3 Batasan Aurat Wanita Dalam Islam

  • Bagikan
Batasan aurat wanita
Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang batasan aurat wanita.

Batasan Aurat Wanita – Dalam islam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aurat, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan aurat ?

Aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib di tutup dari pandangan orang lain apalagi dari orang yang bukan mahram kita. Menutup aurat wajib hukumnya bagi setiap umat islam apalagi bagi seorang muslimah, sebagaimana dalam Al’quran surah An-nur : 31

Artinya ” Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Perlu kita ketahui bahwa menutup aurat memiliki banyak manfaat, seperti ;

1. Akan terjaga dari pandangan laki laki atau gangguan-gangguan lain,

2. Dapat menutup aib atau kekurangan yang pada tubuh

3. Akan terlindungi dari siksa api neraka

4. Dapat menjaga kesehatan diri

Menutup aurat dengan sempurna juga dapat menjadikan ibadah lebih berkualitas, karena sudah mengikuti perintah Allah yang mana termasuk salah satu bentuk cinta kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca juga 4 Cara Meningkatkan Kualitas Ibadah

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang batasan aurat wanita.

Batasan aurat wanita saat di hadapan mahramnya

Mahram adalah semua orang yang haram untuk dinikahi selamanya karena sebab keturunan, persusuan dan pernikahan dalam syariat Islam. Seorang wanita boleh menampakkan aurat kepada mahramnya seperti yang bisa nampak saat wanita berada didalam rumah, seperti kepala, rambut, leher, lengan, dan kaki nya.

Batasan aurat wanita saat dihadapan orang yang bukan mahramnya

Dalam islam seorang wanita sangat lah dimuliakan dan salah satu tujuan adanya perintah menutup aurat ini adalah untuk menjaga seorang wanita yang di ibaratkan sebaik-baiknya perhiasan didunia.

Menurut para ulama seluruh anggota tubuh wanita adalah aurat yang wajib ditutup kecuali wajah dan juga telapak tangan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Al’quran surah Al-Ahzab : 59

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Batasan aurat wanita saat dihadapan wanita

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak diperbolehkan bagi orang laki-laki melihat aurat laki-laki dan wanita melihat aurat wanita. Dan, tidak boleh seorang laki-laki dengan orang laki-laki lain dalam satu selimut dan wanita dengan wanita lain dalam satu selimut.” (HR Muslim).

Aurat seorang wanita yang wajib ditutupi di depan kaum wanita sama halnya dengan aurat lelaki di depan kaum lelaki lainnya, yaitu daerah antara pusar sampai lutut.

Batasan aurat wanita dengan wanita lain bisa juga sama dengan batasan dihadapan mahramnya, dengan syarat aman dan tidak menimbulkan syahwat bagi yang melihatnya.

Itulah batasan-batasan aurat wanita yang perlu kamu ketahui, dan cobalah untuk mulai mengikuti perintah-perintah Allah agar kamu selamat didunia dan akhirat. Sebagai seorang muslimah kita harus mengerti bahwa Allah memberi aturan itu untuk menjaga dan demi keselamatan kita para wanita.

Baca Juga -   Ketahuilah Cara Mendapatkan Beasiswa KGSP Untuk Kuliah di Korea
  • Bagikan