Inilah Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji Kecil yang Dapat Diterapkan dengan Mudah

  • Bagikan
cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil
cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil

Memiliki rumah merupakan idaman banyak orang. Namun, banyak orang yang tidak mampu membeli rumah karena harga rumah semakin mahal, sedangkan gaji yang diperoleh kecil. Tidak perlu pesimis, rumah impian bisa dimiliki asalkan mengerti bagaimana cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil.

Sekarang ini rumah impian bisa didapatkan oleh orang berpenghasilan rendah, caranya tentu dengan menabung. Hal ini dilakukan karena harga rumah dari hari ke hari semakin melambung. Berikut cara menabung untuk membeli rumah dengan penghasilan kecil:

1. Susun Rencana Keuangan

Meskipun penghasilan rendah, namun membeli rumah bisa diwujudkan dengan menabung. Adapun cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil yang paling awal adalah dengan membuat rencana keuangan dengan rinci. Rencana dibuat dan anggaran yang diperlukan harus diperhitungkan. Perencanaan yang matang dan perhitungan yang benar dapat membuat orang mengatur keuangannya dengan bijaksana.

Baca Juga -   3 Pilihan Cara Investasi Emas Antam yang Prospek

2. Buka Tabungan di Rekening Khusus

Selanjutnya, untuk memudahkan mengatur keuangan rumah tangga lebih rinci. Maka, buat tabungan khusus untuk membeli rumah. Caranya bisa dengan menyediakan dua rekening berbeda. Misalnya, rekening satu untuk membayar tagihan rutin dan rekening lain dimanfaatkan untuk membayar cicilan rumah.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan fitur autodebet dari bank. Sehingga, uang gajian bisa langsung dialihkan ke rekening tabungan untuk membeli rumah. Cara ini juga efektif untuk menyalahgunakan uang untuk membeli sesuatu yang tidak efisien.

3. Mengikuti Program KPR

KPR memang populer di kalangan masyarakat yang ekonominya pas-pasan untuk memperoleh rumah impian. Program kredit pemilikan rumah yang ditawarkan berupa fasilitas kredit untuk membeli rumah ini memang banyak diikuti bagi kalangan yang tidak mampu membeli rumah secara cash. Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil yang satu ini sangat efektif.

4. Menyisihkan 30 Persen Pendapatan

Menyisihkan 30 persen pendapatan merupakan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil yang dapat mempercepat memperoleh rumah impian. Caranya mudah cukup sisihkan 30 persen pendapatan untuk menabung pada awal bulan setelah gajian. Jangan menyisihkan pendapatan saat akhir bulan karena jumlahnya bisa tidak menentu.

Baca Juga -   5 Jenis Investasi Terpercaya dengan Profit Harian, Pasti Aman!

5. Investasi

Untuk mempercepat impian memiliki rumah, maka usaha yang dilakukan tidak cukup dengan menabung. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memulai investasi. Ada banyak pilihan investasi yang menawarkan nilai nominal yang kecil atau memilih investasi yang minim resiko, misalnya reksadana dan deposito.

Investasi sangat diperlukan selangi menabung untuk membeli rumah karena kondisi finansial tidak menentu dan hal  tidak terduga dapat muncul kapan saja, sehingga investasi dapat digunakan sebagai dana darurat atau cadangan. Dengan cara ini juga menghindari agar uang tabungan beli rumah aman dan tidak diambil untuk kebutuhan lain.

6. Memilih Lokasi dan Cicilan Rumah

Jangan lupa merencanakan untuk memilih lokasi dan cicilan rumah. Bagi orang yang berpenghasilan kecil, sebaiknya memilih lokasi yang tidak jauh dari transportasi publik. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya perjalanan yang cukup menghabiskan uang, jika akses yang tersedia mudah dijangkau. Selain itu, lokasi rumah harus memperhitungan penghasilan dan jumlah pendapatan.

7. Konsisten

Konsisten menabung merupakan kunci keberhasilan membeli rumah dengan penghasilan rendah. Dengan cara ini memang membutuhkan waktu. Namun, dibutuhkan ketekunan dan kontrol yang baik dalam mengatur keuangan, serta mampu menunda membeli sesuatu yang tidak diperlukan. Selain itu, hindari hutang dan cicilan lain karena bisa memberatkan orang yang kondisi ekonominya menengah ke bawah.

Baca Juga -   4 Pilihan Investasi Jangka Menengah Ini Sangat Prospek

Itulah 6 cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil. Tips atau cara ini memang sederhana dan mudah. Namun, langkah kecil ini justru sangat bermanfaat untuk masa depan, termasuk memiliki rumah impian. Cukup dengan menghemat pengeluaran, serta mengontrol pemasukan dan pengeluaran. Semoga membantu!

Baca juga: 5 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin Terbaik, Harus Punya!

  • Bagikan