebut saya akan mendapatkan komisi dari pihak aplikasi tersebut.

Nah karena videonya setiap saat ada yang nonton, pastinya ada saja orang yang tertarik download dari link refferal saya. Maka secara otoamtis saya mendapatkan komisi dari situ.

Bahkan hingga saat ini alhamdulillah ada saja yang download aplikasi yang saya review lewat link refferal saya, contohnya aplikasi neo+. Dimana menjadi penyumbang passive income terbesar untuk saat ini.

2. Ngedit Tidak Harus Pakai Laptop atau Komputer

Hal menarik lainnya adalah saya tidak menggunakan laptop atau komputer untuk mengedit video rekaman saya. Tetapi bermodalkan hp saja.

Baca Juga -   6 Tips Meningkatkan Kualitas Diri

Jadi setiap selesai rekaman saya langsung proses edit beberapa menit, karena tidak perlu isi efek-efek yang ramai jadinya lebih cepat selesai.

Untuk aplikasi yang saya gunakan adalah Inshot, cara pakainya tinggal cut-cut saja, dan sesuaikan dengan rekaman suara kita. Dan setelah itu ekspor ke gallery deh.

3. Membuat Thumbnail Yang Menarik

Selain judul video yang bagus, anda harus membuat thumbnail atau cover yang menarik juga. Untuk membuatnya anda bisa gunakan aplikasi Canva.

Canva ini merupakan editor gambar secara online, bisa untuk membuat banner, iklan, slide presentasi, dan keperluan konten sosial media. Tinggal pilih saja dipencarian banner youtube, maka akan disediakan beragam template yang siap digunakan.

Selain menggunakan Canva anda bisa juga menggunakan aplikasi photoshop, tapi harus menggunakan laptop atau komputer. Sedangkan Canva bisa digunakan lewat HP saja.

4. Upload Video Jangan Pakai Kuota

Nah kalau saya saat selesai ngedit video tidak langsung saya upload, tapi saya cari sumber wifi yang bagus, dan kebetulan dekat rumah saya ada wifi korner yang 5rbnya bisa dapat 12 jam.

Jadi cara ini akan menghemat kita, karena saat upload video ke youtube itu lumayan besar dan kalau pakau kuota sendiri pasti akan sangat boros. Aplaagi kalau belum menghasilkan uang.

Jadi saya sarankan anda gunakan cara ini saja.

5. Tentukan Niche atau Topik

Kalau disuruh menentukan Niche memang agak susah, karena pasti akan bingung sendiri. Maka dari itu saya punya saran agar anda tidak bingung.

Baca Juga -   Kiat-Kiat Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

Anda bisa membuat topik video untuk youtube anda sesuai dengan minat dan bakat anda. Misalnya anda seorang gamer anda bisa membuat video tentang game yang anda mainkan.

Atau anda seorang yang suka ekpos kehidupan sehari-hari, anda bisa jadi seorang vlogger.

Modal Youtuber Low Budget Berapa?

Nah kalau dilihat dari kasus yang saya alami ini, bisa dibilang sangat minim modal, bahkan hampir tidak ada. Karena perangkat yang saya gunakan hanyalah HP, baik untuk rekaman, nyari ide, hingga editing.

Paling modalnya itu cuma koneksi internet saja untuk rekaman dan upload ke youtube. Sisanya free.

Tapi mungkin akan berbeda jika anda memilih menjadi seorang youtuber yang membahas topik lain, dan ada keperluan untuk melihatkan wajah. Mungkin anda akan membutuhkan microphone youtuber anda.

Mulai Saja Dulu, Pasti Ada Hasilnya

yt
statistik channel pribadi saya

Saya sendiri tidak banyak pikir mau mulai atau tidak, karena saya takut kalau kebanyakan mikir malah gak mulai-mulai. Jadi saya putuskan untuk mulai saja dulu, nanti pasti akan ada hasilnya.

Dan ternyata memang benar, per hari ini (05/10/2021) channel youtube saya sudah memiliki 900 subscriber dan menjadi penyumbang passive income yang lumayan untuk jajan.

Kesimpulan

Nah pada intinya jangan takut untuk memulai, coba saja dulu, nanti pasti akan ketemu dengan kualitas diri kita, dan zona nyaman di lingkungan perkontenan youtube ini.

  • Bagikan