5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter Berulang Kali

  • Bagikan
penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter
penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter

Performa dan kesehatan kendaraan semestinya harus sangat diperhatikan, sebab kendala kecil bisa jadi pertanda ada kerusakan atau hal asing pada kendaraan tersebut. Contoh sering terjadi adalah pengguna kebingungan dan mencari penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter berulang kali. Biasanya hal tersebut terjadi sebagai dampak dari kerusakan mesin lain atau bagian tersebut memang sudah rusak.

Berhubungan akan hal itu, kali ini akan dibahas mengenai berbagai penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter dan diharapkan akan membantu ketika kebingungan. Selain itu, penjelasan di bawah ini akan dibahas juga mengenai penanganan yang cocok diberikan. Tidak perlu menunda waktu lebih lama dan simak penjelasannya antara lain:

1. Dinamo Ampere Stater Sudah Tua dan Rusak

Komponen pertama yang harus dicek fungsinya adalah dinamo ampere stater sudah terlalu usang dan rusak sehingga tidak dapat digunakan kembali. Perlu diketahui bahwa fungsi komponen ini adalah untuk mengalirkan listrik ke aki agar kendaraan hidup. Langkah penanganan yang dapat berhasil adalah dengan mengganti dinamo ampere starter yang ada dengan yang baru.

Baca Juga -   Harga Mobil Honda Brio Terbaru Berdasarkan Tipenya di 2021

2. Ada yang Menghambat Aliran Bahan Bakar

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter selanjutnya berkaitan dengan bahan bakar dan setidaknya harus ada agar mobil dapat hidup. Ketika sudah memastikan bahwa bahan bakar masih ada, namun mobil tidak kunjung hidup mungkin aliran bahan bakar ada yang terganggu.

Sebenarnya ada banyak komponen yang membantu mengaliri bahan bakar ke setiap bagian kendaraan seperti filter, tangki bahan bakar, dan sebagainya. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan membawanya ke ahli kemudian mencari penyebabnya.

3. Suhu Koil Terlalu Panas atau Sudah Rusak

Bagian selanjutnya yang menghambat mobil ketika dinyalakan adalah suhu koil yang terlalu panas sehingga tidak berfungsi dengan baik. Hal ini berkaitan dengan fungsinya sebab koil merupakan salah satu perantara antara arus listrik menuju ke aki kendaraan. Oleh karena itu, suhunya akan meningkat secara drastis ketika digunakan terus menerus tanpa istirahat.

Untuk mengembalikan fungsinya, pemilik kendaraan dapat mengistirahatkan terlebih dahulu agar suhu mesin kembali normal. Lebih buruknya, jika koil kendaraan tidak kunjung membaik maka dapat melakukan pengecekan dan penggantian koil di bengkel terpercaya.

Baca Juga -   AC Mobil Bunyi Mendesis? Kenali Penyebab dan Solusinya Berikut Ini

4. Busi Pada Mobil Terlalu Kotor

Siapa yang belum tahu fungsi busi pada kendaraan? Yaitu untuk memantik mesin ketika dilakukan starter pada kendaraan. Berbeda ketika keadaan busi terlalu kotor atau panas, maka proses memantik akan kurang maksimal dan menyebabkan kendaraan tidak bisa hidup. Pasalnya, inilah salah satu penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter

Untuk penanganan, coba cek bagian busi dengan kain atau jari untuk mengecek tebalnya debu serta kotoran yang ada di busi. Pembersihan dapat dilakukan dengan cairan penetran yang khusus untuk membersihkan busi.

5. Kabel yang Terhubung Pada Kunci Kontak Putus

Kemudian ada kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab kendaraan tidak dapat hidup meskipun sudah distarter berulang kali. Perlu juga di cek kondisi kabel apakah ada yang rusak atau putus, meskipun kemungkinan ini cukup kecil untuk terjadi. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan secara mendalam ketika mengetahui beberapa komponen sebelumnya tidak bermasalah.

Itulah hal terakhir yang dapat menjadi penyebab sekaligus menutup penjelasan kali ini mengenai penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter berulang kali. Diharapkan para pemilik mobil juga dapat memahami, menjaga, serta merawat kendaraannya agar dapat memiliki performa terbaik ketika dikendarai. Sekian penjelasan ini dan semoga akan bermanfaat bagi pembaca di kemudian hari.

Baca Juga -   Penyebab dan 3 Cara Memperbaiki Aki Tekor pada Mobil

Baca Juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba

  • Bagikan