Ini 5 Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gajinya, Simak!

  • Bagikan
prospek kerja teknik informatika dan gajinya
prospek kerja teknik informatika dan gajinya

Memilih jurusan untuk menekuni dunia perkuliahan tidak bisa dilakukan secara random. Ada banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan agar nantinya tidak menyesal setelah memilih jurusan tersebut. Di zaman modern yang mengedepankan teknologi seperti sekarang membuat jurusan Teknik Informatika diminati banyak orang. Di bawah akan diulas mengenai prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih kuliah di jurusan ini :

1. Front End Developer

Ada banyak yang berasal dari jurusan Teknik Informatika yang memilih berkarir di pekerjaan yang satu ini. Seorang Front End Developer biasanya memiliki tugas untuk merancang program yang nantinya akan digunakan oleh pengguna. Pekerjaan seperti ini memang sangat menjanjikan karena tidak semua orang memiliki kemampuan dalam merancang program dalam web dengan kemampuan khusus.

Bagi yang ingin mendapatkan prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya yang menjanjikan dapat menekuni pekerjaan yang satu ini. Beberapa hal yang biasanya menjadi pekerjaan seorang Front End Developer diantaranya adalah dengan merancang web sesuai kode CSS, Javascrip, dan HTML. Inilah yang menjadi jawaban atas apa prospek kerja teknik informatika dan gajinya di masa depan.

Baca Juga -   Ketahuilah Fasilitas Beasiswa Turki Tanpa TOEFL dan Persyaratannya

Adanya komponen ini nantinya akan tersusun menjadi suatu program seperti website yang dapat diakses pengguna lainnya. Pekerjaan seperti ini memang sangat menjanjikan karena kemampuan dalam merancang program dibutuhkan untuk segala bisnis sehingga pendapatan kotornya berkisar dari 6-10 juta rupiah.

2. Security System

Suatu bisnis pastinya memiliki beberapa hal yang perlu dilindungi untuk menjaga keberlangsungan bisnis itu sendiri. Dalam hal ini biasanya sebuah perusahaan juga membutuhkan keamanan, khususnya dalam bidang teknologi, sehingga dibutuhkanlah seorang Security System untuk menangani hal ini.

Pekerjaan sebagai Security System nantinya berhubungan dengan membuat dan mengawasi sistem keamanan informasi perusahaan. Penghasilan dari pekerjaan ini biasanya dapat mencapai 5-8 juta rupiah. Tidak heran jika prospek kerja teknik informatika dan gajinya banyak dipertanyakan para mahasiswanya.

3. Full Stack Developer

Bagi yang berminat berkarir sebagai Full Stack Developer juga harus memiliki kemampuan dalam bidang teknologi, seperti lulusan Teknik Informatika. Pekerjaan seperti ini ternyata sangat menjanjikan karena seorang Full Stack Developer akan mengelola program dengan sudut pandang front end dan back end. Seseorang yang bekerja di bidang ini juga harus menguasai berbagai kemampuan dalam sistem engineering diantaranya mengenai server maupun database.

Tidak semua orang bisa berkarir di bidang ini karena seorang Full Stack Developer harus memiliki taste yang baik di bidang teknologi. Pekerjaan ini menuntut kreativitas dan inovasi yang harus diimbangi dengan pengalaman untuk menemukan terobosan terbaru. Dengan berbekal kemampuan yang mumpuni nantinya pekerjaan ini dapat menghasilkan 5-13 juta rupiah.

Baca Juga -   Kewajiban Manusia Terhadap Hutan, Sungai, Hewan dan Pohon

4. System Analyst

Kemampuan menganalisa dibutuhkan dalam pekerjaan yang satu ini. System Analis nantinya akan mengelola program yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam suatu bisnis. Pekerjaan ini juga dapat memberikan penghasilan yang besar yaitu berkisar dari 5-8 juta rupiah, tergantung dari bisnis yang dikelola. Tugas yang dilakukan dalam pekerjaan ini nantinya juga berkaitan dengan analsis mengenai sistem yang diterapkan dalam bisnis yang menghubungkan antara customer dan perusahaan.

5. Back End Developer

Pekerjaan sebagai Back End Developer memang sedikit berbeda dengan Front End Developer. Apabila seseorang memilih untuk berkarir di bidang Back End Developer biasanya akan menangani segala hal yang berkaitan dengan tampilan belakang situs diantaranya seperti database, network dan server yang terkoneksi dalam sebuah website. Dalam pekerjaan ini juga dibutuhkan keterampilan dalam pemahaman berbagai sistem sebuah program seperti Javascript, Ruby, Phyton, PHP dan masih banyak lagi.

Bagi lulusan Teknik Informatika yang menekuni pekerjaan ini. Seorang Back End Developer ternyata juga mampu mendapatkan penghasilan besar yang berkisar dari 6-10 juta rupiah. Tak heran ada banyak perusahaan merekrut pegawai untuk posisi ini, khususnya yang memiliki kemampuan seperti lulusan Teknik Informatika.

Baca Juga -   Media Transmisi Kabel dan Nirkabel

Demikian informasi mengenai prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya sebagai referensi dan pertimbangan untuk memilih kuliah di jurusan ini. Teknik Informatika memang sangat cocok untuk mendapatkan peluang kerja yang besar di era modern yang mengedepankan kecanggihan teknologi. Memilih kuliah di jurusan ini juga akan sangat membantu untuk mengasah kemampuan atau skill yang dimiliki khususnya di bidang teknologi sehingga akan berguna saat bekerja nantinya.

Baca Juga: Materi yang Sering Keluar Di SBMPTN Saintek, Yuk Pelajari!

  • Bagikan