Cara Cek penerima Bansos PKH, Sekarang Bisa Secara Online

  • Bagikan
cek penerima bansos pkh
cek penerima bansos pkh

Program keluarga harapan atau sering kali disingkat PKH adalah program bantuan sosial untuk keluarga yang dianggap kurang mampu. Awalnya untuk cek penerima bansos PKH ini, masing-masing keluarga harus mengecek namanya di dinas atau lembaga tertentu yang mengusulkan bansos PKH. Namun, sekarang ini pengecekan juga bisa dilakukan secara online.

Pengecekan secara onlini ini bisa dicek di data DTKS yang bisa diperiksa di situs Kementerian Sosial khusus bansos. Yaitu pada alamat laman Berikut ini cara cek penerima manfaat bansos secara online. Jika memanfaatkan laman online tersebut.

1. Buka Alamat Situs Kementerian Sosial Khusus Bansos

Cara pertama untuk cek penerima bansos pkh tentu saja, para perima manfaat harus membuka browser dan memasukkan alamatnya pada kolom situs. Kemudian tunggu hingga laman DTKS muncul dan klik pada laman DTKS. Pada laman tersebut, akan ada beberapa kotak teks yang harus penerima manfaat isi.

Baca Juga -   Pahami 5 Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Agar Untung

2. Mengisi Data Provinis, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, sesuai dengan Idenitas Diri

Setelah membuka laman DTKS dari Kemensos, seperti yang dikatakan sebelumnya akan ada beberapa data yang harus diisi. Salah satu data yang paling awal yang harus diisi adalah mengenai alamat. Seputar provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, kota, dan sebagainya.

Untuk mengisi data ini, sesuaikan dengan yang tertera di kartu identitas atau yang tertera di KTP. jIka alamat domisili dan alamat KTP berbeda, pilih alamat yang tertera di KTP. ini merupakan tahap cek penerima bansos pkh yang tidak boleh diabaikan.

3. Mengisi Nama Kepala Keluarga Sesuai Kartu Identitas

Cara cek penerima bansos PKH selanjutnya adalah mengetikan nama kepala keluarga. Nama harus sesuai dengan kartu identitas yang didaftarkan. Jangan khawatir denga penggunaan huruf kapital pada pengetikan.

Karena, mesin pencairan akan lebih fokus pada kalimat yang diketikan daripada huruf yang digunakan. Karena itu, pastikan nama kepala keluarga penerima manfaat sudah dituliskan dengan benar dan lengkap. Jangan sampai ada huruf yang terlewat atau ejaan yang salah.

Baca Juga -   5 Cara Mendapatkan BLT UMKM dari Pemerintah Online, Mudah

4. Mengisi Kode Captcha

Untuk keamanan pencairan, para penerima manfaat yang mengecek penerimaan bansosnya harus mengisi kode captcha. Kode ini akan diperbarui setiap pencairan yang baru, sehingga akan lebih meningkatkan keamanan data dalam pengecekan oleh penerima manfaat. Kode captcha ini terdiri dari 8 huruf kode. Huruf ini dipisahkan dengan spasi pada masing-masing 4 hurufnya.

Jadi, jangan lupa untuk menambahkan spasi setelah mengetikan 4 huruf ya. Selain itu, ada kalanya kode captcha yang diberikan tidak begitu jelas. Mungkin juga terlalu sulit terbaca oleh penerima manfaat yang melakukan pengecekan.

Maka, penerima manfaat bisa menekan tombol re-captcha yang ada di samping kotak dialog. Tombol ini bisa memberikan penerima manfaat kode captcha baru yang lebih terbaca.

5. Klik Tombol Cari

Pastikan sekali lagi jika data yang sudah diisikan sudah benar. Hal ini karena sistem pengecekan bantuan sosial akan bekerja sesuai data yang diisi. Jadi, sistem akan mencari nama penerima manfaat berdasarkan database per daerah. Sesuai dengan wilayah yang sudah dimasukkan, karena itu pastikan pengisiannya sudah benar.

Baca Juga -   Cara Menjadi Agen Pulsa dan Token Listrik Modal Kecil

Jika sudah benar, tekan tombol cari data yang ada disisi kanan captcha. Kemudian, tunggu proses pencairan selesai. Nama penerima manfaat akan muncul di layar, jika memang sudah terdaftar sebagai penerima bansos PKH.

Itulah cara cek penerima bansos PKH secara online. Sekarang penerima manfaat tidak perlu lagi mendatangi dinas atau lembaga lainnya. Semuanya bisa dicek secara online melalui laman DTKS oleh kemensos.

Baca juga: Cek Bansos Tunai Kemensos Sebesar 300 Ribu Rupiah

  • Bagikan