Ini 6 Cara Mendapatkan BLT Melalui Rekening BRI, Mudah

  • Bagikan
cara mendapatkan blt melalui rekening bri
cara mendapatkan blt melalui rekening bri

Sebagai wujud perhatian kepada pelaku usaha yang kekurangan modal, pemerintah memberikan bantuan di pandemi ini. Lalu bagaimana agar bisa memperolehnya? Berikut akan dijelaskan cara mendapatkan BLT melalui rekening BRI. Bantuan sosial ini bisa digunakan sebagai modal dan stimulus yang baik untuk kelangsungan usaha karena besarnya mencapai 1,2 juta rupiah.

Hanya saja sejauh ini masih banyak orang yang tidak tahu cara menda[atkan bantuan langsung tersebut, khususnya para pengguna BNI. Nah, bagi yang belum tahu tidak usah bersedih, berikut ini cara yang bisa dijadikan referensi sekaligus panduan:

1. Mengakses Situs OSS

Jika melihat Peraturan Menteri Koperasi dan UKM, yang akan memperoleh bantuan BLT ini adalah para pemilik usaha mikro. Yang mana pemilik tersebut telah diusulkan oleh lembaga yang berhak melakukan pengusulan. Tapi ternyata juga bisa mendaftar sendiri. Yaitu dengan cara online dan melalui smartphone masing-masing.

Baca Juga -   Penasaran dengan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2021? Berikut Kriteria Penerima dan Alur Penyalurannya

Tapi tidak serta merta semua pelaku usaha bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah ini. Sebelumnya harus tahu cara mendapatkan blt melalui rekening bri yang pertama, yakni mengajukan perizinan dan mencari Nomor Induk Berusaha terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengakses situs OSS, yakni sebuah situs untuk bisa memperoleh NIB. Ketikkan alamat oss.go.id dan tekan tombol Search.

2. Mengisi Formulir dari Profil Pengusaha

Setelah berada di laman OCC, cara mendapatkan blt melalui rekening bri yang kedua adalah buatlah akun terlebih dahulu dengan cara mengklik tombol Daftar. Ada dua macam perizinan berusaha yang bisa dipilih. Jika termasuk dalam usaha dengan skala mikro, maka memilih Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro. Sedangkan untuk skala kecil, juga memilih yang sesuai.

Pada tahap berikutnya, para calon penerima BLT akan dibawa ke tampilan baru. Dalam halaman inilah diberikan sebuah formulir yang berisi data dan profil dari pemilik usaha. Pastikan semua kolom diisi dengan benar dan jujur. Jika merasa sudah selesai, bisa menekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

Baca Juga -   3 Rujukan Bisnis di Bidang Fashion Ini Sangat Prospek

3. Isi dan Lengkapi Formulir Data Usaha

Bukan hanya profil dari pemilik, tapi ada juga formulir mengenai data dari usaha yang dijalankan. Terlebih dahulu, klik pada kotak bertuliskan Tambah Usaha. Selanjutnya tinggal melengkapi semua kolom dengan sebenarnya. Ulangi langkah ini jika memiliki usaha yang lebih dari satu bidang. Setelah selesai, tinggal klik Simpan dan lanjut ke proses selanjutnya.

4. Mengisi Formulir Komitmen Prasarana Usaha

Dalam tahapan ini, yang perlu melakukannya adalah para pemilik usaha dengan skala kecil. Proses ini dipakai untuk mengajukan perizinan mengenai lokasi dan lingkungan. Jika sudah, bisa melihat semua rangkumannya pada bagian Preview. Tampilan output tersebut juga bisa dicetak dalam bentuk kode QR. Yang mana informasinya lebih detail.

5. Mendaftar BLT

Jika NIB dan semua perizinan sudah berhasil didapatkan, maka bisa menuju ke cara mendapatkan BLT melalui rekening BRI yang berikutnya. Para pelaku usaha dapat melakukan pengajuan BLT kembali. Pendaftaran ini dilakukan ke badan yang bertugas membidangi koperasi dan usaha dari mikro hingga menengah. Selanjutnya usulan ini akan diteruskan kepada kementerian.

Baca Juga -   Hal Penting dalam Pengajuan BLT UMKM, Wajib Diperhatikan

6. Mencairkan BLT

Untuk melihat apakah tercatat sebagai penerima BLT atau tidak, bisa melakukan pengecekan melalui laman eForm BRI. Caranya yaitu dengan menuliskan NIK dan kode verifikasi. Jika memang benar, maka segera hubungi kantor cabang BRI yang paling dekat dan buatlah jadwal antrian. Uang tersebut akan langsung dikirim ke rekening penerima.

Tapi bagaimana jika tidak memiliki rekening? Tidak usah khawatir. Karena pihak BRI akan membuatkan rekening yang baru. Para penerima juga harus datang langsung ke BRI. Karena di sana akan proses validasi yang perlu untuk dilengkapi.

Demikian penjelasan mengenai cara mendapatkan BLT melalui rekening BRI. Para pelaku usaha harus mendaftar dan mencari izin terlebih dahulu. Pastikan juga untuk mengisi semua data terkait usaha dengan benar.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM Secara Online yang Harus Dipahami

  • Bagikan