Pengertian dan Kelebihan Cloud Storage

  • Bagikan
Pengertian dan Kelebihan Cloud Storage

Memilih media untuk menyimpan data merupakan tindakan yang harus diperhatikan, karena bisa jadi ketika kita tiba-tiba membutuhkan data penting, malah kita tidak membawa media simpannya, sebut saja harddisk, maupun flash disk.

Nah karena masalah tersebut, kini hadir solusi yang bisa digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan Cloud storage,.

Pada artikel ini rujukannews.com akan membahas mengenai apa itu cloud storage, dan kelebihannya.

Pengertian Cloud Storage

Cloud storage atau penyimpanan cloud adalah media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data penting seperti teks, dokumen, foto, video, maupaun lainnya yang bisa diakses melalui Internet. Bisa dikatakan Cloud storage ini merupakan server hosting yang digunakan untuk penyimpanan data di Internet.

Nah karena penyimpanannya di Internet, jadi kita tidak akan kawatir ketika mendadak membutuhkan file tertentu, karena file terebut bisa kita dapatkan melalui penyimpanan cloud tersebut. Tentunya untuk dapat mengaksesnya kita membutuhkan jaringan Internet.

Baca Juga -   Syarat BLT BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Memeriksanya Via Online

Kelebihan Menggunakan Cloud Storage

Ternyata penggunaan cloud storage itu sangat banyak sekali kelebihannya dibandingkan dengan media penyimpanan seperti harddisk maupun flasdisk. Berikut ini kelebihan menggunakan cloud storage:

1. Bisa Diakses Dimana dan Kapan Saja

Seperti penjelasan diatas, karena cloud storage ini menggunakan teknologi Internet, jadi file yang kita simpan disana akan bisa diakses dimana saja dan kapan saja, asalkan kita masih terhubung dengan jaringan Internet.

Selain itu, cloud storage juga memudahkan kita untuk berbagi file sesama pengguna komputer, teman kantor, teman sekolah, maupun lainnya.

2. Mudah di Akses

Biasanya penyimpanan cloud itu menggunakan teknologi SSD, jadi ketika anda ingin mengakses file anda, kemungkinan besar akan lebih cepat diaksesnya karena sudah menggunakan teknologi SSD. Selain itu, anda hanya perlu membuka browser saja untuk mencari file yang anda butuhkan di server cloud anda.

3. File Sharing

Misalnya ni sebagai contoh, kita sedang mengerjakan tugas kelompok dan teman kita berada diluar kota, kita bisa memanfaatkan penyimpanan cloud ini untuk berbagi tugas dengan mudah, contohnya itu seperti menggunakan Google Drive.

Baca Juga -   Bagaimana Cara Membuat Video Media Sosial untuk Bisnis Anda?

Dan tentunya proses ini sangat aman.

Penutup

Nah demikianlah penjelasan mengenai pengertian cloud storage dan serangkaian kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi cloud ini sebagai media penyimpanan. Semoga dapat bermanfaat ya.

  • Bagikan