Informasi Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai BST dari Kemensos

  • Bagikan
pencarian data penerima bantuan sosial tunai bst
pencarian data penerima bantuan sosial tunai bst

Untuk meningkatkan daya beli dan memutar roda perekonomian, pemerintah memberikan berbagai bantuan dana sosial untuk masyarakat. Sayangnya, tidak semua masyarakat Indonesia dapat menikmati fasilitas ini melainkan hanya orang-orang terdaftar yang telah memenuhi persyaratan saja. Status seseorang menerima bantuan atau tidak dapat diketahui melalui pencarian data penerima bantuan sosial tunai BST untuk kejelasan statusnya.

BST sendiri mulai disalurkan kembali pada Juli 2021 lalu untuk periode Mei dan Juni 2021. Ada berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi agar bantuan bisa didapatkan bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi. Sebenarnya, bantuan yang diluncurkan pemerintah selama Covid-19 bukan hanya BST saja. Pemerintah melalui Kemensos menyalurkan beberapa jenis bantuan untuk membantu perekonomian masyarakat.

Mencari Data Penerima Bansos Tunai Melalui situs Kemensos

Pada masa perpanjangan PPKM, berbagai bantuan kembali disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial. Untuk bantuan sosial dalam bentuk tunai sendiri, targetnya yakni keluarga yang terdaftar pada KPM atau Keluarga Penerima Manfaat. BST ini dimulai pada Januari – April 2021 lalu dilanjutnya pencairannya di bulan Juli.

Baca Juga -   Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

Bantuan Sosial Tunai atau BST yang diberikan pemerintah jumlahnya adalah 300 ribu rupiah per satu bulan. Dana yang cair pada Juli lalu ini merupakan gabungan dari bulan Mei dan Juni sehingga dana yang didapatkan adalah sebesar 600 ribu rupiah. Untuk mengetahui apakah seseorang terdaftar atau tidak, lakukan pencarian data penerima bantuan sosial tunai BST secara rinci:

  • Halaman untuk mengecek bansos dapat diakses melalui situs kemensos.go.id atau copy tautan https://cekbansos.kemensos.go.id ini pada kolom pencarian lalu tekan enter.
  • Di sana, akan ditemui berbagai kolom yang harus diisi mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa atau kelurahan tempat tinggal. Silakan isi data tersebut sesuai yang tertera dalam KTP.
  • Jangan lupa untuk memasukkan nama penerima dan harus benar tulisannya seperti yang tercantum dalam KTP.
  • Terakhir, ketikkan huruf kode seperti yang tertera dalam kotak. Jika huruf terlihat membingungkan, tekan tanda berputar yang bertuliskan “captcha” untuk menampilkan huruf kode baru.
  • Jika sudah, klik pada “cari data” dan sistem akan menginformasikan apakah orang pada data tersebut termasuk penerima manfaat atau tidak.
Baca Juga -   Cara Mendapatkan Bansos dari Pemerintah, Bisa Daftar Melalui Aplikasi

Daftar Bantuan Sosial yang Diluncurkan Pemerintah

Selain Bantuan Sosial Tunai (BST), ada pula berbagai bantuan lain yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Bantuan-bantuan ini memiliki targetnya masing-masing dan tentunya harus sudah terdaftar agar bantuan dapat diterima. Berikut ini beberapa hal mengenai pencarian data penerima bantuan sosial tunai bst yang diluncurkan selama masa PPKM:

1. Kartu Prakerja

Telah berjalan selama beberapa waktu, anggaran untuk Kartu Pekerja ditambah kembali mengingat PPKM masih berlangsung. Anggaran Kartu Prakerja ini ditambah sebesar 1,2 Triliun rupiah dan dialokasikan untuk para pencari kerja. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat mengasah kemampuan sebelum terjun ke dunia kerja.

2. Bantuan Kuota Internet

Mengingat saat masa pandemi mobilitas masyarakat dibatasi, sektor pendidikan pun tidak kalah terkena dampaknya. Karena hal tersebut, para pelajar harus bersekolah secara daring dengan memanfaatkan internet. Agar tidak terlalu terbebani, pemerintah menyalurkan bantuan kouta bagi yang menjalani pembelajaran jarak jauh mulai dari pelajar SD hingga kuliah.

3. Program Kartu Sembako

Sekitar 18,8 juta penerima dalam pencarian data penerima bantuan sosial tunai bst mendapat manfaat dalam KPM menjadi target dari Program Kartu Sembako ini. Pemerintah menyalurkan dana sebesar 200 ribu rupiah per keluarga dalam rangka perlindungan sosial di masa PPKM. Kartu Sembako Baru juga diluncurkan untuk memenuhi usulan daerah bagi 5,9 juta penerima manfaat lain.

Baca Juga -   Cara Kerja Google Adsense di Youtube

Itu tadi beragam bantuan dari pemerintah untuk rakyat dan cara pencarian data penerima bantuan sosial tunai BST yang dapat diakses melalui situs Kementerian Sosial. Pemerintah berupaya agar bantuan-bantuan yang diluncurkan tepat sasaran sehingga manfaatnya dapat dirasakan bagi warga yang membutuhkan. Situs Kemensos juga disediakan agar mudah mengetahui status penerima bantuan.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan BLT UMKM dari Pemerintah Online, Mudah

  • Bagikan