https://www.rujukannews.com/

Pengertian, Contoh dan Manfaat Payment Gateway

  • Bagikan
Pengertian, Contoh dan Manfaat Payment Gateway

Pernah belanja online tapi bayarnya lewat indomaret? alfamart, atau e-wallet lainnya?. Nah pasti pernah mikir juga kan kenapa orang yang jualan online punya rekening yang selengkap itu.

Nah pertanyaan ini sangat bagus, kami akan menjawabnya.

Sebenarnya pedagang online itu tidak memiliki semua rekening itu, melainkan mereka menggunakan teknologi atau sistem payment gateway untuk memudahkan transaksi tersebut.

Ngomong-ngomong tentang payment gateway, sebenarnya kita sudah sering sekali menggunakannya saat belanja maupun membayar tagihan bulanan.

Mari kita bahas pengertian payment gateway.

Apa itu Payment Gateway

Gerbang Pembayaran (payment gateway dalam bahasa inggris) merupakan suatu sistem pembayaran yang menjembatani antara pedagang dengan pembeli online. Biasanya jika pedagang hanya memiliki rekening BCA dan pembeli memiliki rekening selain BCA maka transaksi tersebut akan dikenakan biaya admin bank sekitar 6,500.

Tentunya tidak semua orang mau membayar 6,5 rb hanya untuk admin saja.

Baca Juga -   Ini Dia Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Gratis

Maka dari itu munculah inovasi ini, dimana pembeli bisa membayar sesuai dengan rekening yang dia miliki tanpa harus takut kehilangan 6,5 rb untuk biaya admin.

Untuk payment gateway sendiri sebenarnya merupakan teknologi yang cukup lama, hanya saja baru ramai dibahas belakangan ini. Karena kemudahannya dalam membantu transaksi digital kita.

 

Manfaat Payment Gateway

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan payment gateway saat transaksi:

Serba Otomatis

Payment gateway menyediakan sistem tracking otomatis dan akan memberikan ID transaksi yang unik untuk tiap-tiap pengguna. Jadi setelah pembeli melakukan pembayaran, maka transaksi tersebut akan otomatis menjadi lunas atau selesai.

Sehingga pedagang tidak perlu repot-repot untuk konfirmasi manual.

Banyak Metode Pembayaran

Seperti yang sudah kami singgung diatas, payment gateway banyak tersedia metode pembayaran baik bank, supermarket maupun ewallet. Jadi akan lebih praktif dan hemat untuk transaksi digital kita.

Dan karena banyaknya metode pembayaran sehingga pelanggan tidak akan kawatir dengan biaya admin transfer beda bank. Karena pelanggan bisa transfer menggunakan rekening bank yang dia miliki.

 Contoh dari Payment Gateway

  1. Tri Pay
  2. iSaku
  3. Rata Pay
  4. Xendit
  5. midtrans
  6. iPaymu
  7. Espay
  8. Finpay
  9. Doku
  10. Nicepay

Nah diatas merupakan beberapa contoh dari payment gateway yang ada di Indonesia, dan sebenarnya masih banyak lagi payment gayeway yang ada diluar sana.

Nah mungkin sekian penjelasan dari kami mengenai pengertian, manfaat dan contoh payment gateway semoga bermanfaat ya.

  • Bagikan