6 Cara Menabung Emas Batangan, Hasilkan Keuntungan Besar

  • Bagikan
cara menabung emas batangan
cara menabung emas batangan

Emas batangan sering dijadikan sebagai alat tabungan karena nilainya terus naik dan cenderung stabil. Selain itu, menabung emas batangan juga dapat dilakukan dengan nominal yang kecil. Menariknya lagi, emas batangan juga bisa dijadikan sebagai jaminan untuk digadaikan. Tidak perlu khawatir, cara menabung emas batangan sangat mudah,  bahkan bisa diterapkan pemula.

Tabungan emas batangan cocok digunakan untuk berinvestasi karena banyak keuntungan yang didapatkan. Antusias masyarakat untuk menabung emas Batangan juga semakin tinggi karena dijamin aman dan memberikan keuntungan lebih daripada investasi yang lain. Berikut informasi tentang cara berinvestasi atau menabung emas batangan:

1. Langsung Datang ke Toko Emas

Cara menabung emas batangan pertama yang paling mudah dan klasik yang dapat dilakukan untuk menabung emas batangan adalah dengan membeli emas di toko emas terdekat dari tempat tinggal. Jika sudah mempunyai dana yang cukup, datangi toko yang sudah dipercaya banyak orang seperti PT Antam dan Pegadaian

Baca Juga -   Bagaimana Cara Main Saham di Ajaib Investasi? Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya!

Selain itu, jika ingin menabung emas, pilihlah emas batangan bukan emas perhiasan, kecuali jika digunakan untuk menunjang penampilan. Meskipun klasik, namun cara ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari pembeli dapat mengetahui pilihan dan variasi harganya, dapat berkonsultasi tentang emas batangan, dan lain-lain.

2. Simpan Emas di Tempat Aman

Hal yang tidak kalah penting saat menabung emas batangan adalah dengan menyimpannya di tempat aman. Mengingat kondisi sekarang ini rentan terjadi tindakan kriminal. Jika menyimpannya di rumah, simpan di safety box supaya lebih aman.

Namun, jika masih khawatir dapat menyimpan di Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan bank. SDB juga dapat digunakan untuk menyimpan emas, dan sertifikat yang lain. Perlu diketahui, untuk menyimpan emas batangan di SDB akan dibutuhkan biaya lebih.

3. Tabungan Emas untuk Modal Usaha

Sistem gadai merupakan sistem yang masih populer hingga sekarang. Banyak orang yang memiliki emas batangan, jika harganya melambung, maka emas tersebut akan digadaikan dan dijadikan sebagai modal bisnis. Cara menabung emas batangan ini boleh saja dilakukan, namun harus siap dengan segala resiko, jika usahanya bangkrut, maka emas juga ikut lenyap atau berkurang. Sebaliknya, jika bisnis yang dijalankan maju, maka jumlah emas yang dimiliki meningkat.

Baca Juga -   Perbedaan Reksadana dan Deposito dari Berbagai Aspek Investasi

4. Pantau Harga Emas Secara Berkala

Cara menabung emas batangan selanjutnya adalah penabung harus sering memantau harga emas batangan karena meskipun harganya cenderung naik, harga emas juga bisa turun. Harga emas bisa melambung tinggi, sehingga jika memutuskan untuk dijual juga boleh, bahkan, keuntungan yang didapatkan bisa berkali lipat. Namun, tabungan emas batangan merupakan investasi jangka panjang.

5. Membeli Emas Batangan Sistem Arisan

Cara ini sering dilakukan oleh para ibu-ibu yakni sistem arisan. Selain bertujuan untuk bersilaturrahmi, kegiatan ini juga dapat meraup keuntungan finansial. Caranya, arisan dilakukan serentak bersama teman. Jika semua dana sudah tekumpul, maka bisa dibelikan emas batangan dan undiannya dilakukan secara bergilir. Sederhana dan mudah, bukan?

6. Fokus untuk Masa Depan

Menabung memang menghasilkan keuntungan. Namun, untuk melakukannya butuh konsistensi dan kesabaran, khususnya tabungan emas batangan yang biasanya bersifat diatas 5 tahun. Tetap fokus menabung untuk masa depan.

Apalagi menabung bukan dilakukan untuk meraup keuntungan dengan cara instan dan cepat. Cara ini butuh ketekunan, dengan demikian hasil yang didapat berkali lipat. Tertarik menabung emas batangan?

Baca Juga -   Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah, Yuk Coba

Itulah 6 cara menabung emas batangan yang dapat diterapkan dengan mudah oleh pemula. Emas memang menjadi favorit banyak orang karena keuntungan yang didapatkan besar dan harganya cenderung stabil dan naik. Semoga membantu!

Baca juga: 5 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin Terbaik, Harus Punya!

  • Bagikan