Bagaimana Cara Membuat Video Media Sosial untuk Bisnis Anda?

  • Bagikan
Invideo
https://www.freepik.com/free-photo/tennis-techiques-video-tutorial-watching-concept_3222448.htm#page=1&query=Videos&position=12&from_view=search

Media sosial telah sepenuhnya mengubah cara kita terhubung dengan orang lain. Dalam hal produksi konten, video bisa dibilang lebih populer daripada format media lainnya. Tentu saja, mereka telah ada untuk sementara waktu, tetapi tingkat adopsi konten video baru-baru ini meningkat secara eksponensial. Menurut Statista, pasar Periklanan Media Sosial adalah salah satu industri periklanan terbesar dalam pemasaran digital. Selain itu, diperkirakan mencapai US$153,7 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh lebih lanjut sebesar 10 miliar USD pada tahun 2025.

 

Orang-orang ingin mengenal Anda dan bisnis Anda lebih baik dengan menonton video Anda di media sosial. Peningkatan preferensi penonton terhadap video ini menuntut pelaku bisnis untuk membuat video media sosial yang dapat menarik calon pelanggan.

Lima langkah untuk membuat video media sosial yang bagus untuk bisnis Anda

Lanskap bisnis saat ini sangat kompetitif, di mana membuat bisnis Anda diperhatikan di Internet, khususnya media sosial, sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Menurut 

 

Andrew Delaney, Manajer Pemasaran Media Sosial di HubSpot, “Sangat penting untuk berada di tempat audiens pelanggan potensial Anda hari ini, dan di mana mereka mungkin berada besok. Lebih baik berada di depan kurva daripada di belakang.”

Namun, membuat video yang efektif dapat menjadi tantangan bagi banyak usaha kecil hingga menengah tanpa keahlian pemasaran dan dukungan produksi. Posting ini memberi Anda beberapa tips yang telah terbukti dan lima langkah sederhana untuk menghasilkan video media sosial yang sangat baik secara efisien.

Jadi mari kita mulai!

 

Baca Juga -   Menarik! Ternyata ini 5 Merk Velg Motor Terbaik

Langkah 1: Mulailah dengan ide konten

Akan lebih baik jika Anda memiliki strategi untuk membuat konten. Tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan ide. Bahkan jika Anda tidak tertarik untuk membuat video, tetap penting untuk memiliki rencana yang baik. Pertama, ada baiknya jika Anda memiliki gagasan tentang jenis video yang ingin Anda buat dan gambaran kasar tentang bagaimana Anda ingin membuatnya. Kemudian, dengan rencana yang baik, Anda harus membuat video yang sesuai untuk saluran sosial Anda.

Jika Anda ingin membuat video untuk saluran media sosial Anda, berikut adalah empat hal yang perlu diingat saat menyusun strategi konten video Anda:

  1. Identifikasi audiens Anda dan susun strategi konten Anda sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.
  2. Pilih platform media sosial yang tepat untuk mengunggah video bisnis Anda.
  3. Buat video bisnis Anda singkat dan jelas. Durasi video harus antara 5-10 menit, meskipun video yang lebih panjang dapat diterima jika memiliki pesan yang kuat atau menampilkan banyak subjek. 
  4. Ikuti tren media sosial terbaru untuk beresonansi dengan audiens Anda.

 

Langkah 2: Rencanakan konten Anda ke depan

Video adalah salah satu alat pemasaran online paling efektif yang tersedia saat ini. Tetapi membuat konten yang bagus tidak selalu mudah. Itulah mengapa penting untuk merencanakan saat membuat video untuk bisnis Anda. 

Video terbaik adalah video yang direncanakan dan dipikirkan dengan baik. Segala sesuatu mulai dari skrip hingga pengeditan hingga musik harus direncanakan. Ini berarti Anda harus memikirkan topik, gaya, ide, visual, dan elemen lain Anda jauh sebelum benar-benar merekam video. Perencanaan juga akan membantu Anda menghindari membuang waktu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting untuk video Anda.

