https://www.rujukannews.com/

Virtual Account : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

  • Bagikan
pengertian virtual account

Kegiatan transaksi jual beli memang tidak dapat dihindari oleh manusia yang identik dengan kehidupan sosial. Transaksi tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda beda.

Mulai cara barter antar barang dengan barang, menukarkan dengan mata uang secara langsung dan dengan metode transfer.

Pengertian Virtual Account

Metode transfer umumnya dilakukan jika pihak penjual dan pem+beli yang berada di posisi jauh. Cara ini menjadi bagian kesepakatan saat bertransaksi antara pembeli dan penjual. Agar pembayaran transfer menjadi lebih aman dan mudah, Anda bisa menggunakan virtual account.

Virtual Account atau akun bayangan adalah rangkaian nomor unik untuk setiap transaksi yang berbeda. ID virtual account dibuat sendiri oleh Bank yang bekerjasama dengan perusahaan terkait untuk membuat ID Virtual Account atau Virtual Account Nomber kepada masing masing customer yang berbeda pada setiap transaksi.

Jadi nomer virtual account hanya dapat dipakai sekali saja. Bisa juga nomor virtual account dibuat sendiri oleh customer. Terdapat dua jenis virtual account.

Pertama, fixed virtual account. Yakni, nomor unik dari virtual account ditentukan oleh pelanggan sendiri.

Baca Juga -   Kewajiban Manusia Terhadap Hutan, Sungai, Hewan dan Pohon

Seperti pelanggan yang menggunakan nomor handphone sebagai ID akun virtualnya. Dengan cara ini, pennguna tidak perlu memasukkan nomor yang berbeda pada setiap transaksi yang dilakukan.

Metode ini misalnya dipakai oleh pengguna aplikasi e-wallet.

Adapun jenis yang Kedua yakni non fixed virtual acount. Merupakan nomor virtual account yang ditentukan secara acak dan hanya digunakan satu kali transaksi.

Fungsi Virtual Account

Fungsi pembayaran menggunakan virtual account bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli sekaligus. Bagi penjual, pembayaran virtual account memudahkan untuk rekonsiliasi keuangan. Artinya penjual untuk mengidentifikasi siapa saja pembeli yang telah melakukan pemabayaran secara otomatis.

Adapun fungsi untuk pembeli adalah dengan menggunakan virtual account, ia tidak perlu mengirim bukti pembayaran kepada penjual. Hal ini membuat pembeli cukup dengan melakukan pembayaran dengan satu kali langkah, yakni melakukan transfer saja.

Cara Kerja Virtual Account

Pembayaran menggunakan virtual account tentunya berbeda dengan menggunakan transfer biasa. Jika pembayaran melalui transfer harus mencocokkan no rekening dengan nama pengguna rekening serta melakukan konfirmasi bukti pembayaran, maka menggunakan virtual account cukup memasukkan ID Virutual account saja.

Baca Juga -   Pengertian LAN, MAN, WAN, dan PAN dan Fungsinya

Sederhananya, pihak penjual memberikan nomor virtual account kepada pembeli. Kemudian pembeli memasukkan kode tersebut saat melakukan pembayaran melalui mesin ATM atau Mobile Bangking.

Setelah memasukkan nomor, akan tertulis nominal pembayaran secara otomatis dan bukti transaksi akan tercatat secara otomatis karena setiap nomer virtual account berkaitan dengan setiap pembeli.

Itulah ulasan mengenai virtual account, mulai pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Saat ini, telah banyak perusahaan yang menggunakan layanan virtual account untuk semakin memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.

  • Bagikan