Kiat-Kiat Agar Tidak Merasa Jenuh Saat Belajar

  • Bagikan
Kiat Agar Tidak Jenuh Saat Belajar

Apa itu Belajar? Mengapa Penting?

Secara singkat belajar merupakan suatu proses untuk mencerna dan mempelajari suatu informasi agar dapat dipahami, dimengerti, dan diharapkan nantinya dapat diterapkan secara nyata.

Dengan belajar kita dapat menjadi individu atau pribadi yang lebih baik daripada yang belum apalagi yang tidak pernah belajar sama sekali seumur hidupnya.

Dari awal mula manusia memang telah mengenal apa itu aktivitas belajar dan selama beberapa abad lamanya, aktifivitas belajar telah berevolusi dan menjadi suatu keharusan/kewajiban bagi kita untuk dilakukan agar dapat terus survive (bertahan hidup) serta meningkatkan kapabilitas/kemampuan diri di tengah-tengah persaingan dunia yang dirasa semakin lama semakin kompetitif.

 

By the way pernahkah teman-teman di sini merasa jenuh dan terlalu malas ketika tengah melakukan aktivitas belajar entah itu me-review mata pelajaran ataupun sekedar membuka halaman buku mata pelajaran?

Baca Juga -   Ini Dia Cara Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Gratis

Tenang saja, tidak perlu terlalu merasa cemas dan khawatir akan hal itu, sebab rasa bosan dan jenuh itu adalah sesuatu hal yang lumrah dan umum sekali dijumpai pada sebagian besar individu.

Hal itu wajar mengingat manusia cenderung untuk merasa jenuh dan bosan ketika mengerjakan sesuatu terutama ketika mengerjakan sesuatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang atau terus-menerus (bersifat repetitif) temasuk juga aktivitas atau kegiatan belajar. Rasa bosan dan jenuh inilah yang menjadi salah satu kelemahan (weakness) yang dimiliki oleh manusia.

 

Mari kembali lagi ke pertanyaan awal bagaimana cara untuk mengatasi rasa jenuh saat belajar tadi? Berikut ini adalah beberapa kiat sederhana yang dapat dilakukan oleh-oleh teman untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan teman-teman ketika melakukan aktivitas atau kegiatan belajar.

Kiat Agar Tidak Jenuh Saat Belajar

Menemukan Metode Belajar yang Sesuai

Seringkali disadari atau tidak bahwasannya tiap-tiap individu manusia memiliki metode belajar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Metode belajar pun jenisnya beragam dan bervariasi; ada yang dapat belajar dengan menggunakan alat peraga, mendengar, melihat dan lain-lainnya. Dengan menemukan metode belajar yang tepat dan cocok dengan diri kita hal ini tentu saja dapat menggunakan seluruh potensi belajar yang ada pada diri kita secara maksimal dan tidak setengah-setengah.

Baca Juga -   Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tanpa Beli Baru

 

Mengambil Istirahat Sesekali

Tidak dipungkiri bahwa istirahat adalah salah satu elemen yang tidak kalah penting dalam menunjang proses belajar. Mengambil istirahat sesekali dapat membantu teman-teman sebagai pelajar agar terhindar dari masalah yang dikenal dengan gangguan burnout.

 

Burnout secara sederhana adalah kondisi di mana kita benar-benar merasakan kelelahan dan kepenatan yang benar-benar luarbiasa menekan jiwa maupun pikiran sehingga benar-benar merasakan kesakitan; burnout umumnya dapat terjadi ketika tengah atau setelah melakukan sesuatu hal yang benar-benar melelahkan yang sifatnya berkepanjangan. Selain itu burnout juga dapat terjadi karena tingkat stress yang tinggi yang bersifat jangka panjang (long term).

 

Melakukan Hobi

Hobi adalah segala sesuatu hal yang kita sukai dan senangi yang biasanya dilakukan di kala ada waktu luang maupun di tengah padatnya jadwal. Mengerjakan hobi di tengah padatnya aktivitas belajar juga tidak boleh dilupakan dan sama pentingnya dengan istirahat, Sobat.

 

Melakukan hobi dapat membantu untuk bersantai untuk sejenak waktu dari padatnya aktivitas khususnya juga aktivitas belajar, sehingga teman-teman dapat mengumpulkan kembali daya fokus untuk melakukan aktivitas belajar nantinya agar proses dan hasilnya dapat diraih secara maksimal tentunya.

Baca Juga -   Cara Membuat Artikel Review yang Baik dan Benar

 

Akhir Kata

Nah itu tadi artikel singkat seputar beberapa kiat sederhana yang dapat dilakukan agar teman-teman tidak merasa bosan dan jenuh ketika tengah atau akan melakukan aktivitas belajar. Beberapa kiat tersebut di antaranya menemukan metode belajar terbaik versimu, mengambil istirahat sesekali, dan melakukan hobi. Sekian untuk sekarang dan sampai jumpa di lain kesempatan! Ciao!

  • Bagikan