https://www.rujukannews.com/

Pengertian dan Jenis-Jenis Keyboard

  • Bagikan
Pengertian dan Jenis-Jenis Keyboard

Pengertian dan Jenis-Jenis Keyboard – Pada masa sekarang, proses pencatatan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang paling sederhana, seperti mencatat daftar belanja yang dilakukan oleh pemilik warung makan kecil saat hendak pergi ke pasar.

Sampai dengan pencatatan berupa data penting hasil riset, catatan keuangan, dan rencana strategis mendatang yang dilakukan oleh perusahaan besar multinasional.

Pengertian Keyboard

Sekarang hampir semua perusahaan menggunakan laptop atau komputer untuk kebutuhan pencatatan. Tidak hanya itu, mahasiswa, praktisi bahkan penulis menggunakan laptop untuk bekerja.

Salah satu perangkat keras yang digunakan untuk mengimput data-data huruf maupun angka, simbol dan lain-lain pada laptop adalah keyboard. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis keyboard.

Keyboard adalah salah satu perangkat keras atau hardware yang menjadi bagian dari laptop atau komputer. Keyboard sendiri terdiri dari kumpulan angka, huruf dan simbol. Cara untuk menyambungkan keyboard dengan komputer ada yang menggunakan PS2, bisa juga menggunakan USB.

Baca Juga -   Rekomendasi Aplikasi Meeting Online yang Dapat Diakses

Kalau ingin yang lebih praktis, disarankan menggunakan wiraless agar ketersambungan laptop tidak lagi menggunakan kabel. Keyboard berfungsi sebagai alat untuk mengimput data-data berupa rangkaian huruf, angka dan simbol.

Dalam artian, keyboard memiliki peran penting sebagai alat untuk mencatat dengan kapasitas yang hampir tidak tebatas. Baik, berupa catatan akademik, catatan untuk kepentingan profesi, maupun catatan untuk perdagangan.

Selain itu, fungsi keyboard adalah dapat memberi perintah singkat pada komputer. Seperti pengaturan tingkatan cahaya, pengaturan volume audio dan lain lain.

Jenis-Jenis Keyboard

Terdapat berbagai jenis keyboard yang saat ini ada di pasaran. Mulai dari jenis yang paling klasik hingga terbaru. Berikut jenis-jenis keyboard serta karakteristiknya masing-masing:

Keyboard Qwerty

Jenis keyboard Qwerty adalah jenis yang paling populer dan sering digunakan. Nama Qwerty diambil dari enam huruf pertama di bagian sebelah kiri paling atas. Karena paling familiar, banyak pengguna sudah hafal dalam tata letak hurufnya.

Penemu tata letak keyboard Qwerty adalah Cristopher Latham Sholes. Dahulu keyboard jenis ini menjadi standar mesin komersil. Selain menemukan keyboard Qwerty, Cristopher Latham Sholes juga menemukan mesin tik.

Baca Juga -   Pengertian HTML, Fungsi, dan Cara kerjanya

Keyboard Dvorak

Tidak ada perbedaan keyboard Dvorak dengan Qwerty. Hanya saja dari segi peletakan huruf-hurufnya, Keyboard Dvorak ditemukan pada tahun 1933.  Perlu Anda ketahui, Huruf-huruf yang sering digunakan terletak pada bagian sebelah kanan papan keyboard.

Meskipun keyboard Dvorak meletakkan huruf yang sering digunakan di sebelah kanan, tidak menutup kemungkinan jika digunakan untuk mengetik bahasa selain Inggris.

Keyboard Alphabetic

Sesuai dengan namanya, keyboard Alphabetic adalah keyboard yang terdiri dari susunan huruf huruf abjad sesuai dengan urutannya.

Walaupun terdengar menarik, namun pada perkembangannya keyboard jenis ini tidak begitu dapat digunakan. Itu lantaran tingkat efektifitasnya kalah dengan jenis keyboard Qwerty dan Dvorak.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan jenis-jenis keyboard yang berkembang sejak dahulu hingga sekarang.

  • Bagikan