https://www.rujukannews.com/

Pengertian LAN, MAN, WAN, dan PAN dan Fungsinya

  • Bagikan
pengertian lan

Apakah anda sering menggunakan perangkat komputer? Jika sering maka anda sudah tidak asing dengan yang namanya LAN atau kabel LAN yang biasanya digunakan oleh pengguna perangkat komputer sebagai koneksi internet berbasis jaringan kabel.

Namun apakah anda mengetahui bahwa LAN memiliki arti yang lain dan memiliki teman-temanya seperti MAN, WAN, dan PAN.

Apa keuntungan anda mengetahui apa itu LAN, MAN, WAN, dan PAN tentu saja ada selain untuk mempelajarinya juga bisa saja anda ingin mengetahui ap aitu LAN, MAN, WAN, dan PAN sebagai bahan pembelajaran anda di sekolah.

Selain itu dengan mengetahui ap aitu LAN, MAN, WAN, dan PAN beserta fungsinya anda dapat menentukan jaringan apa yang tepat untuk dipakai di daerah anda dan sesuai kebutuhan anda.

Dengan mengetahui LAN, MAN, WAN, dan PAN anda dapat membuat pekerjaan dalam membuat jaringan maupun menentukan jaringan yang tepat untuk anda bangun dapat menjadi lebih efisien dan tidak menghamburkan sumberdaya yang anda punya untuk membangunya dan anda juga dapat membuat rencana yang tepat untuk pembangunan jaringan anda.

Pada dasarnya LAN, MAN, WAN, dan PAN merupakan jenis-jenis rancang jaringan yang dikelompokan berdasarkan kelompoknya dan tatanan serta lokasinya masing-masing. Untuk itu mari kita bahan satu demi satu dari LAN, MAN, WAN, dan PAN dengan lengkap agar anda bisa memahaminya dengan seksama.

Baca Juga -   Pengertian Hosting dan Domain beserta fungsinya dan cara kerjanya

Pengertian LAN, MAN, WAN, dan PAN dan Fungsinya

Yang pertama mari kita bahas mengenai apa itu LAN, MAN, WAN, dan PAN dengan penjelasannya dan fungsinya.

Pengertian LAN

LAN memiliki kepanjangan Local Area Network. Untuk memahami ap aitu LAN mari kita bahas sebagai berikut.

Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang kecil atau tidak begitu luas. Untuk jaringan ini bisanya terdapat pada jaringan internet dalam satu ruangan, satu sekolah, satu gedung atau pada intinya jaringan ini hanya terdapat pada satu tempat saja.

Jadi, Jenis jaringan ini bisanya anda temui pada perkantoran yang satu tempat sehingga sangat cocok untuk menggunakan jaringan LAN ini.

Sebab jaringan ini hanya bisa menghubungkan antara satu computer kepada computer lainya yang jarak antar komputernya tidak begitu jauh. Sebagai contoh jaringan pada satu LAB Komputer yang di dalamnya terdapat beberapa Komputer maka jaringan internet yang tepat digunakan adalah LAN.

Fungsi LAN

Jaringan LAN memiliki beberapa fungsi utama yaitu :

  1. Menghubungkan jaringan internet dengan cakupan jaringan yang tidak begitu luas.
  2. Memudahkan setiap perangkat terkoneksi.
  3. Memudahkan tersalurnya informasi antar perangkat.
  4. Membantu mengimplementasikan system informasi manajamen.
  5. Membuat jaringan yang lebih aman.

Pengertian MAN

Jenis jaringan selanjutnya adalah MAN atau Metropolitan Area Network yang dimana dari segi cakupan wilayahnya bisa lebih luas sari LAN.

Baca Juga -   3 Batasan Aurat Wanita Dalam Islam

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan yang mencakup jaringan yang cukup luas bisa mencakup sampai satu kota yang sama.

Jarak yang dapat dihubungkan oleh jaringan MAN mencakup dari server kepada client antara 5 sampai 50 km. Jaringan MAN ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan antar perusahan pusat terhadap perusahan cabangnya.

Jaringan ini juga biasanya menggunakan perangkat yang lebih konplek seperti adanya server untuk jaringan dan client untuk menerima jaringan dari server

Fungsi MAN

Terdapat beberapa fungsi dapat anda ketahui sebagai berikut :

  1. Membuat atau membangun jaringan yang memiliki server dan client.
  2. Menghubungkan jaringan dari satu kota ke kotalainya.
  3. Membantu efisiensi komunikasi antar kota dan antar perusahan yang berada di kota lain.

 

Pengertian WAN

Jaringan WAN merupakan singkatan dari jaringan Wide Area Network, yang di mana jaringan ini menjadi jenis jaringan yang paling banyak digunakan.

WAN atau Wide Area Network merupakan jenis jaringan yang memiliki cakupan area yang paling luas dari jenis jaringan sebelumnya.

Jaringan ini bisa menghubungkan tidak hanya antar kota saja namun bisa mencakup lintas pulau, lintas negara, dan lintas benua. Jaringan ini pada umunya dibangun menggunakan kabel fiber optik yang ditanam dibawah tanah maupun dibawah laut untuk menghubungkanya.

Fungsi WAN

Dikarenakan cakupan jaringanya yang paling luas jaringan ini memiliki cukup banyak fungsi yang dimana seperti berikut :

  1. Menjadi penghubung antara jenis jaringan LAN dan MAN.
  2. Membuat informasi yang kita dapatkan bisa mencakup paling luas antara benua.
  3. Mempercepat komunikasi antara negara maupun benua.
  4. Menjadikan alat untuk berkomunikasi kemana saja karena mencakup jaringan yang sangat luas.
  5. Memudahkan pekerjaan yang dimana dapat dikerjakan lintas negara.
Baca Juga -   Media Transmisi Kabel dan Nirkabel

 

Pengertian PAN

Jenis jaringan yang terakhir yaitu PAN atau Personal Area Network mungkin jenis jaringan ini menjadi jaringan yang jarang dibahas namun jaringan ini merupakan jaringan paling mudah, sederhana, dan paling banyak digunakan di rumah maupun perkantoran yang anda tempati.

Jenis jaringan PAN (Personal Area Network) merupakan jaringan yang mencakup jarak yang sangat dekat karena dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa jaringan ini digunakan untuk mencakup secara personal yang pada umumnya hanya digunakan untuk menghubungkan antara computer atau perangkat lainya yang sangat berdekatan.

Fungsi PAN

Jaringan PAN ini walaupun memiliki cakupan jaringan yang paling dekat namun tetap memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

  1. Menjadi alat untuk menghubungkan antara Komputer yang saling berdekatan.
  2. Membuat komunikasi antara personal menjadi lebih efisien.

Kesimpulan

Setelah membaca semua pembahan yang kita sampaikan mengenai LAN, MAN, WAN, dan PAN mungkin anda sudah memahami apa itu LAN, MAN, WAN, dan PAN secara penjelasanya beserta fungsi-fungsinya.

Sekian pembahasan yang kami sampaikan semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi anda 😊

  • Bagikan