3 Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Injeksi dan Ciri Kerusakan

  • Bagikan
cara memperbaiki fuel pump mobil
cara memperbaiki fuel pump mobil

Cara memperbaiki fuel pump mobil sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan, para pemilik kendaraan bisa melakukan pemeriksaan sendiri sebelum membawanya ke bengkel. Fuel pump dalam Bahasa Indonesia disebut pompa bahan bakar merupakan komponen vital pada mobil terutama tipe injeksi.

Karena, pompa ini berfungsi untuk menyalurkan dan menyesuaikan jumlah bensin yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan mesin.  Komponen ini juga berguna untuk menjaga tekanan bensin, sehingga tetap stabil dan cukup tinggi untuk memulai mesin.

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, berikut ini adalah ciri-ciri yang muncul. Jika terjadi kerusakan pada fuel pump mobil. Para pemilik mobil ada baiknya untuk mengenalinya.

Ciri-Ciri Jika Fuel Pump Mobil Rusak

Komponen fuel pump mobil, tentu saja, tidak bisa tiba-tiba begitu saja rusak. Sebelumnya, pasti ada ciri-ciri tertentu yang muncul. Tidak perlu montir profesional, cri-ciri kerusakan pada fuel pump mobil ini juga bisa dikenali oleh orang biasa. Berikut ini adalah daftar dan ulasannya:

1. Suara Pump Menjadi Lemah

Ketika mobil dinyalakan, pasti akan menghasilkan suara menderu. Suara ini berasal dari kinerja pompa bahan bakar yang dinyalakan. Suara yang lantar dari arah tangki kendaraan menandakan komponen pump dapat bekerja dengan baik. Sebaliknya, jika suara mesin menjadi lemah dari biasanya. Hal ini, bisa menjadi awal permulaan rusaknya komponen fuel pump.

2. Mobil Menjadi Susah Dinyalakan

Suara pump yang menjadi lemah biasanya diiringi dengan mobil yang susah dinyalakan. Karena, komponen fuel pump bertanggung jawab untuk memasok bahan bakar. Jadi, ketika komponen ini rusak respon mesin akan berkurang. Semakin rusak komponen, akan semakin sulit dinyalakan.

Cara Perbaikan Fuel Pump Mobil Injeksi

Setelah mengetahui ciri-ciri yang muncul, selanjutnya akan dibahas cara memperbaiki fuel pump mobil injeksi. Ada beberapa langkah perbaikan mudah yang bisa dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Berikut ini adalah pembahasan dari langkah-langkah tersebut.

1. Memeriksa Relay Fuel Pump

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang pertama yang harus diperiksa dari komponen adalah bagian relay. Bagian ini punya fungsi untuk menyalurkan arus listrik agar pompa dapat menyala. Cara perbaikannya diawali dengan melepas relay dari soket. Kemudian cek tahanan yang ada di terminal 3 dan 5.

Untuk terminal ini, nilai standar yang seharusnya muncul di atas 10 0hm. Kemudian lanjut pada terminal 1 dan 2nya, pada pemeriksaan ini hasil standar yang muncul adalah 1 ohm.

2. Mengecek Wiring Harness Fuel Pump

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang kedua yang harus diperiksa dari komponen adalah wiring harness. Bagian ini, bisa dibilang merupakan bagian yang paling wajib untuk dicek, ketika fuel pump mobil mengalami kerusakan. Hal ini, karena bagian ini sering kali menjadi alasan rusaknya fuel pump. Masalah yang umumnya terjadi adalah ada jalur yang mengalami korsleting.

3. Memastikan Tahanan Fuel Pump

Bagian selanjutnya yang harus diperiksa adalah bagian tahanan. Ada kalanya, komponen ini dipasangi oleh tahanan dengan ukuran yang terlalu besar. Akhirnya menyebabkan mesin pompa berjalan lambat. Hasil standar dari pemeriksaan ini adalah 0,2-0,3 ohm pada suhu 20 derajat celcius. Jadi, jika ada perbedaan hasil itu menandakan tahanan harus segera diganti yang baru.

Itulah cara memperbaiki fuel pump mobil beserta penjelasan mengenai ciri-cirinya jika rusak. Tidak ada salahnya bagi para pemilik kendaraan, untuk mengenali ciri fuel pump mobil rusak. Malah jauh lebih baik, jika kerusakan fuel pump diketahui sejak awal. Jadi, para pemilik mobil bisa langsung mengatasinya sebelum kerusakan menjadi semakin parah.

Baca Juga: 5 Universitas Jurusan Fashion Design di Indonesia Terbaik

Baca Juga -   5 Merk Ban Mobil Yang Paling Awet Rekomendasi Terbaik
  • Bagikan