Cara Memperbaiki File Excel Yang Corrupt Secara Online Paling Simpel

  • Bagikan
cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online
cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online

Mempunyai file excel yang mengalami corrupt merupakan hal yang menyedihkan, terlebih lagi jika file tersebut sedang sangat dibutuhkan. Kecanggihan teknologi saat ini membuat pengguna tidak perlu khawatir lagi jika mengalami file excel corrupt karena segudang cara dapat dilakukan. Berikut adalah cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online paling simpel:

1. Membuka Browser

Pengguna harus membuka browser terlebih dahulu sebagai langkah yang paling awal. Browser yang digunakan pun dapat sesuai dengan selera pengguna. Biasanya apabila melakukannya di laptop atau komputer, maka ada Chrome dan Mozilla Firefox. Tinggal pilih salah satu saja yang paling mudah versi pengguna.

Perlu diingat bahwa untuk dapat mengakses browser ini harus terhubung dengan sinyal internet. Sambungkanlah terlebih dahulu dengan hotspot pribadi atau WiFi yang ada di sekitar rumah. Kualitas sinyal yang baik akan semakin mempercepat proses penanganan file excel yang mengalami corrupt.

Baca Juga -   Rekomendasi Smartphone Gaming 3 Jutaan

2. Ketik Drive

Banyak yang mengira bahwa Drive hanya bisa dilakukan untuk menyimpan file saja. Lebih dari itu, Drive bisa digunakan untuk memperbaiki file excel yang mengalami corrupt. Cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online yang dilakukan adalah dengan masuk ke dalam lamat Drive terlebih dahulu. Klik Drive pada kolom pencarian Google kemudian kemudian klik enter.

Opsi lain untuk membuka Drive adalah dengan membuka titik kecil yang berbentuk kotak pada sebelah pojok kanan. Apabila laptop pengguna sudah login dengan email, maka akan muncul banyak fitur salah satunya adalah Drive. Bentuk dari Drive ini adalah segitiga dengan empat warna berbeda yaitu kuning, hijau, biru, dan merah.

3. Klik Tanda Plus

Pada cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online, pengguna akan digiring pada tampilan awal Drive. Kemudian pada sebelah pojok kiri atas terdapat tombol plus yang besar yang bertuliskan baru. Tanda plus tersebut juga memiliki empat warna berbeda sehingga mudah dikenali. Klik opsi tersebut dan pilih Upload File. Letak dari Upload File ini berada pada urutan kedua sehingga mudah ditemukan.

Baca Juga -   9 Platform Blogging Terbaik dan Gratis yang Wajib Kamu Coba

4. Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt Secara Online dengan Cari File Excel Yang Rusak

Alangkah lebih jika file excel yang rusak tersebut sudah dipersiapkan terlebih dahulu agar ketika dibutuhkan tidak terlalu lama mencarinya. Ketika tanda plus sudah diklik, maka pengguna akan diarahkan ke kolom penyimpanan yang ada di laptop. Ingat-ingatlah dengan baik dimana letak file excel tersebut berada.

Tips yang sebaiknya dilakukan terhadap file yang rusak tersebut adalah membuatkan folder tersendiri dan diberi nama yang mudah diingat. Apabila tips tersebut dilakukan, maka pengguna tidak akan merasa kesulitan untuk mencari letak penyimpanan filenya. File yang sudah ditemukan klik pilih dan jangan lupa klik Open.

5. Tunggu Proses Selesai

File akan diproses selama beberapa menit sehingga harus ditunggu terlebih dahulu. Lama atau tidaknya proses ini tergantung dari dua hal yaitu kekuatan sinyalnya dan juga kapasitas. Apabila sinyalnya baik, maka proses akan semakin cepat. Kapasitas yang kecil juga akan semakin mempercepat proses upload ini. Cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online penting diperhatikan.

Baca Juga -   Rekomendasi Aplikasi Meeting Online yang Dapat Diakses

Proses upload yang sudah selesai harus ditindaklanjuti untuk membuktikan apakah file tersebut sudah bisa dibuka atau belum. Umumnya, jika cara yang dilakukan sudah runtut maka file sudah bisa kembali dibuka. Cara ini pun bisa dilakukan untuk menangani file excel yang corrupt lainnya sehingga banyak file yang tertangani.

Cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online yang telah disajikan di atas sangat membantu sekali untuk memperbaiki file yang rusak dan tidak bisa dibuka. Pahamilah satu persatu caranya dengan baik agar dapat berhasil mengembalikan file yang rusak. Segera lakukan cara tersebut sekarang juga

Baca Juga: Tips Membeli Laptop Bekas Agar Mendapatkan yang Berkualitas

  • Bagikan