Cek Bansos Tunai Kemensos Sebesar 300 Ribu Rupiah

  • Bagikan
cek bansos tunai kemensos
cek bansos tunai kemensos

Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan berbagai macam bantuan untuk masyarakat kurang mampu, salah satunya yaitu bantuan sosial. Disebut juga sebagai bansos diharapkan akan mampu membantu keluarga kurang mampu yang terdampak kondisi pandemi. Setiap keluarga perlu melakukan cek bansos tunai Kemensos untuk mengetahui apakah keluarganya terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.

Setidaknya jumlah penerima bantuan sosial yang terdaftar mencapai 10 juta kepala keluarga yang diambil dari data terpadu kesejahteraan sosial. Jumlah bantuan yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat adalah 300 ribu rupiah. Hal ini juga berlangsung selama 4 bulan lamanya, untuk pengecekan data penerima bantuan sosial tunai dari Kemensos dapat menggunakan cara berikut ini:

1. Kunjungi Link Resmi Cek Penerima Bantuan Sosial

Langkah pertama adalah mengunjungi link resmi untuk melihat status mendapat bantuan sosial atau tidak yaitu di web Kemensos. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengetikkan alamat web yaitu cekbansos.kemensos.go.id dan tunggu prosesnya. Pastikan alamat yang diketikkan benar dan jangan sampai tertipu oleh laman web tidak resmi yang mungkin mengandung hoax.

2. Atur Wilayah Sesuai Tempat Tinggal

Selanjutnya atur wilayah pencarian sesuai tempat tinggal dengan memilih Desa, Kecamatan, Kabupaten atau Kota, dan Provinsi. Masukkan tulisan yang ada dalam kolom tersedia sebagai proses verifikasi pengunjung. Akan tetapi, jika tulisan yang ada kurang jelas maka dapat memilih untuk melakukan refresh kata agar terganti dengan yang lain.

Baca Juga -   Cara Mendapatkan Bansos dari Pemerintah, Bisa Daftar Melalui Aplikasi

Setelah itu, klik tombol cari data untuk melanjutkan proses pencarian dan tunggu hingga nama penerima bantuan muncul. Keluarga yang berhak menerima manfaat bantuan sosial dari Kemensos akan tercatat diantara nama-nama tersebut.

3. Masukkan Nama atau NIK dalam Kolom

Kemudian pilih fitur yang disediakan oleh Google yaitu find and search lalu ketikkan nama atau NIK yang dimiliki untuk melihat data. Teliti kembali nama dan NIK yang dimiliki atau lakukan rekaman layar atau screenshot untuk langkah pencocokan selanjutnya. Buka laman kemensos.go.id untuk melihat database penerima bantuan yang disimpan.

4. Cocokkan Biodata dalam KPM dengan Data Kemensos

Nama yang ada di dalam daftar keluarga penerima manfaat atau KPM perlu disesuaikan kembali dengan data yang ada dalam Kemensos. Langkah ini untuk memastikan nama dan tidak tertukar dengan keluarga lain. Setelah benar-benar sesuai, maka sudah dipastikan bahwa keluarga yang terdaftar adalah benar.

5. Gunakan Fitur Usul atau Sanggah untuk Kasus Tertentu

Bagi keluarga yang belum terdaftar atau merasa tidak berhak untuk mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial dapat menggunakan fitur spesial. Terdapat pilihan untuk mengusulkan keluarga atau menyanggah bantuan sesuai keinginan yang akan diproses nantinya.

Baca Juga -   Pahami 5 Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Agar Untung

Untuk penggunaan fitur usul, keluarga dapat mendaftarkan namanya sebagai penerima bantuan dengan memasukkan data yang dibutuhkan. Selain itu, bagi keluarga yang merasa tidak berhak untuk menerima bantuan maka dapat memilih fitur sanggah. Tunggu prosesnya selama beberapa waktu dan ulangi cara cek bansos tunai Kemensos sebelumnya.

6. Segera Lanjut Pendaftaran Di RT RW

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pendaftaran lanjut di RT dan RW setelah mengetahui nama keluarga terdaftar. Langkah ini harus dilakukan sebagai proses verifikasi data langsung bahwa memang keluarga tersebut berhak mendapatkannya.

Tentunya sangat mudah untuk mengecek penerima bantuan sosial yang dapat diikuti pada penjelasan sebelumnya. Demikian informasi yang disampaikan mengenai cek bansos tunai Kemensos yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek data. Selain bantuan sosial, Kementerian Sosial juga menerbitkan beberapa bantuan lainnya untuk membantu anak sekolah hingga pekerja yang terkena PHK.

Baca juga: Cara Daftar BLT 600 Ribu, Mudah dan Syarat-Syaratnya

  • Bagikan