Ketahui Inilah 5 Manfaat Membaca Al-Quran Jika Istiqomah

  • Bagikan
Manfaat Membaca Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci bagi ummat islam, didalamnya terdapat pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia, tanpa terkecuali. Nah ternyata membaca al-quran itu memberikan manfaat bagi pembacanya, tentunya manfaat yang didaptkan bukan hal yang kecil, melainkan manfaat besar untuk kehidupan.

Manfaat Membaca Al-Quran

1. Hati Merasa Tenang

Tidak dapat dipungkiri lagi, membaca Quran tiap hari akan membuat orang yang membacanya merasa tenang tanpa kekurangan apapun. Itu dikarenakan Al-quran merupakan firman Allah yang terjaga hingga saat ini. Sehingga Allah akan memberikan langsung kepada pembacanya setidaknya ketenangan didalam hatinya.

2. Wajah Bersinar

Alquran itu “Nur”, atau cahaya, setiap ayat yang kita baca akan memberikan cahaya kedalam hati kita sehingga kita akan tidak mudah berbuat dan berucap yang buruk. Selain itu, membaca alquran juga akan memberikan efek wajah berseri/ceria bagi pembacanya.

Baca Juga -   5 Larangan Saat Haid Bagi Perempuan Dalam Islam

Terlebih lagi sampai menghafal dan mengamalkannya.

3. Mendapatkan Pahala

Pahala merupakan “hadiah” untuk seseorang yang mengerjakan perbuatan baik, nah salah satu perbuatan baik adalah membaca alquran. Sekalipun kita tidak lancar membacanya, kita tetap mendapatkan satu kebaikan dari tiap-tiap ayat yang kita baca.

Belum lagi, tiap ayat yang kita baca akan berlipat kebaikan yang didapatkan.

4. Al-Quran Itu Obat

Sifat Al-quran itu Syifa’ (obat), bisa dijadikan sebagai obat hati dan juga obat penyakit lainnya, tentunya kita harus yakin kalau Allah menurunkan quran itu sebagai syifa.

Contoh, surah Al-falaq, bisa digunakan untuk membentengi diri dari sihir dan sejenisnya. Seperti cerita yang sangat populer takala Rasulullah dikirimkan sihir oleh orang kafir, Allah lantas menurunkan surah Al-falaq untuk membentengi diri dari perbuatan jahat tersebut.

5. Sebagai Petunjuk

Ya sifat quran selanjutnya adalah Al-huda yang artinya sebagai petunjuk.

Petunjuk apa? ya tentunya petunjuk untuk menjalani kehidupan di dunia ini dengan baik, dengan syariat yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Baca Juga -   3 Batasan Aurat Wanita Dalam Islam

Mulai dari bangung tidur, hingga tidur lagi semuanya sudah ada tuntunannya di Alquran, dan diperjelas dengan sunnah Rasulullah SAW.

Penutup

Nah itulah setidaknya manfaat yang bisa kita dapatkan jika membaca al-quran, dan tentunya masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan takkala rajin dan istiqomah membaca al-quran tersebut.

  • Bagikan