Cara Mendapatkan Bansos dari Pemerintah, Bisa Daftar Melalui Aplikasi

  • Bagikan
cara mendapatkan bansos dari pemerintah
cara mendapatkan bansos dari pemerintah

Cara mendapatkan bansos dari pemerintah biasanya identik dengan cara yang rumit dan berbelit-belit. Karena, penerima manfaat harus mendatangi dinas sosial atau lembaga terkait secara langsung. Belum lagi, adanya birokrasi dan oknum yang mungkin mencegah langkah penerima manfaat yang berhak untuk mendapatkan bantuan sosial.

Namun, persoalan tersebut bisa dikurangi dan diatasi dengan kehadiran aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini, memiliki banyak fitur. Tidak hanya mengecek siapa saja yang menerima bantuan sosial. Fitur ini juga bisa membantu penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial dengan fitur.Berikut ini adalah caranya untuk mendapatkan bantuan sosial dengan pendaftaran melalui aplikasi cek bansos.

1. Mengunduh Aplikasi

Hal pertama perihal cara mendapatkan bansos dari pemerintah tentu saja, para penerima manfaat yang ingin mendaftar harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi cek bansos bisa diunduh di toko aplikasi sesusai dengan sistem operasi smartphone yang digunakan para penerima manfaat. Gunakan kata kunc ‘Aplikasi Cek Bansos’ untuk mencari aplikasinya.

Baca Juga -   Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

Hati-hati dalam memilih aplikasi yang diunduh. Pastikan pengembangnya adalah Kementerian Sosial dan bukan yang lainnya. Karena, banyak pihak iseng yang meniru aplikasi ini sehingga membingungkan penerima manfaat.

2. Melakukan Registrasi

Seperti kebanyakan aplikasi lain, Aplikasi Cek Bansos juga dimulai dengan tahap registrasi. Untuk registrasi ini, penerima manfaat membutuhkan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP. Setelah berhasil registrasi, penerima manfaat akan mendapatkan user ID dan menentukan password. Inilah yang digunakan untuk login pada aplkasi cek bansos kemudian.

3. Memilih Fitur Menu

Setelah mendaftar, fitur lain dalam aplikasi akan muncul. Salah satunya adalah fitur sanggah dan fitur usul. Fitur sanggah digunakan, jika penerima manfaat melihat adanya ketidaktepatan dalam penerimaan bantuan sosial.

Misalnya, bantuan sosial diberikan kepada keluarga yang dikatakan mampu. Untuk mendaftar penerimaan bantuan sosial, yang dimanfaatkan adalah fitur usul yang ada di sebelah fitur sanggah. Ini merupakan cara mendapatkan bansos dari pemerintah yang harus dipahami.

4. Menggunakan Fitur Usul

Cara mendapatkan bansos dari pemerintah melalui aplikasi ini selanjutnya adalah memilih fitur usul. Kemudian akan muncul daftar orang yang bisa penerima manfaat usulkan. Penerima manfaat bisa mengusulkan dirinya sendiri sebagai penerima bantuan sosial. Maupun anggota keluarga sendiri yang ada berada dalam satu KK.

Baca Juga -   Ide Bisnis Untuk Anak SMP yang Menguntungkan, Modal Minim

Bahkan, penerima manfaat juga dapat mengusulkan orang lain yang ada di luar kartu keluarga. Kemudian, akan muncul menu untuk memilih jenis bantuan sosial yang dapat diusulkan. Menu ini hanya bisa muncul jika NIK yang dimasukan sesuai dengan data DTKS.

5. Perhatikan Kembali Data yang Diisi

Jika semua data sudah diisi, ada baiknya untuk memperhatikan kembali data yang sudah diisikan. Apakah sudah benar, atau ada kesalahan dalam penulisan dalam kolom. Karena, data yang diisi harus sesuai dengan data yang sudah dituliskan di register data dukcapil. Jika ditemukan adanya ketidaksesuaian pastinya akan ditolak atau tidak dapat diproses.

6. Tekan Tombol Usulkan

Setelah data sudah dipastikan benar, langkah terkahir adalah penerima manfaat bisa menekan tombol usulkan yang ada di bagian bawah. Untuk pemberitahuan selanjutnya, penerima manfaat harus menunggu data diproses dulu. Hasilnya akan diberitahukan melalui nomor telepon aktif yang penerima manfaat daftarkan ketika registrasi aplikasi.

Jika data yang dimasukkan benar, dan penerima manfaat yang diusulkan memang memenuhi syarat penerimaan. Maka penerima manfaat pasti akan menjadi salah satu orang yang mendapatkan bantuan sosial.

Baca Juga -   7 Cara Promosi Produk Makanan Untuk Meledakkan Omzet Per Bulan

Itulah cara mendapatkan bansos dari pemerintah melalui aplikasi. Sekarang penerima manfaat tidak perlu repot bolak-balik ke dinas sosial untuk memastikan diri sudah terdaftar.

Baca juga: Cara Cek penerima Bansos PKH, Sekarang Bisa Secara Online

  • Bagikan