5 Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

  • Bagikan
Cara mengatasi nyeri haid

Cara mengatasi nyeri haid – Perempuan pada umumnya akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya.

Saat dalam masa menstruasi baik itu pra menstruasi atau pada saat menstruasi kondisi tubuh setiap wanita pastinya berbeda-beda, kebanyakan perempuan mengeluh merasakan nyeri dan sakit saat menstruasi.

Dikutip dari healthline.com, selama menstruasi otot-otot rahim berkontraksi dan rileks untuk membantu meluruhkan lapisan yang menumpuk.

Hal ini ini yang menyebabkan sekitar perut, paha, punggung bawah akan terasa tidak nyaman. Sebagian wanita sering mengalami kram , mual, sakit kepala sampai diare.

Baca juga 5 Larangan Saat Haid Bagi Perempuan

Berikut cara mengatasi nyeri saat haid secara alami

1. Kompres menggunakan air hangat

Kamu bisa menempelkan botol berisi air hangat dan handuk hangat ke bagian perut yang dirasa nyeri atau kram. Hal ini bisa memberikan sensasi hangat dan juga membuatmu lebih rileks.

Baca Juga -   4 Cara Meningkatkan Kualitas Ibadah

2. Perbanyaklah minum air mineral

Mungkin meminum air mineral tidak secara langsung dapat meredakan kram dan nyeri saat haid, tapi dengan banyak mengkonsumsi air mineral dapat meredakan sakit kepala dan mengatasi perut kembung.

3. Olahraga ringan dan bergerak aktif

Kamu bisa olahraga ringan seperti arobik, jalan santai ataupun berlari-lari ringan, olahraga memang tidak secara langsung meredakan kram yang kamu alami tapi dengan olahraga tubuh mu akan memproduksi endorfin yang memiliki peranan membantu mengurangi rasa sakit dan memberikan perasaan positif.

4. Dengan pijatan

Kamu bisa memberi pijitan pada area yang kamu rasa kram atau nyeri, pijit lah secara perlahan-lahan. Kamu juga bisa memberikan minyak pijat atau aromaterapi agar membuatmu menjadi lebih rileks.

5. Konsumsi makanan yang sesuai

Saat haid sebaiknya hindari makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan, hindari makanan berlemak dan fast food.

  • Bagikan