5 Cara Verifikasi Thumbnail YouTube dengan Langkah Mudah

  • Bagikan
cara verifikasi thumbnail youtube
cara verifikasi thumbnail youtube

Ketika menonton video YouTube, terlihat konten-konten tersebut menggunakan berbagai cover depan yang merupakan isi dari konten maupun gambar lain. Itulah yang disebut thumbnail dalam video YouTube. Thumbnail sendiri dapat dibuat otomatis oleh pihak YouTube maupun kustom jika akun telah terverifikasi. Untuk itu, cara verifikasi thumbnail YouTube dibutuhkan agar kustomisasi dapat disetujui pihak YouTube.

Mengapa mengganti thumbnail otomatis dari YouTube harus melakukan verifikasi akun terlebih dahulu? Hal ini disebabkan oleh banyak kreator yang menggunakan kustomisasi thumbnail secara tidak tepat seperti gambar thumbnail yang tidak sesuai dengan konten video. Agar dapat mengganti thumbnail YouTube dengan leluasa, akun YouTube harus segera diverifikasi dengan langkah-langkah di bawah ini:

1. Membuka Channel akun YouTube

Melakukan verifikasi akun agar thumbnail terverifikasi tentunya harus melalui channel YouTube itu sendiri. Untuk itu, masuklah ke mesin pencari dan buka channel YouTube yang ingin diverifikasi. Sebaiknya verifikasi akun ini dilakukan dengan menggunakan PC ataupun laptop. Jika pengguna memakai ponsel, gunakan browser Firefox untuk melakukan langkah ini.

Baca Juga -   5 Ide Bisnis Untuk Anak Sekolah

Tuliskan alamat situs YouTube pada kolom pencarian agar bisa masuk ke menu profil. Pada tahap pertama, ketikkan ID dan kata sandi yang sesuai dengan channel yang digunakan. Jika ID dan kata sandi salah, pengguna harus mengulangnya lagi dan pastikan tidak ada kesalahan.

2. Melakukan Pengaturan pada Menu Profil

Pada laman YouTube Web yang telah terbuka lakukan cara verifikasi thumbnail youtube berikutnya. Yaitu, silakan masuk menu profil dengan menekan icon-nya di ujung kanan atas. Menu profil ini akan menampilkan sub menu lain sesuai kebutuhan.

Tekan menu “creator studio” dan pilihlah menu “channel” yang terdapat pada bar kiri akun YouTube pengguna. Selanjutnya tekan pada menu “verify” yang menunjukkan verifikasi akan dilakukan.

3. Mendapatkan Kode Verifikasi dan Memasukkannya

Cara verifikasi thumbnail YouTube tidak akan berhasil jika sistem YouTube tidak memberikan kode verifikasinya. Untuk mendapatkan kode tersebut, pengguna harus memasukkan negara domisili pada kolom yang muncul. Selain itu, YouTube akan memberikan pilihan cara yang ingin dilalui untuk mendapatkan kode verifikasi. Pengguna bisa memilih pengiriman kode melalui SMS atau via telepon dengan mencentang salah satunya.

Baca Juga -   5 Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Jika cara pengiriman kode telah dipilih, tunggu hingga YouTube menghubungi pengguna untuk memberikan kode verifikasi. Ketikkan kode yang telah didapatkan pada dialog box di laman yang disediakan YouTube. Pastikan kodenya benar lalu tekan “submit” dan tunggu hingga akun terverifikasi.

4. Melakukan Pengaturan pada Video Manager

Setelah melewati tiga tahap tadi, artinya akun YouTube pengguna telah terverifikasi sehingga perubahan thumbnail YouTube dapat dilakukan. Untuk melakukan perubahan, lakukan cara verifikasi thumbnail youtube selanjutnya yaitu, tekan pada menu “continue” dan pilihlah menu “video manager”. Menu ini berisi video-video yang telah diunggah pengguna dan memiliki thumbnail otomatis dari YouTube. Pilihlah satu video yang akan diubah cover depan atau thumbnail-nya.

5. Mengedit Thumbnail Otomatis dengan Kustom

Pada video yang telah dipilih, tekan menu edit yang ada di bagian bawah. Carilah pilihan “custom thumbnail” yang terletak di area gambar thumbnail otomatis dari YouTube. Menu tersebut akan memunculkan jendela dimana pengguna dapat memilih gambar untuk dijadikan thumbnail baru. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai dan akhiri dengan menekan “save change”.

Baca Juga -   Ketahuilah Syarat BLT Prakerja dan Cara Mendaftarnya

Demikian Cara verifikasi thumbnail YouTube melalui verifikasi akun agar thumbnail dapat diganti sesuai keinginan. Untuk memastikan proses yang dilalui benar, pengguna dapat mengecek video yang telah diubah tadi dan pastikan thumbnail-nya telah terganti. Melakukan verifikasi akun adalah kunci agar thumbnail dapat diganti dengan aman dan mudah. Jangan lupa menggunakan jaringan stabil agar verifikasi tidak terhambat.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri Agar Laku Keras

  • Bagikan