https://www.rujukannews.com/

4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda

  • Bagikan
Tips memaknai kelahiran Rasulullah
Banyak cara untuk memaknai hari kelahiran Rasulullah yang bisa dilakukan generasi muda zaman sekarang, yang sangat mudah dilakukan.

4 Tips Memaknai Kelahiran Rasulullah Bagi Generasi Muda – Banyak cara untuk memaknai hari kelahiran Rasulullah yang bisa dilakukan generasi muda zaman sekarang, yang sangat mudah dilakukan.

Kelahiran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pada 12 Rabiul awal 1443 Hijriah bertepatan pada Tanggal 18 Oktober 2021 M

Kelahiran Rasulullah biasa kita kenal sebagai Maulid nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maulid nabi adalah peringatan hari lahirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai bentuk penghormatan dan sebagai bentuk pengingat kita terhadap Rasulullah  berserta kebesaran dan ketauladanan beliau.

Momentum peringatan-peringatan Maulid Nabi Muhammad juga bisa menjadi penyemangat untuk meningkatkan semangat keislaman kita.

Berikut 4 cara kita agar bisa mengambil manfaat dari adanya maulid nabi.

Perbanyaklah Bersholawat

“Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Surat Al-Ahzab ayat 56).

Sudah jelas terdapat dalam Al’quran bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk senantiasa bersholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Shalawat nabi memiliki  banyak sekali keutamaan bagi yang mengamalkannya. Selain mendapatkan  pahala, shalawat nabi juga dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat orang yang istiqamah mengamalkannya sebagaimana dalam hadits riwayat An-Nasa’i berikut ini:

Artinya, “Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh dosanya, dan mengangkat derajatnya sepuluh tingkatan,” (HR An Nasa’i)

Menjalankan Sunnah Rasulullah

Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah segala sesuatu yang bersumber dari beliau sendiri, baik perbuatan maupun ucapan.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“

Meneladani Akhlak Rasulullah

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al Ahzab: 21)

Melanjutkan perjuangan Rasulullah

Perjuangan Rasulullah harus kita lanjutkan dengan cara menghidupkan majelis-majelis dan menyemarakkan dakwah dan juga syiar islam. Generasi muda lah yang diharapkan mampu melanjutkan perjuangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ulama-ulama untuk terus mengibarkan ajaran Allah Subhanahu wa ta’ala seperti halnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu.

Baca Juga -   5 Larangan Saat Haid Bagi Perempuan Dalam Islam
  • Bagikan