Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca dengan Praktis

  • Bagikan
cara memperbaiki hardisk tidak terbaca
cara memperbaiki hardisk tidak terbaca

Hardisk yang tidak terdeteksi dan tidak bisa dibaca pasti merepotkan pemilik komputer yang menyimpan datanya di hardisk tersebut. Apalagi jika data yang disimpan itu tidak ada backup-nya. Maka, untuk mengatasinya, perlu diketahui cara memperbaiki hardisk tidak terbaca dengan beberapa cara mudah. Di bawah ini adalah cara-cara praktis yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hardisk:

1. Menginstal Ulang Driver

Jalan keluar pertama kali sebagai cara memperbaiki hardisk tidak terbaca ialah menginstal ulang driver komputer. Pengguna bisa mengklik tombol start, diikuti klik komputer, klik mouse sebelah kanan dan pilih properties, diikuti klik “device manager” disambung dengan “cek kabel USB” Carilah tanda seru dengan warna kuning dengan tulisan USB Attached SCSI – (UAS) – peralatan penyimpanan massal.

Bila tulisan itu sudah ditemukan klik kanan pada tulisan “device” lalu klik Update Device dilanjutkan dengan Update Driver Software diikuti browse Komputer Saya untuk Driver Perangkat Lunak. Kemudian, klik Let mr pick dari sebuah list dari peralatan driver di komputer saya.

Baca Juga -   Inilah Cara Mematikan Input Touchscreen Hp Android

Check list hanya pada “USB Attached SCSI” di opsi “Tunjukkan compatible hardware ” sesudah itu pilih Next dan instal. Tunggu sampai proses instal ulang selesai.Sesudah proses instal selesai, cabut kabel hardisk eksternal dan restart komputer sebelum kembali disambungkan dengan hardisk eksternal itu.

2. Melakukan Check Disk

Untuk melakukan cara ini pengguna mesti menyambung hardisk internal pada drive hardisk external pada komputer yang yang berfungsi baik. Sesudah tersambung akan muncul pemberitahuan untuk melakukan format, klik NO. Jangan sampai klik YES, sebab jika mengklik YES, seluruh data yang tersimpan di dalam hardisk akan terhapus dan hilang. Sesudah itu klik tombol “Start” lalu pilih My Computer.

Kemudian akan muncul hardisk yang akan dicek, klik kanan, pilih properties,diikuti klik “tools”. Sesudah keluar halaman Windows klik tab Tools, lalu pilih Cek Sekarang di bawah Cek Error. Cek ini bertujuan melakukan cek kekeliruan pada hardisk.

Check list Windows pop-up yang memuat pertanyaan Windows diizinkan memperbaiki error itu atau tidak. Thick opsi Scan for dan coba perbaiki bad sectors, lalu klik Mulai. Jika Windows memberitahu bahwa harddisk tidak terbaca dan mesti diformat, klik NO.

Baca Juga -   Pengertian HTML, Fungsi, dan Cara kerjanya

3. Memakai Command Prompt

Gunakan command prompt sebagai cara memperbaiki hardisk tidak terbaca. Langkahnya klik Start, diikuti dengan Run CMD, ketikkan nama drive yang mengalami kerusakan. Tunggu sampai command prompt keluar, ketik nama hardisk yang rusak, misal hardisk yang rusak ada di drive D, maka ketik D: diikuti Enter.

Bila hardisk tersebut mengalami kerusakan maka akan keluar pemberitahuan bertulis “Sistem Tidak Bisa Menemukan Drive yang Ditentukan”. Ketik “chkdsk” di command prompt. Tunggu sampai proses pendeteksian error rampung yang biasanya lamanya tergantung dari banyak data yang tersimpan di hardisk. Bila ada error, Windows akan segera menawarkan pilihan untuk melakukan perbaikan. Klik Yes untuk memperbaikinya.

4. Menggunakan Software Spinrite

Cara memperbaiki hardisk tidak terbaca internal yang berikutnya ialah memakai bantuan perangkat lunak alias software, salah satunya bernama Spinrite. Pemakaian Spinrite dilakukan dengan langkah berikut: unduh lalu instal dulu apps Spinrite, kemudian pilih Create ISO atau Image File sesudah terinstal. Perlu diperhatikan menu ini hanya bagi pemakai yang memakai CD guna memperbaiki kerusakan hardisk.

Sebelumnya siapkan CD lebih lulu: burning CD (bisa pakai Nero), pilih Install Spinrite on Drive,sesudah itu klik install Bootable Spinrite dan tunggu sampai proses rampung. Restart komputer, masuk ke  BIOS dengan cara menekan tombol Delete kemudian pilih Booting Deces lalu sesuaikan dengan alat yang digunakan tadi (CD). Sesudah itu kembali ke proses booting, diikuti Exit Bios dan save dengan mengklik tombol F10 kemudian klik yes guna menyimpan.

Baca Juga -   5 HP Samsung Untuk Gaming dengan Spek Dewa Terbaik

5. Melakukan Low Level Format

Metode lain sebagai cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca ialah memakai low level format yaitu suatu proses format guna membersihkan data hardisk sampai bersih tak bersisa. Disini seluruh file yang disimpan akan hilang semuanya.

Low Level Format bisa dipakai memakai alat Low Level Format HDD dengan langkah-langkah: mengunduh apps, membuka apps, pilih hardisk eksternal pada daftar dan mengklik continue guna memulai pemformatan.

Demikian beberapa cara memperbaiki hardisk tidak terbaca yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Lakukan dengan hati-hati untuk mengamankan data pada hard disk. Semoga dengan langkah-langkah di atas harddisk dapat kembali terbaca.

Baca Juga: 6 Aplikasi Musik Offline Terbaik untuk Android Masa Kini

  • Bagikan