Pembuat video media sosial paling sukses menggunakan pendekatan editorial. Mereka membuat konten selama sebulan penuh, mengintegrasikan semua ide ke dalam video berdurasi 5 menit. Pendekatan ini memungkinkan Anda mencapai keterlibatan yang lebih baik di semua video Anda, terlepas dari topik atau durasinya.

 

Baca Juga -   5 Ide Bisnis Untuk Anak Sekolah

Langkah 3: Rekam video bisnis Anda menggunakan peralatan yang tepat

Ada banyak alasan mengapa Anda harus merekam video bisnis Anda menggunakan peralatan terbaik. Selain meningkatkan hubungan klien Anda, pemasaran video dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan mendominasi persaingan Anda. 

Anda memerlukan kamera, tripod, dan mikrofon untuk membuat video bisnis yang bagus. Kamera DSLR mungkin merupakan pilihan terbaik bagi banyak pemilik usaha kecil. Jenis kamera ini memberikan gambar berkualitas tinggi yang dapat dipotong dan diubah ukurannya agar sesuai dengan tujuan yang berbeda.

Selain itu, tripod akan mencegah Anda kehilangan fokus selama perekaman dan memungkinkan Anda bergerak bebas tanpa khawatir. Terakhir, mikrofon memungkinkan Anda menangkap audio berkualitas tinggi tanpa menambahkan terlalu banyak kebisingan latar belakang.

 

Langkah 4: Edit video Anda menggunakan pembuat video online

Pengeditan sangat penting dalam pembuatan video. Baik Anda ingin membuat video untuk media sosial, blog, atau situs web perusahaan Anda, penting untuk mempelajari cara mengedit video dengan baik.

Selanjutnya, pendekatan pengeditan suara akan membuat Anda lebih dekat dengan tujuan Anda dan membantu Anda memberikan produk akhir berkualitas tinggi. Dan di situlah pembuat video online suka InVideo sangat berguna. Dalam Video membantu membuat dan mengedit video semudah menekan tombol. Lebih-lebih lagi,  online pembuat video juga memungkinkan Anda untuk mengatur ulang klip, menambahkan efek, dan memangkas pengisi. 

Singkatnya, editor memungkinkan Anda untuk menggabungkan klip, menambahkan musik, menambahkan efek, dan mengekspornya langsung ke hard drive Anda. Beberapa editor video paling populer termasuk iMovie, Adobe premier, InVideo, dll.

Kesimpulannya, proses pengeditan dapat membuat frustrasi tanpa editor yang baik, itulah sebabnya sangat penting untuk memilih editor video berkualitas baik seperti InVideo. Ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah pengaturan dan menambahkan fitur baru tanpa membuang waktu Anda untuk tugas pengeditan yang membosankan. 

 

Baca Juga -   Channel Youtube Belum Monetisasi Tapi Sudah ada Iklan

Langkah 5: Bagikan video yang diedit di platform media sosial

Langkah kelima dan terakhir adalah membagikan video yang diedit di platform media sosial yang tepat. Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi begitu luas sehingga menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda tidak lagi opsional.

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menggunakan platform ini untuk berbagi informasi berharga dengan calon pelanggan dan klien. Selain itu, ini sangat baik bagi konsumen karena memberi Anda lebih banyak cara untuk mempelajari produk dan perusahaan sebelum Anda membelinya. 

Namun, mungkin sulit untuk mempersempit platform mana yang tepat untuk Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih platform yang tepat untuk bisnis Anda sesuai dengan target audiens dan format video Anda.

Menyelesaikan

Membuat video adalah cara yang bagus untuk menampilkan produk dan layanan Anda secara menarik. Pemasaran video bukan hanya iseng-iseng, ini adalah masa depan pemasaran. Kemampuan untuk memposting video di YouTube atau Vimeo dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda memerlukan keterampilan khusus. Tetapi dengan sumber daya yang tepat, Anda dapat membuat video yang tidak hanya akan melibatkan pemirsa tetapi juga mengubahnya menjadi pelanggan.

Kami berharap dengan bantuan posting blog ini, Anda sekarang dapat membuat video media sosial yang menarik untuk bisnis Anda. 

 

  • Bagikan