Inilah Cara Mematikan Input Touchscreen Hp Android

  • Bagikan
cara mematikan input touchscreen
cara mematikan input touchscreen

Saat ini banyak orang tua yang mengalihkan perhatian anaknya dengan menggunakan Hp Android. Sebab, kebanyakan anak-anak yang belum mengerti pasti suka memencet layar Hp secara sembarang. Untuk mencegah anak-anak memencet hal penting di Hp, orang tua harus mematikan input Touchscreen nya. Berikut cara mematikan input Touchscreen Hp Android:

1. Unduh Aplikasi Touch Lock – Screen Lock

Cara mematikan input touchscreen yang pertama, pengguna harus mengunduh aplikasi yang bernama Touch Lock – Screen Lock. Aplikasi ini bisa ditemukan di Play Store. Cukup buka Play Store, lalu ketikkan Touch Lock – Screen Lock di kotak pencarian setelah itu pencet cari. Setelah ketemu, pencet opsi install lalu tunggu hingga aplikasi terpasang di Hp.

2. Mulai Jalankan Aplikasi

Berikutnya pengguna bisa mulai menjalankan aplikasi, untuk mematikan input Touchscreen Hp Android. Buka aplikasi, lalu pengguna akan mendapatkan notifikasi di atas layar Hp nya. Notifikasi tersebut akan selalu ada, selama aplikasi masih terpasang atau berjalan di latar belakang. Jadi pengguna bisa melakukan pengaturan dari layar utama, tanpa perlu membuka aplikasinya.

Baca Juga -   Begini Cara Mengecek Suhu Laptop Melalui BIOS dan Aplikasi Tambahan

3. Matikan Input Touchscreen Android Secara Otomatis

Untuk cara mematikan Input Touchscreen selanjutnya, pengguna harus memilih lebih dulu aplikasinya. Tidak cuma satu, namun pengguna bisa mematikan Input Touchscreen beberapa aplikasi sekaligus. Setelah memilih aplikasinya, otomatis Input Touchscreen aplikasi tersebut akan mati. Jadi pengguna tidak akan bisa keluar dari aplikasi.

Hal itu sangat cocok untuk anak-anak yang suka penasaran dan mencoba membuka aplikasi lainnya. Jadi misalnya pengguna memilih aplikasi Youtube, maka anak pengguna tidak akan bisa keluar dari aplikasi tersebut.

4. Matikan Input Touchscreen Android Secara Manual

Tidak hanya secara otomatis, namun pengguna juga bisa mematikan Input Touchscreen secara manual. Caranya ialah pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan, lalu pencet opsi TouchLock Off. Input Touchscreen aplikasi pun akan mati, dan tidak bisa dimainkan.

5. Buka Kunci Input Touchscreen dengan Sidik Jari atau Pattern

Pastinya pengguna tidak akan mematikan Input Touchscreen aplikasinya selamanya, lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa menggunakan fitur sidik jari atau Pattern. Fitur ini akan diatur oleh pengguna di dalam aplikasi, sebelum Input Touchscreen dinonaktifkan.

Baca Juga -   Pengertian Intranet, Sejarah dan Manfaat Intranet

Pengguna bisa membuat Pattern atau pola, sesuai kemauannya. Jika tidak mau menggunakan Pattern, maka pengguna bisa menggunakan sidik jari, jadi lebih praktis. Cara mematikan input touchscreen pada tahap ini sangat mudah dipahami, bukan?

6. Manfaat Lain dari Aplikasi Touch Lock – Screen Lock

Tidak cuma menonaktifkan Input Touchscreen, namun aplikasi ini juga bisa melakukan beberapa fitur canggih lain. Fitur canggih tersebut ialah mematikan layar, hanya dengan satu sentuhan saja. Lalu untuk mengaktifkannya lagi, cukup tekan dua kali saja. Jadi lebih praktis, tanpa perlu menekan tombol daya.

Keunggulan lainnya ialah bisa mematikan tombol Home, dan dua tombol di sampingnya. Ketiga tombol itu sering terpencet, dan akhirnya membuat aplikasi yang sedang dimainkan keluar. Cara untuk mematikan tombol itu ialah geser bar notifikasi, lalu pencet ikon yang berada di tengah. Setelah memencet ikon itu, secara otomatis tombol Home dan dua tombol lainnya akan hilang.

Lalu untuk mengembalikannya, cukup tekan ikon yang sama. Sangat gampang bukan? Jadi pengguna tidak akan keluar dari aplikasi secara tiba-tiba, karena memencet tombol Home itu. Anak-anak juga tidak akan bisa keluar dari sebuah aplikasi, jika ketiga tombol ini dimatikan.

Baca Juga -   Cara Mengganti Nomor OVO yang Hilang dengan Mudah

Itulah cara mematikan Input Touchscreen Hp Android. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak usah khawatir saat anak-anak memegang Hp. Pasalnya anak-anak tidak akan bisa keluar atau memencet aplikasi lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Verifikasi Thumbnail YouTube dengan Langkah Mudah

  • Bagikan