Materi yang Sering Keluar Di SBMPTN Saintek, Yuk Pelajari!

  • Bagikan
materi yang sering keluar di sbmptn
materi yang sering keluar di sbmptn

SBMPTN adalah jalur untuk memasuki PTN dimana seleksinya dilakukan secara nasional. Artinya, semua peserta yang ikut dalam seleksi ini dapat memilih PTN yang ada di Indonesia. Materi yang sering keluar di SBMPTN ini hampir sama dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah. Terlebih untuk materi sainteknya. Apa aja sih materinya? Berikut penjelasannya:

1. Materi Matematika Untuk Jurusan IPA

Pertama, materi yang sering keluar di SBMPTN adalah materi matematika jusan IPA. Namanya Saintek sudah pasti akan membahas ruang lingkup matematika yang ada dijurusan IPA. Ada 5 materi andalan yang keluar di saintek soshum ini diantaranya : materi turunan, materi integral, materi teori peluang, materi trogonometri, dan terakhir materi limit.

Perlu diketahui juga, walaupun begitu peserta juga wajib sekali belajar tentang persamaan kuadrat. Sebab, apabila dihitung, banyak soal yang menggunakan persamaan kuadrat itu muncul 20 kali banyaknya daripada soal tentang fungsi komposisi.

Baca Juga -   5 Jurusan Kuliah Untuk Orang Pendiam Dan Pemalu, Terbaik

2. Materi Fisika

Kedua, materi yang sering keluar dalam SBMPTN saintek ini adalah fisika. Seperti halnya matematika IPA, 5 materi seperti listrik, magnet, materi tentang mekanika I, materi tentang zat, kalor. Selain itu ada juga materi tentang getaran, gelombang dan yang terakhir materi tentang fisika yang modern.

Tidak hanya itu, peserta juga wajib sekali mempelajari tentang mekanika II juga cahaya dan optik. Sebab materi tersebut berpotensi muncul lebih banyak di materi fisika. Beberapa materi lainnya juga sering muncul, akan tetapi biasanya hanya di berikan di tahun tertentu. Akan tetapi, tidak salah juga apabila peserta mempelajari materi lain sebagai senjata jika memang materinya ada dalam ujian SBMPTN nanti.

3. Materi Kimia

Ketiga, materi yang sering keluar di SBMPTN adalah materi kimia. Soal kimia ini terdapat 7 materi yang sering keluar. 3 diantaranya adalah materi larutan, materi stoikiometri, dan terakhir kimia organik. Lalu untuk 4 materi selanjutnya ada materi ikatan kimia, termokimia, elektrokimia dan terakhir ada materi keseimbangan.

Baca Juga -   Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Perlu diketahui juga, selain dalam 7 materi di atas, ada beberapa materi diantaranya yang hanya keluar di tahun pilihan saja. Dan tidak salah juga  mempersiapkan senjata sebelum bertempur di ujian SBMPTN.

4. Materi Biologi

Keempat, materi yang sering keluar di SBMPTN selanjutnya adalah materi tentang biologi. Ada 5 materi yang sering keluar diantaranya adalah tentang sel, jaringan, organ, fungsi alat tubuh manusia. Selain itu ada juga genetika, mutasi, metabolisme dalam sel dan terakhir tentang ekologi.

Selain 5 materi diatas, peserta SBMPTN juga wajib untuk mempelajari materi tentang virus, monera, prostista, fungi, plantae, animalia, dan bioteknologi. Karena sangat berpotensi akan keluar sewaktu-waktu di SBMPTN. Beberapa materi lainnya juga biasanya akan muncul di tahun pilihan saja loh, jadi lebih baik untuk peserta mempelajari semua materi untuk berjaga-jaga di ujian nanti.

5. Materi tentang TPS (Tes Potensi Skolastik)

Terakhir materi yang muncul saat ujian SBMPTN saintek ini adalah materi tentang TPS. Peserta yang mengikuti SBMPTN diwajibkan untuk sering-sering latihan tentang materi ini karena pasti akan keluar setiap tahun dengan soal-soal yang hampir mirip di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga -   Arti Kata COPAS (Copy Paste) Dalam Bahasa Gaul

Materi yang diujikan dalam TPS ini adalah tentang penalaran-penalaran umum, pemahaman akan bacaan dan juga menulis. Selain itu ada juga pengetahuan dan juga pemahaman tentang umum, dan terakhir ada pengetahuan tentang kuantitatif.

Nah, di atas merupakan 5 materi yang sering keluar di SBMPTN saintek yang wajib diketahui. Tidak hanya berbekal materi, sering berlatih dan juga perbanyak doa pastinya akan makin mudah dalam mengerjakan soal-soal di dalamnya nanti.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Agar Untung

  • Bagikan