Simak Ulasan Cara Memblokir Aplikasi di Play Store

  • Bagikan
cara memblokir aplikasi di play store
cara memblokir aplikasi di play store

Sekarang teknologi semakin berkembang dengan cepat bahkan jika mengalami suatu masalah sudah tersedia aplikasi-aplika yang diciptakan untuk membantu. Hanya saja terkadang aplikasi tepat untuk orang yang tepat makanya harus diketahui juga cara memblokir aplikasi di play store.

Tujuannya agar dapat membatasi anak dari aplikasi-aplikasi yang seharusnya tidak diakses oleh anak. Mengingat anak sangat tanggap dengan teknologi maka orang tua harus berhati-hati. Orang tua harus waspada dengan memblokir aplikasi-aplikasi yang tidak cocok untuk anak sesuai dengan usianya. Simak ulasan tentang cara memblokir aplikasi yang ada di play store yaitu :

1. Cari Menu Play Store

Tahap pertama cara memblokir aplikasi di play store adalah dengan mencari aplikasi play store. Aplikasi ini otomatis terinstall di hp saat pertama membeli jadi di semua hp ada play store sehingga menemukannya sangat mudah. Setelah menemukannya langsung klik sampai terbuka dan memunculkan halaman awal play store. Ada titik tiga dibagikan pojok kiri lalu klik agar menampilkan beberapa menu.

Baca Juga -   Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

2. Pilih Menu Setelan

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu setelan dengan cara mengklik titik tiga dibagian pojok kiri. Akan ada muncul beberapa menu seperti beranda, file, buku, kios, akun, tukarkan, wishlist, play protect, setelan, panduan orang tua, tentang Google play dan bantuan. Pilih menu setelan lalu di dalamnya akan terdapat pilihan seperti notifikasi, kontrol orang tua, update aplikasi secara otomatis, hapus histori penelusuran lokal dan lain-lain lalu pilih kontrol orang tua.

3. Hidupkan Kontrol Orang Tua

Selanjutnya cara memblokir aplikasi di play store adalah dengan menghidupkan kontrol orang tua. Dengan mengaktifkan kontrol orang tua akan bisa memblokir aplikasi yang ingin diblokir di play store. Kemudian setelah memilih kontrol orang tua langsung hidupkan atau aktifkan. Cara mengaktifkannya dengan mengeser bulatan kecil ke arah kanan sampai berwarna biru untuk menghidupkan kontrol orang tua.

4. Buat dan Konfirmasi Kode Pin

Pembuatan kode pin ini sangat diperlukan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu mengatur setelan kontrol orang tua. Buat kode pin tapi masukkan kode pin yang akan mudah untuk dihafalkan kemudian klik ok. Ikuti langkah selanjutnya yaitu mengonfirmasikan pin yang telah dibuat. Pada kolom konfirmasi pin langsung masukkan pin yang telah dibuat lalu klik ok.

Baca Juga -   5 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin Terbaik, Harus Punya!

Usahakan untuk mengingat ingat pin bisa dengan mencatatnya agar tidak lupa. Hal ini karena jika lupa tidak akan bisa konfirmasi pin jika sewaktu-waktu ingin mengatur lagi aplikasi yang akan diblokir di Google Play Store.

5. Setel Batas Konten

Terakhir setel batas konten sesuai dengan kebutuhan, ini tujuannya membatasi konten yang diblok agar tidak terlihat. Tersedia beberapa rating seperti 3+, 7+, 12+, 16+, 18+ dan izinkan semua termasuk yang belum diberi rating. Setiap angka konten menggambarkan batas isi konten.

Tentukan rating yang dipilih, pilih rating dimana isinya tidak ada konten yang tidak diinginkan lalu klik simpan. Periksa aplikasi yang ada di Google Play Store apa aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan sudah terboklir. Pengguna tidak perlu khawatir lagi akan ada aplikasi yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara memblokir aplikasi di play store yang dapat dilakukan jika ingin memblokir aplikasi yang tidak diinginkan. Bijaklah dalam menggunakan aplikasi jangan sampai berlebihan dan mengganggu aktivitas atau pekerjaan lainnya. Penggunaan aplikasi harus diatur baik agar tidak menyebabkan dampak buruk pada kesehatan terutama pada kesehatan mata. Pergunakan aplikasi dengan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat untuk diri sendiri lebih-lebih dapat pekerjaan.

Baca Juga -   5 Cara Simpan Video Status WhatsApp dengan Mudah

Baca juga: Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa Aplikasi, 100% Berhasil

  • Bagikan